RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 4 TEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3                   :  Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.


3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.4.1 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.

2
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

2.4.1 Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.

3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4.1 Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.

4
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4.1 Menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.


PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.



3.1.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan gerak menirukan daur hidup kupu-kupu.

2
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan gerak menirukan daur hidup kupu-kupu.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu dengan tepat.
2.    Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu dengan tepat.
3.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan gerak menirukan daur hidup kupu-kupu dengan benar.
4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan gerak menirukan daur hidup kupu-kupu dengan percaya diri.
5.    Setelah mengamati permainan, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
6.    Setelah mengamati permainan, siswa dapat menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Dari Sabang Sampai Merauke”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang pengalaman siswa melihat kupu-kupu.

10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu. Communication
§  Siswa mengamati gambar daur hidup kupu-kupu.
§  Siswa berbagi cerita pengalaman melihat tahapan-tahapan pada daur hidup kupu-kupu tersebut.
§  Siswa mendengarkan tahapan dan proses yang terjadi selama daur hidup kupukupu.
§  Siswa menuliskan tahapan perkembangan/daur hidup kupu-kupu dengan bahasanya sendiri. Mandiri
§  Tulisan sesuai dengan informasi yang disajikan di buku dan informasi yang di dengar dari penjelasan guru.
§  Tahap pertama telur. Telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas menjadi ulat.
§  Tahap kedua ulat. Ulat akan makan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Siswa diajak mengamati beberapa daun yang terkena hama dan jadi makanan ulat. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong.
§  Tahap ketiga kepompong.
§  Tahap keempat kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu.
§  Siswa berlatih membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang disajikan. Mandiri
§  Banyaknya pertanyaan yang harus dibuat minimal dua buah.
§  Siswa berlatih menirukan gerak sesuai contoh.
§  Siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti berlari mengelilingi lapangan.
                                     Posisi tidur terlentang sambil mendekap kaki dan badan (gerak telur).


                                        Posisi badan merangkak (gerak ulat).




                                    Posisi berdiri. Tangan mengepal dan disimpan di atas kepala. Salah satu kaki diangkat menyerupai gerak menggantung pada pohon. (gerak kepompong).

                                    Posisi badan berdiri dan tangan terbuka, seperti gerak kupu-kupu lalu berlari sambil melompat-lompat.



§  Siswa bercerita mengenai pengalaman menirukan gerak daur hidup kupu-kupu. Communication
§  Siswa mengamati kemapuan teman-teman dalam melakukan gerakan menirukan daur hidup kupu-kupu.
§  Siswa berlatih menulis saran tentang kemampuan gerak tersebut. Creativity and Innovation
§  Siswa berlatih menyampaikan sarannya.
§  Siswa menceritakan pengalaman memberi saran kepada temannya.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Menyanyikan lagu daerah “Manuk Dadali”
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit


G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar daur hidup kupu-kupu.
¡  Gambar berbagai jenis kupu-kupu.
¡  Buku teks siswa dan guru.






Mengetahui
Kepala Sekolah




....................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




.............................................






Comments