RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan nyamuk.
|
2
|
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan
tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di
lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat
efektif.
|
4.4.1
Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan dalam sebuah poster tentang
pertumbuhan dan perkembangan nyamuk.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.4 Mensyukuri
makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
|
1.4.1
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
2
|
2.4 Menampilkan
sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
|
2.4.1
Melaksanakan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
3
|
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
3.4.1
Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar.
|
4
|
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
|
4.4.1
Menceritakan pengalaman memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam
keberagaman di lingkungan sekitar.
|
MATEMATIKA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000.
|
2
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah.
|
4.1.1 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan nyamuk dengan tepat.
2.
Setelah membaca, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan dalam sebuah poster tentang
pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dengan tepat.
3.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar dengan bahasa yang santun.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam
keberagaman di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡
Siswa
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin
oleh salah satu siswa. Religius
¡
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
¡
Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡
Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca teks yang ada
pada buku.
§
Siswa berdiskusi tentang
berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.
Communication
§
Siswa berdikusi tentang cara
dan tempat nyamuk berkembang biak.
§
Siswa berdiskusi cara menjaga
lingkungan untuk mencegah berbagai penyakit yang
disebabkan nyamuk.
§
Siswa mencoba membuat poster
sebagai ajakan untuk menjaga lingkungan agar terhindar
dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Creativity
and Innovation
§
Lakukan langkah-langkah kerja
sebagai berikut.
1.
Bentuk kelompok yang terdiri
dari 5 orang siswa.
2.
Diskusikan bersama kelompok
informasi atau pesan yang akan disampaikan melalui
poster dan pembagian tugasnya.
3.
Informasi diantaranya:
- Gambar
daur hidup nyamuk.
- Jenis
nyamuk dan bahayanya.
- Cara
pencegahan perkembangbiakan nyamuk.
- Hal-hal
yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah penyebaran penyakit
demam berdarah.
4.
Tuliskan semua informasi
tersebut dalam sebuah karton.
Contoh poster.
![]()
Menjaga lingkungan adalah tugas kita
semua. Kita harus saling mengingatkan untuk selalu
menjaga kebersihan lingkungan agar dapat hidup nyaman dan sehat. Namun apabila
kita ingin menyampaikan pesan harus dilakukan dengan sikap yang baik dan bahasa
yang santun.
§
Siswa melanjutkan kegiatan untuk
berlatih memberi saran pada tetangga.
§
Siswa berlatih menyelesaikan
soal perkalian. Critical Thinking and Problem Solving
1)
3 × 412 = 1.236
2)
4 × 321 = 1.284
3)
2 × 123 = 246
4)
3 × 222 = 666
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di
buku siswa.
¡ Pernyataan
dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ΓΌ)jika merasa sudah memahami materi tersebut.
¡ Jika ada materi
yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya,
misalnya melalui kegiatan remedial.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Potong
Bebek”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin sisw yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar daur hidup nyamuk.
¡ Contoh poster.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
............................................
|
Comments