RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 1 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2                   :     Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran                :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.3.1  Memahami keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

2
2.3 Menampilkan Pertumbuhan Hewan karakteristik individu di lingkungan sekitar.

2.3.1  Melakukan keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

3
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

3.3.1 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

4
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.3.1 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam.






C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan manfaat olahraga pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar.
2.    Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang pengaruh olahraga pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan tepat.
3.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.
8.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan menayakan pengalaman bermain sepeda roda dua dan roda tiga. Kapan siswa mulai bisa menggunakan sepeda roda dua?
10 menit
Inti
§  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mainan dan kegiatan yang paling disukainya. Communication
§  Siswa mengamati gambar yang ada pada buku dan bertanya jawab.
§  Siswa saling menceritakan pengalamnannya saat berlatih main sepeda dan perkembangan yang sudah dicapainya.
§  Sesuai dengan gambar :
Ø  Saat kecil Udin menggunakan sepeda roda tiga. Sekarang Udin sudah dapat menggunakan sepeda roda dua dengan lancar. Artinya Udin mengalami proses perkembangan.
Ø  Karena rajin berolah raga, kaki Udin jadi lebih kuat dan badannya tinggi.
Artinya Udin mengalami pertumbuhan.
Ø  Saat kecil Edo hanya bisa bermain bola. Kini Edo sudah jadi pemain bola yang hebat. Berdasarkan gambar tersebut, Edo mengalami proses perkembangan.
Ø  Karena rajin berolahraga, badan Edo menjadi kuat dan badannya tinggi.
Artinya Edo mengalami proses pertumbuhan.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan membandingkan perbedaan kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang pentingnya menghargai perbedaan dan manfaat bekerja sama. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berlatih menanyakan olahraga kesukaan pada teman-temannya.
§  Siswa menuliskan hasil wawancara di tempat yang tersedia. Mandiri
§  Siswa berlatih menyampaikan hasil wawancara di depan kelas-kelasnya.
§  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya berolahraga dan rekreasi dalam proses perkembangan dan pertumbuhan. Communication
§  Olahraga dapat membuat tubuh sehat. Tubuh yang sehat tidak mudah sakit.
§  Dengan tubuh yang sehat kita bisa tumbuh dengan baik.
§  Rekreasi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Dengan rekreasi bersama teman, guru, atau keluarga kita semua menjadi lebih santai. Memberikan kesempatan beristirahat pada tubuh agar tetap segar.
§  Saat rekreasi biasanya ada biaya yang harus dikeluarkan seperti tiket. Harga tiket masuk dan harga jualan biasanya ada yang ribuan, puluh ribuan, bahkan ratus ribuan.
§  Untuk mempermudah saat bertransaksi, perlu pemahaman tentang cara pengurangan bilangan ribuan.
§  Contoh pengurangan tanpa teknik meminjam.
5478 – 1254 = ...
 
 
 
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah berlatih memberikan pendapat?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Cik-Cik Periuk”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar berbagai jenis olahraga.
¡  Buku teks siswa dan guru.





Mengetahui
Kepala Sekolah




................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




................................................


Comments