RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 2 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 2                            :     Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3                   :     Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan
3.5.1 Membuat pertanyaan mengenai cara-cara perawatan tumbuhan untuk wawancara.
2
4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.5.1 Melaporkan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan secara lisan dengan lafal dan intonasi





PPKn

NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.3.1 Memahami anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
2
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
2.3.1 Melakukan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan seharihari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
3
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
3.3.1 Membuat daftar tugas anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
4
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
4.3.1 Menceritakan pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan seharihari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.
2
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau  tradisional
4.2.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks bacaan, siswa dapat membuat daftar tugas anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
2.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan seharihari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
3.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat membuat pertanyaan mengenai cara-cara perawatan tumbuhan untuk wawancara.
4.    Setelah kegiatan wawancara, siswa melaporkan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan secara lisan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5.    Dengan memperhatikan gerakan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.
6.    Dengan memperhatikan gerakan guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation

§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks bacaan di dalam hati.
§  Siswa dan guru mendiskusikan teks bacaan yang telah dibaca siswa. Guru mendorong siswa untuk bertanya hal-hal yang menarik perhatian mereka. Collaboration
§  Siswa juga diberi kesempatan untuk menanyakan kata-kata yang tidak dipahaminya pada teks bacaan.
§  Siswa menjawab pertanyaan bacaan yang ada pada buku siswa.
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Secara bergiliran siswa tiap kelompok menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Integritas
§  Guru berkeliling kelas mengamati kegiatan bercerita pada tiap kelompok.
§  Setelah semua siswa mendapat giliran bercerita, guru memberi pertanyaan siapa yang bertugas untuk merawat tanaman di rumah. Tanaman apa saja yang mereka rawat? Bagaiman cara merawatnya?
§  Guru mereview kembali bagaimana membuat kata tanya dan menjelaskan pentingnya membuat pertanyaan dalam kegiatan wawancara. Mereka akan melakukan kegiatan wawancara, oleh karena itu siswa perlu berlatih membuat kalimat tanya tentang cara perawatan tanaman.
§  Siswa menuliskan pertanyaan dalam buku siswa.
§  Setelah membuat pertanyaan, siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan wawancara tentang perawatan tanaman.
§  Tiap kelompok siswa mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukannya di depan kelas.
§  Siswa bersiap-siap melakukan aktivitas olahraga. Sebelum ke lapangan, siswa berganti pakaian olahraga. Mandiri
§  Kegiatan olahraga diawali dengan melakukan pemanasan dengan berlari keliling lapangan sekolah sebanyak 3 kali putaran.
§  Setelah melakukan pemanasan, siswa berbaris untuk memperhatikan guru memeragakan gerakan dalam permainan tapak gunung.
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok bermain tapak gunung pada tempat yang telah dipersiapkan guru sebelumnya.
§  Kegiatan berolahraga selesai, siswa kembali ke kelas. Siswa mengganti pakaian olahraganya dengan pakaian seragam sekolah.
35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
a.        Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.        Bagaimana perasaanmu saat presentasi di depan temanmu/ menceritakan pengalaman menjalankan tugas yang berkaitan dengan perawatan tanaman/membuat pertanyaan/bermain tapak gunung?
c.        Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.        Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.        Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit
E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks bacaan (ada pada buku siswa)





Mengetahui
Kepala Sekolah




.............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................











Comments