RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 2 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 2                            :     Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 2                   :     Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan      :        ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
3.8.1 Menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
4.8.1 Menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.3.1 Memahami keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
2
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
2.3.1 Mengerti beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
3
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
3.3.1 Menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
4.3.1 Memeragakan beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dalam permainan lompat tali.
2
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dengan tepat dalam permainan lompat tali.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mendengarkan teks dongeng yang berjudul “Kisah Semut dan Merpati,” siswa dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar dengan tepat.
2.    Setelah mendengarkan teks dongeng, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri secara lisan.
3.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4.    Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat memeragakan beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.    Setelah mengamati penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dalam permainan lompat tali.
6.    Setelah mengamati guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk dengan tepat dalam permainan lompat tali.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Satu Nusa Satu Bangsa”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.

10 menit
Inti
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Integritas
§  Dalam tiap kelompok ada satu siswa yang bertugas membacakan teks dongeng, sementara siswa lainnya menyimak.
§  Setelah kegiatan membaca dan menyimak selesai, siswa menuliskan pelajaran atau pesan apa yang didapatkan dari dongeng Kisah Semut dan Merpati. Gotong Royong
§  Secara bergantian, siswa di tiap kelompok menceritakan kembali isi dongeng “Kisah Semut dan Merpati.”
§  Saat kegiatan ini guru berkeliling mengamati proses bercerita yang dilakukan siswa di kelompoknya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa membaca di dalam hati teks pada kegiatan Ayo Mengamati di buku siswa.
§  Siswa didorong untuk bertanya tentang keberagaman sifat individu dalam teks bacaan.
§  Siswa dan guru mendiskusikan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan sifat-sifat yang dimiliki oleh tokoh-tokoh pada teks bacaaan.
§  Siswa bermain pantomim dengan cara memeragakan gerak dan ekspresi wajah yang menggambarkan sifat salah satu anggota keluarga siswa. Agar pelaksanaan kegiatan pantomim ini lebih efektif maka kelas dibagi menjadi 2 atau 3 kelompok siswa. Setiap siswa melakukan pantomim di depan teman-teman satu kelompoknya. Teman-temannya akan menebak sifat yang sedang diperagakan siswa.
§  Guru mengamati kegiatan tersebut dan membuat catatan pengamatan.
§  Siswa bersiap-siap melakukan aktivitas olahraga. Sebelum ke lapangan siswa berganti pakaian olahraga.
§  Kegiatan olahraga diawali dengan melakukan pemanasan dengan berlari keliling lapangan sekolah atau melakukan kegiatan peregangan.
§  Guru dan siswa mendiskusikan binatang apa saja yang melakukan gerakan melompat.
§  Guru memberikan penjelasan bahwa kegiatan olahraga hari itu adalah loncat tali. Communication
§  Guru memberikan contoh gerakan loncat tali
a.    Kaki lurus dan lengan menggantung di depan tubuh.
b.    Tubuh jongkok dengan posisi dada tegak.
c.    Tubuh meloncat ke udara dengan tangan terbuka ke atas.
d.    Mendarat dengan satu kaki dan lutut menekuk.
§  Guru juga memberikan contoh memutar tali.
§  Siswa bermain loncat tali. Mandiri
§  Siswa dan guru kembali ke kelas. Sebelumnya siswa mengganti pakaian olahraga dengan pakaian seragam sekolah.
35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
a.    Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.    Bagaimana perasaanmu saat menceritakan kembali isi dongeng Kisah Semut dan Merpati/melakukan pantomim tentang sifat salah satu anggota keluarga/melakukan lompat tali?
c.    Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.    Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
§   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “Potong Bebek”. Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks dongeng
§  Tali


Mengetahui
Kepala Sekolah




...............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




...............................................



Comments