RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang
disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan ikan.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ikan.
|
MATEMATIKA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000.
|
2
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Memahami
unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
|
3.1.1
Mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif.
|
2
|
4.1 Membuat karya
dekoratif.
|
4.1.1
Menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan benar.
2.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan rapi.
3.
Setelah mengamati teks, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan ikan dengan tepat.
4.
Setelah mengamati teks, siswa dapat
menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ikan dengan
tepat.
5.
Setelah mengamati teks, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan ikan dengan tepat.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
7.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
tentang pengalaman siswa melihat jenis-jenis ikan dan perbedaan serta
persamaan ciri-cirinya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati contoh gambar dekoratif hewan. Communication
§
Menggambar dekoratif hewan adalah menggambar hewan
yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada
gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya
masih nampak.
§
Gambar dekoratif biasanya digunakan untuk motif hias pada
benda. Misalnya batik , ukiran kayu atau benda lainnya.
§
Siswa mengamati garis dan warna yang ada pada gambar
dekoratif ikan.
§
Siswa berlatih menghias gambar ikan dengan berbagai macam
garis mengikuti contoh. Creativity and Innovation
§
Siswa mewarnai gambar agar lebih menarik.
§
Siswa membaca teks tentang ciri-ciri ikan.
§
Siswa berdiskusi mengenai berbagai jenis ikan yang pernah
dilihatnya. Communication
§
Siswa bertukar informasi tentang ikan yang pernah dilihatnya.
§
Siswa memuliskan minimal 5 informasi tentang jenis-jenis
ikan dan ciri-cirinya. Mandiri
§
Jika jenis ikan yang diketahui siswa jumlahnya terbatas,
siswa dapat saling bertukar informasi.
§
Siswa menuliskan pada tempat yang tersedia.
§
Siswa menceritakan hasil wawancara terhadap teman tentang
jenis-jenis ikan yang pernah dilihatnya. Communication
§
Kembangkan kegiatan diskusi jika ada hal yang ingin
diketahui oleh siswa lebih lanjut.
§
Siswa mengingat kembali langkah-langkah dalam menyelesaikan
soal pembagian.
§
Siswa berlatih dengan soal yang diberikan guru. Critical Thinking and
Problem Solving
Contoh:
Sebuah
peternakan ikan hias dapat menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu
bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu
dua bulan?
Jawaban:
Peternakan
menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan.
Dalam
waktu dua bulan banyaknya ikan hias yang dihasilkan adalah 120 + 120 = 240
Dalam
perkalian ditulis 2 × 120 = 240
Berlaku
sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2
120
= 100 + 20
Kalikan
masing-masing bilangan dengan angka 2, lalu jumlahkan.
2
× 100 = 200
![]()
240
§
Siswa berlatih soal yang ada pada buku.
§ 3 × 320 = 960
§ 7 × 110 = 770
§ 5 × 300 = 1500
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah
mewawancara dan bercerita ?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Soleram”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar berbagai jenis ikan.
¡ Contoh gambar dekoratif yang ada,
misalnya gambar hewan pada kain batik.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
...........................................
|
Comments