RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 2 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 2                            :     Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3                   :     Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran                :     2
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara
3.5.1Menceritakan pengalaman adanya perbedaan peran anggota keluarga dalam kehidupan sehari
2
4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.5.1Menceritakan pengalaman adanya perbedaan peran anggota keluarga dalam kehidupan sehari



PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.3.1 Memahami peran individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah (ayah, ibu, anak, tetangga) manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
2
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
2.3.1 Mengerti adanya perbedaan peran anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
3
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
3.3.1 Mengidentifikasi peran individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah (ayah, ibu, anak, tetangga) manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”
4
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
4.3.1 Menceritakan pengalaman adanya perbedaan peran anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk.
2
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dengan tepat.



C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi peran individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah (ayah, ibu, anak, tetangga) manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
2.    Setelah kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan peran anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
3.    Setelah membaca lantang, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah cara perawatan tumbuhan dari teks yang dibaca dengan tepat.
4.    Setelah kegiatan wawancara, siswa dapat menuliskan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan kaidah EYD yang tepat
5.    Setelah mengamati penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk.
6.    Setelah mengamati guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Syukur”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Menceritakan pengalaman berterima kasih kepada sesama manusia
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.

10 menit
Inti
§  Beberapa siswa secara bergantian ditunjuk untuk membaca teks.
§  Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan kata-kata yang belum dipahaminya.
§  Guru dan siswa mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa.
§  Guru dan siswa mendiskusikan peran individu di lingkungan keluarga. Perbedaan peran individu dalam keluarga membuat hak dan kewajiban tiap anggota keluarga pun berbeda. Collaboration
§  Setelah kegiatan diskusi, siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Tiap siswa pada masing-masing kelompok menceritakan pengalaman tentang perbedaan peran anggota keluarganya secara bergiliran.
§  Setelah bercerita, siswa pada tiap kelompok berpasangan untuk membaca teks dialog.
§  Siswa ada yang berperan sebagai Siti dan Lani. Siswa membaca teks dialog dengan suara lantang secara bergantian.
§  Guru dan siswa mendiskusikan isi teks dialog.
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks dialog. Collaboration
§  Siswa membayangkan jika ia menjadi Siti yang bertanya (mewawancarai) Lani, lalu menulis hasil wawancara dalam bentuk beberapa paragraf pada tempat yang tersedia di buku siswa.
§  Siswa bersiap-siap melakukan aktivitas olahraga. Sebelum ke lapangan siswa berganti pakaian olahraga.
§  Kegiatan olahraga diawali dengan melakukan pemanasan dengan berlari keliling lapangan sekolah sebanyak 3 kali putaran.

§  Guru mengenalkan dan memberi contoh gerakan-gerakan memutar dan menekuk.
a.   Gerakan memutar kepala
b.   Gerakan memutar lengan
c.   Gerakan memutar pinggang
d.   Gerakan memutar tumit
e.   Gerakan menekuk kaki kanan dan meletakannya di depan dada, lalu lakukan hal yang sama pada kaki kiri
f.    Gerakan menekuk kaki kanan dan meletakkannya di belakang, lalu lakukan hal yang sama pada kaki kiri.
§  Siswa mengikuti gerakan-gerakan memutar dan menekuk yang dilakukan guru. Creativity and Innovation
§  Guru mengenalkan dan memberi contoh kombinasi gerakan memutar dan menekuk.
a.    Gerakan memutar kepala ke kanan 4 hitungan
b.    Gerakan memutar kepala ke kiri 4 hitungan
c.    Gerakan memutar lengan ke depan 4 hitungan
d.    Gerakan memutar lengan ke belakang 4 hitungan
e.    Gerakan menekuk lutut kanan ke belakang 4 hitungan
f.     Gerakan menekuk lutut kiri ke belakang 4 hitungan
g.    Kegiatan dilakukan berulang-ulang
§  Setelah semua siswa dapat melakukan gerakan kombinasi memutar dan menekuk, guru dan siswa melakukan gerakan pendinginan yang dicontohkan guru.
§  Siswa dan guru kembali ke kelas. Sebelumnya siswa mengganti pakaian olahraga dengan pakaian seragam sekolah.
35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
a.    Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.    Bagaimana perasaanmu saat bercerita pengalaman tentang perbedaan peran/menuliskan hasil wawancara/melakukan gerakan kombinasi memutar dan menekuk?
c.    Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.    Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “Gundul Pacul” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks perawatan tanaman
§  Pakaian olahraga





Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................

 


Comments