RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan kupu-kupu.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan kupu-kupu.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.4 Mensyukuri
makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
|
1.4.1
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
2
|
2.4 Menampilkan
sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
|
2.4.1
Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
3
|
3.4 Memahami makna
bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
3.4.1
Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
4
|
4.4 Menyajikan
bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
4.4.1
Menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam
keberagaman di sekolah.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Memahami
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan
gerak menirukan daur hidup kupu-kupu.
|
2
|
4.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1
Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah
permainan gerak menirukan daur hidup kupu-kupu.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan kupu-kupu dengan tepat.
2.
Setelah membaca, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan kupu-kupu dengan tepat.
3.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan
gerak menirukan daur hidup kupu-kupu dengan benar.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan
gerak menirukan daur hidup kupu-kupu dengan percaya diri.
5.
Setelah mengamati permainan, siswa
dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di
sekolah dengan benar.
6.
Setelah mengamati permainan, siswa
dapat menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam
keberagaman di sekolah dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Dari Sabang
Sampai Merauke”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
tentang pengalaman siswa melihat kupu-kupu.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca teks tentang pertumbuhan dan perkembangan
kupu-kupu. Communication
§
Siswa mengamati gambar daur hidup kupu-kupu.
§
Siswa berbagi cerita pengalaman melihat
tahapan-tahapan pada daur hidup kupu-kupu tersebut.
§
Siswa mendengarkan tahapan dan proses yang terjadi
selama daur hidup kupukupu.
§
Siswa menuliskan tahapan perkembangan/daur hidup
kupu-kupu dengan bahasanya sendiri. Mandiri
§
Tulisan sesuai dengan informasi yang disajikan di
buku dan informasi yang di dengar dari penjelasan guru.
§
Tahap pertama telur. Telur tersebut dalam beberapa
hari akan menetas menjadi ulat.
§
Tahap kedua ulat. Ulat akan makan daun-daunan
sehingga tubuhnya menjadi besar. Siswa diajak mengamati beberapa daun yang
terkena hama dan jadi makanan ulat. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri
dan membentuk kepompong.
§
Tahap ketiga kepompong.
§
Tahap keempat kepompong akan berubah menjadi
kupu-kupu.
§
Siswa berlatih membuat pertanyaan berdasarkan
gambar yang disajikan. Mandiri
§
Banyaknya pertanyaan yang harus dibuat minimal dua
buah.
§
Siswa berlatih menirukan gerak sesuai contoh.
§
Siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti
berlari mengelilingi lapangan.
![]() ![]() ![]() ![]()
§
Siswa bercerita mengenai pengalaman menirukan gerak
daur hidup kupu-kupu. Communication
§
Siswa mengamati kemapuan teman-teman dalam
melakukan gerakan menirukan daur hidup kupu-kupu.
§
Siswa berlatih menulis saran tentang kemampuan
gerak tersebut. Creativity and Innovation
§
Siswa berlatih menyampaikan sarannya.
§
Siswa menceritakan pengalaman memberi saran kepada
temannya.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan lagu daerah “Manuk
Dadali”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar daur hidup kupu-kupu.
¡ Gambar berbagai jenis kupu-kupu.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
....................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
.............................................
|
Comments