RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1 : Manfaat
Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan : .....................
/ ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
|
3.2.1 Menemukan pesan yang terdapat dalam
dongeng dengan tepat.
|
2
|
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
|
4.2.3 Menuliskan perbuatan baik yang
dilakukan oleh tokoh dongeng
4.8.2 Menceritakan
kembali isi dongeng dengan gambar
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
1.1.1 Memahami arti penting bersikap baik kepada sesama sebagai perwujudan pengamalan
sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan silasila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
2.1.1
Melakukan contoh mendoakan orang lain dengan gambar sebagai perwujudan pengamalan sila
Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
3
|
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.1.1 Menyebutkan arti penting bersikap
baik kepada sesama sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada
lambang negara “Garuda Pancasila”
|
4.1.1 Menceritakan pengalaman mendoakan
orang lain dengan gambar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
|
3.2.1 Menemukan sifat pertukaran pada
penjumlahan
|
2
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
|
4.2.3 Menggunakan sifat pertukaran pada
penjumlahan untuk menyelesaikan soal-soal
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati teks dongeng, siswa
dapat menceritakan kembali isi dongeng
dengan gambar.
2.
Dengan membaca teks dongeng, siswa
dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng dengan tepat.
3.
Dengan mengamati teks dongeng, siswa
dapat menuliskan perbuatan baik yang
dilakukan oleh tokoh dongeng.
4.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menyebutkan arti penting bersikap baik
kepada sesama sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.
Dengan mengingat peristiwa yang telah
dialami, siswa dapat menceritakan pengalaman
mendoakan orang lain dengan gambar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
6.
Dengan kegiatan review, siswa dapat
menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan
dengan tepat.
7.
Dengan kegiatan review, siswa dapat
menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan
untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
§
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
§
Guru melakukan ice breaking melalui
kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain.
§
Guru menginformasikan kegiatan yang akan
dilakukan pada hari itu.
§
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran
§
yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan. Communication
§
Guru melakukan apersepsi dengan
melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali
beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau
kegiatan lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca teks dongeng
“Petani yang Baik Hati” yang ada pada buku siswa.
§
Siswa menceritakan kembali
isi dongeng dengan menggambarkannya pada
tempat yang tersedia. Communication
§
Siswa menuliskan pesan yang terdapat pada dongeng
“Petani yang Baik Hati”.
§
Siswa mengamati perbuatan baik yang dilakukan oleh
tokoh pada dongeng dan menuliskannya pada tempat yang tersedia. Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok mendiskusikan pertanyaan “Mengapa kita
harus berbuat baik kepada semua makhluk hidup, khususnya kepada tanaman?” dan
perbuatan baik yang telah mereka lakukan. Perbuatan baik yang didiskusikan
adalah saat mendoakan orang lain.
§
Selama siswa berdiskusi, guru mengamati proses diskusi
yang terjadi pada setiap kelompok. Sesekali bergabung pada beberapa kelompok
yang memerlukan penengah dalam berdiskusi. Collaboration
§
Setiap siswa menuliskan hasil diskusinya pada tempat
yang tersedia di buku siswa.
§
Siswa mengambarkan perbuatan baik yang pernah
dilakukannya, yaitu saat mendoakan orang lain.
§
Setelah semua siswa menyelesaikan menggambar, siswa
memperhatikan review dari guru tentang konsep pertukaran pada penjumlahan.
§
Siswa mengerjakan latihan membuat bentuk penjumlahan
yang memiliki sifat pertukaran berdasarkan cerita pada soal.
Mandiri
§
Siswa yang telah selesai mengumpulkan hasil
pekerjaannya kepada guru.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
§
Guru dan siswa melakukan kegiatan
refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah
satu pertanyaan berikut ini:
a.
Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.
Bagaimana perasaanmu saat
menggambarkan isi dongeng/menggambarkan perbuatan baik/membuat bentuk
penjumlahan yang bersifat pertukaran beserta dengan jawabannya?
c.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.
Informasi apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana caramu untuk mendapatkan
informasi tersebut?
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau
tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi,
sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§
Menyanyikan
lagu daerah “Kicir-Kicir” Nasionalis
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Buku Siswa Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Teks dongeng
§ Gambar-gambar dalam buku siswa
Mengetahui
Kepala Sekolah
...............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
....................................................
|
Comments