RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 2 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 2                            :     Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3                   :     Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewanmelalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan
3.5.1 Mengidentifikasi langkah-langkah cara perawatan tumbuhan dari teks yang dibaca
2
4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.5.1 Menuliskan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan kaidah EYD





Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Menjelaskan bilangan cacahdan pecahan sederhana (seperti  ,  ,dan  ) yangdisajikan pada garis bilangan,

3.2.1 Menentukkan posisi bilangan cacah pada garis bilangan
2
4.2 Menggunakan  bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti  ,  ,dan  ) yang disajikan pada garis bilangan
4.2.1 Menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan garis bilangan

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Mengetahui unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif

3.1.1 Mengidentifikasi bentuk tumbuhan untuk membuat hiasan dekoratif
2
4.1 Membuat karya dekoratif
4.1.1 Membuat hiasan dekoratif motif tumbuhan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah cara perawatan tumbuhan dari teks yang dibaca dengan tepat.
2.    Dengan kegiatan wawancara, siswa dapat menuliskan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan kaidah EYD yang tepat.
3.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menentukkan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat.
4.    Dengan mengamati garis bilangan, siswa dapat menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan garis bilangan dengan tepat.
5.    Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bentuk tumbuhan untuk membuat hiasan dekoratif dengan teliti.
6.    Dengan mengamati berbagai bentuk tumbuhan di sekitar, siswa dapat membuat hiasan dekoratif motif tumbuhan.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas



D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks bacaan di dalam hati.
§  Siswa dan guru mendiskusikan teks bacaan yang telah dibaca siswa. Guru mendorong siswa untuk bertanya hal-hal yang menarik perhatian mereka. Collaboration
§  Siswa juga diberi kesempatan untuk menanyakan kata-kata yang tidak dipahaminya pada teks bacaan. Communication
§  Siswa menjawab pertanyaan bacaan yang ada pada buku siswa.
§  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk bermain peran. Tiap kelompok ada yang berperan sebagai penjaga hutan bakau dan anak-anak sekolah. Ilustrasinya seperti yang ada pada teks bacaan. Sekelompok siswa mengadakan kunjungan ke hutan bakau. Para siswa akan mewawancarai penjaga hutan seputar perawatan pohon bakau.
§  Sebelum bermain peran, tiap kelompok mendiskusikan daftar pertanyaan yang akan diajukan saat bermain peran. Daftar pertanyaan dibuat berdasarkan teks “Hutan Bakau, Si Sabuk Hijau Pelindung Pantai” yang ada pada buku siswa.
§  Siswa bermain peran tentang kunjungan siswa-siswi kelas 3 ke hutan bakau yang dipandu oleh seorang penjaga hutan bakau. Siswa-siswi mengajukan beberapa pertanyaan kepada penjaga hutan (wawancara).
§  Setelah bermain peran, siswa menuliskan hasil wawancara pada tempat yang tersedia di buku siswa.
§  Siswa menyimak review tentang penjumlahan dengan menggunakan garis bilangan.
§ 



Panjang kedua daun tersebut adalah 9
yaitu 4 + 5 = 9
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada halhal yang kurang dimengerti.
§  Siswa mengerjakan latihan penjumlahan dengan membuat garis bilangannya.
§  Setelah semua siswa menyelesaikan soal-soal latihan, guru dan siswa membahas jawaban tiap-tiap soal.
§  Siswa diminta memeriksa jawaban masing-masing dan diminta jujur jika ada jawaban yang benar atau salah. Mandiri
§  Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru. Siswa juga merapikan peralatan yang digunakan untuk disimpan di tempatnya.
§  Guru menginformasikan bahwa mereka akan membuat hiasan dekoratif menggunakan bentuk-bentuk tumbuhan.
§  Siswa diajak mengamati bentuk-bentuk daun yang ada di halaman sekolah.
§  Siswa memilih salah satu bentuk daun untuk dijadikan inspirasi hiasan dekoratif.
§  Siswa menggambar hiasan dekoratif pada tempat yang tersedia di buku siswa.
35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Jika semua siswa telah selesai, guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:
a.   Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.     Bagaimana perasaanmu saat kegiatan membaca/mendiskusikan daftar pertanyaan untuk wawancara/bermain peran/menyelesaikan penjumlahan dengan meggambar garis bilangan/menggambar hiasan dekoratif motif tumbuhan?
c.    Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.   Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.   Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban
pertanyaan refleksi. sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khususuntuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “llir-llir” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks bacaan
§  Garis bilangan


Mengetahui
Kepala Sekolah




.............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




.............................................



Comments