RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Kowel 3
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 3 : Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
|
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung
menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala,
tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan
disiplin.
|
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
|
4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan
mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum
melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
3.2.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan
Gerak keseharian dan alam dalam tari
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
4.2.1 Mempraktikkan
gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
dengan semangat
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa
dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf
sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat
bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup
rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar pengukuran panjang,
siswa dapat menentukan konversi satuan panjang ( cm, m) dengan tepat.
4. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa
dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal:
cm, m) dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar Beni melambaikan
tangan, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk
tarian dengan hitungan yang benar.
6. Dengan mengidentifikasi gerak bagian
anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan, siswa dapat melakukan gerak
bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar.
Media dan Alat Pembelajaran
• Gambar Udin terjatuh disenggol oleh Beni
ketika bermain Gobak Sodor
bersama.
• Teks Percakapan “Beni Menyenggol Udin”.
• Gambar Beni mengukur panjang pensil dengan
menggunakan penggaris.
• Gambar Lani mengukur panjang tepi meja
dengan menggunakan meteran.
• Gambar berbagai jenis benda.
• Gambar berbagai jenis gerakan.
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
• Siswa mengamati gambar Udin terjatuh disenggol oleh Beni
ketika
bermain Gobak Sodor bersama (mengamati).
·
Siswa bertanya jawab
tentang gambar yang diamati (menanya).
·
Siswa bertanya
menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan,mengapa, dan bagaimana
(menanya).
·
Siswa lain diberi
kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya(menalar).
·
Siswa bersama bimbingan
guru menentukan jawaban yang sebenarnya(mengomunikasikan).
•
Siswa membaca teks bacaan (mengamati).
•
Siswa membaca dengan lancar (mengamati).
•
Siswa lain menyimak temannya membaca (mengamati).
•
Siswa lain diberi kesempatan untuk membaca (mengamati).
•
Siswa membaca secara bergantian (mengamati).
•
Siswa menjawab lima pertanyaan
(menalar).
• Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
·
Siswa mengamati guru
membacakan teks percakapan (mengamati).
·
Siswa memperhatikan
penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat (mengamati).
·
Siswa mencobakan
penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat (mencoba).
·
Siswa bermain peran
dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi,dan ekspresi yang tepat
(mencoba).
·
Siswa lain diberi
kesempatan untuk mengomentari penampilan temannya (mengomunikasikan).
·
Siswa dengan bimbingan
guru memberikan tepuk tangan kepada siswa yang sudah berani maju ke depan
(mencoba).
• Siswa mengamati gambar Lani mengukur panjang pensil
menggunakan penggaris (mengamati).
• Siswa juga mengamati
gambar Lani mengukur panjang tepi meja
menggunakan
meteran (mengamati).
• Siswa bertanya
jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).
• Siswa mengerjakan
latihan isian (menalar).
• Siswa mengisi kata
yang masih rumpang (menalar).
·
Siswa mengamati gambar
beberapa benda (mengamati).
·
Siswa mengukur panjang
benda yang ada pada gambar (mencoba).
·
Siswa mengurutkan
panjang benda sesuai dengan dari yang terpanjang (menalar).
·
Siswa mengamati gambar
beberapa gerakan yang diperagakan oleh Beni (mengamati).
·
Siswa bertanya jawab
tentang gambar Beni yang memperagakan
berbagai gerakan dengan hitungan 1-8
(menanya).
·
Siswa melakukan gerakan
yang dicobakan oleh Beni (mencoba).
·
Siswa menggabungkan
semua gerakan yang dicontohkan Beni(mencoba).
·
Siswa melakukan gerakan tarian kemenangan
(mencoba).
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan
kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan
kata
dalam santun
berbahasa.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
|
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
|
2
|
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
|
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
c. Memainkan pola irama
sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penguasaan
Lagu.
|
Hafal seluruh syair
lagu dan irama
dengan tepat.
|
Hafal sebagian
besar syair
lagu dan irama
kurang tepat
dan sebaliknya.
|
Hafal sebagian
kecil syair lagu.
|
Belum mampu
menghafal syair
lagu.
|
2
|
Kepercayaan Diri.
|
Tidak terlihat
ragu-ragu.
|
Terlihat raguragu.
|
Memerlukan
bantuan guru.
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri.
|
3
|
Pola irama sesuai
dengan lagu yang
diiringi.
|
Semua pola
irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian besar
pola irama
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian kecil
pola irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Belum mampu
memainkan
pola irama yang
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Mengetahui
Kepala SD Negeri
................................................
|
|
............................................
Guru Kelas 2
...............................................
|
Comments