RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 1 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3                   :  Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran                :  6
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan dalam sebuah poster tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.4.1 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

2
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

2.4.1 Melaksanakan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4.1 Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4.1 Menceritakan pengalaman memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.


MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat.
2.    Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan dalam sebuah poster tentang pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat.
3.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang pelajaran sebelumnya.


10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks yang ada pada buku.
§  Siswa berdiskusi tentang berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Communication
§  Siswa berdikusi tentang cara dan tempat nyamuk berkembang biak.
§  Siswa berdiskusi cara menjaga lingkungan untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan nyamuk.
§  Siswa mencoba membuat poster sebagai ajakan untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Creativity and Innovation
§  Lakukan langkah-langkah kerja sebagai berikut.
1.    Bentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang siswa.
2.    Diskusikan bersama kelompok informasi atau pesan yang akan disampaikan melalui poster dan pembagian tugasnya.
3.    Informasi diantaranya:
-       Gambar daur hidup nyamuk.
-       Jenis nyamuk dan bahayanya.
-       Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk.
-       Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah penyebaran penyakit demam berdarah.
4.    Tuliskan semua informasi tersebut dalam sebuah karton.
Contoh poster.

Menjaga lingkungan adalah tugas kita semua. Kita harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar dapat hidup nyaman dan sehat. Namun apabila kita ingin menyampaikan pesan harus dilakukan dengan sikap yang baik dan bahasa yang santun.
§  Siswa melanjutkan kegiatan untuk berlatih memberi saran pada tetangga.
§  Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian. Critical Thinking and Problem Solving
1)    3 × 412 = 1.236
2)    4 × 321 = 1.284
3)    2 × 123 = 246
4)    3 × 222 = 666
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di buku siswa.
¡   Pernyataan dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ΓΌ)jika merasa sudah memahami materi tersebut.
¡   Jika ada materi yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya, misalnya melalui kegiatan remedial.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Potong Bebek”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin sisw yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Gambar daur hidup nyamuk.
¡   Contoh poster.
¡   Buku teks siswa dan guru.




Mengetahui
Kepala Sekolah




................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




............................................









Comments