RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 2 : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3 : Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.5
Menggali informasi tentang cara-cara
perawatan tumbuhan
dan hewan melalui
wawancara dan/atau eksplorasi
lingkungan
|
3.5.1 Membuat pertanyaan mengenai cara-cara
perawatan tumbuhan untuk wawancara.
|
2
|
4.5
Menyajikan hasil wawancara tentang
cara-cara perawatan tumbuhan
dan hewan dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan
kosa kata baku dan
kalimat efektif
|
4.5.1 Melaporkan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan
tumbuhan secara lisan dengan lafal dan intonasi
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3
Mensyukuri keberagaman karakteristik
individu di lingkungan
sekitar sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
|
1.3.1 Memahami anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
|
2
|
2.3
Menampilkan kebersamaan dalam
keberagaman karakteristik
individu di lingkungan
sekitar
|
2.3.1 Melakukan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan
seharihari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
3
|
3.3
Menjelaskan makna keberagaman
karakteristik individu
di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Membuat
daftar tugas anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
|
4
|
4.3
Menyajikan makna keberagaman
karakteristik individu
di lingkungan sekitar
|
4.3.1 Menceritakan
pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan
seharihari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan
dalam “Garuda Pancasila”.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.2
Memahami kombinasi gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau
tradisional
|
3.2.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan
menekuk dalam permainan tapak gunung.
|
2
|
4.2
Mempraktikkan gerak kombinasi
gerak dasar nonlokomotor sesuai
dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana
dan atau
tradisional
|
4.2.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar
dan menekuk dalam permainan tapak
gunung.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks bacaan, siswa
dapat membuat daftar tugas anggota
keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan
sila Pancasila yang dilambangkan
dalam “Garuda Pancasila”.
2.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menceritakan pengalaman menjalankan
tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan seharihari di rumah sebagai perwujudan pengamalan
sila Pancasila yang dilambangkan
dalam “Garuda Pancasila”.
3.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
membuat pertanyaan mengenai cara-cara
perawatan tumbuhan untuk wawancara.
4.
Setelah kegiatan wawancara, siswa
melaporkan hasil wawancara mengenai
cara-cara perawatan tumbuhan secara lisan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5.
Dengan memperhatikan gerakan guru,
siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi
gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.
6.
Dengan memperhatikan gerakan guru,
siswa dapat mempraktikkan prosedur
kombinasi gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah
Benderaku”. Nasionalis
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
§
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
§
Guru melakukan ice breaking melalui
kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain.
Creativity and Innovation
§
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Communication
§
Guru melakukan apersepsi dengan
melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali
beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau
kegiatan lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa membaca
teks bacaan di dalam hati.
§ Siswa dan guru
mendiskusikan teks bacaan yang telah dibaca siswa. Guru mendorong siswa untuk
bertanya hal-hal yang menarik perhatian mereka. Collaboration
§ Siswa juga
diberi kesempatan untuk menanyakan kata-kata yang tidak dipahaminya pada teks
bacaan.
§ Siswa menjawab
pertanyaan bacaan yang ada pada buku siswa.
§ Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok. Secara bergiliran siswa tiap kelompok menceritakan
pengalamannya dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
Integritas
§ Guru
berkeliling kelas mengamati kegiatan bercerita pada tiap kelompok.
§ Setelah semua
siswa mendapat giliran bercerita, guru memberi pertanyaan siapa yang bertugas
untuk merawat tanaman di rumah. Tanaman apa saja yang mereka rawat? Bagaiman
cara merawatnya?
§ Guru mereview
kembali bagaimana membuat kata tanya dan menjelaskan pentingnya membuat
pertanyaan dalam kegiatan wawancara. Mereka akan melakukan kegiatan
wawancara, oleh karena itu siswa perlu berlatih membuat kalimat tanya tentang
cara perawatan tanaman.
§ Siswa
menuliskan pertanyaan dalam buku siswa.
§ Setelah membuat
pertanyaan, siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan wawancara
tentang perawatan tanaman.
§ Tiap kelompok
siswa mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukannya di depan
kelas.
§ Siswa
bersiap-siap melakukan aktivitas olahraga. Sebelum ke lapangan, siswa
berganti pakaian olahraga. Mandiri
§ Kegiatan olahraga
diawali dengan melakukan pemanasan dengan berlari keliling lapangan sekolah
sebanyak 3 kali putaran.
§ Setelah
melakukan pemanasan, siswa berbaris untuk memperhatikan guru memeragakan
gerakan dalam permainan tapak gunung.
§ Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok bermain tapak gunung pada tempat yang
telah dipersiapkan guru sebelumnya.
§ Kegiatan
berolahraga selesai, siswa kembali ke kelas. Siswa mengganti pakaian
olahraganya dengan pakaian seragam sekolah.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
§
Guru dan siswa melakukan kegiatan
refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah
satu pertanyaan berikut ini:
a.
Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.
Bagaimana perasaanmu saat presentasi
di depan temanmu/ menceritakan pengalaman menjalankan tugas yang berkaitan
dengan perawatan tanaman/membuat pertanyaan/bermain tapak gunung?
c.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.
Informasi apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana caramu untuk mendapatkan
informasi tersebut?
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau
tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi,
sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§
Menyanyikan
lagu daerah “Anak Kambing Saya” Nasionalis
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Buku Siswa Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Teks bacaan (ada pada buku siswa)
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments