RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 2 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 2                            :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1                   :   Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                :  6
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan      :        ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia

NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
3.2.1 Menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng dengan tepat.
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.2.3 Menuliskan perbuatan baik yang dilakukan oleh tokoh dongeng
4.8.2 Menceritakan kembali isi dongeng dengan gambar





PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.1.1 Memahami arti penting bersikap baik kepada sesama sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1.1 Melakukan contoh mendoakan orang lain dengan gambar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menyebutkan arti penting bersikap baik kepada sesama sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.1 Menceritakan pengalaman mendoakan orang lain dengan gambar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.2.1 Menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan
2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.2.3 Menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menyelesaikan soal-soal

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan gambar.
2.    Dengan membaca teks dongeng, siswa dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng dengan tepat.
3.    Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat menuliskan perbuatan baik yang dilakukan oleh tokoh dongeng.
4.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan arti penting bersikap baik kepada sesama sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.    Dengan mengingat peristiwa yang telah dialami, siswa dapat menceritakan pengalaman mendoakan orang lain dengan gambar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
6.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.
7.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain.
§   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
§   yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks dongeng “Petani yang Baik Hati” yang ada pada buku siswa.
§  Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan menggambarkannya pada tempat yang tersedia. Communication
§  Siswa menuliskan pesan yang terdapat pada dongeng “Petani yang Baik Hati”.
§  Siswa mengamati perbuatan baik yang dilakukan oleh tokoh pada dongeng dan menuliskannya pada tempat yang tersedia. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok mendiskusikan pertanyaan “Mengapa kita harus berbuat baik kepada semua makhluk hidup, khususnya kepada tanaman?” dan perbuatan baik yang telah mereka lakukan. Perbuatan baik yang didiskusikan adalah saat mendoakan orang lain.
§  Selama siswa berdiskusi, guru mengamati proses diskusi yang terjadi pada setiap kelompok. Sesekali bergabung pada beberapa kelompok yang memerlukan penengah dalam berdiskusi. Collaboration
§  Setiap siswa menuliskan hasil diskusinya pada tempat yang tersedia di buku siswa.
§  Siswa mengambarkan perbuatan baik yang pernah dilakukannya, yaitu saat mendoakan orang lain.
§  Setelah semua siswa menyelesaikan menggambar, siswa memperhatikan review dari guru tentang konsep pertukaran pada penjumlahan.
§  Siswa mengerjakan latihan membuat bentuk penjumlahan yang memiliki sifat pertukaran berdasarkan cerita pada soal. Mandiri
§  Siswa yang telah selesai mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru.
35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
a.    Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.    Bagaimana perasaanmu saat menggambarkan isi dongeng/menggambarkan perbuatan baik/membuat bentuk penjumlahan yang bersifat pertukaran beserta dengan jawabannya?
c.    Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.    Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “Kicir-Kicir” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks dongeng
§  Gambar-gambar dalam buku siswa



Mengetahui
Kepala Sekolah




...............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




....................................................







Comments