RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Mensyukuri
keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.3.1 Memahami keberagaman kebiasaan,
kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2
|
2.3 Menampilkan Pertumbuhan
Hewan karakteristik individu di lingkungan sekitar.
|
2.3.1 Melakukan keberagaman kebiasaan,
kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di
sekolah.
|
3
|
3.3 Menjelaskan
makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
|
3.3.1
Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap
individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4
|
4.3 Menyajikan
makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
|
4.3.1
Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap
individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam.
|
2
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1
Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan
dengan teknik meminjam.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa dapat
menjelaskan manfaat olahraga pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia
dengan benar.
2.
Setelah membaca, siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang pengaruh olahraga pada proses pertumbuhan dan perkembangan
manusia dengan tepat.
3.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.
8.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan
teknik meminjam dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡ Guru melakukan apersepsi dengan
menayakan pengalaman bermain sepeda roda dua dan roda tiga. Kapan siswa mulai
bisa menggunakan sepeda roda dua?
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang mainan dan kegiatan yang paling disukainya. Communication
§ Siswa mengamati gambar yang ada pada
buku dan bertanya jawab.
§ Siswa saling menceritakan
pengalamnannya saat berlatih main sepeda dan perkembangan yang sudah
dicapainya.
§ Sesuai dengan gambar :
Ø
Saat kecil Udin menggunakan sepeda roda tiga. Sekarang Udin
sudah dapat menggunakan sepeda roda dua dengan lancar. Artinya Udin mengalami
proses perkembangan.
Ø
Karena rajin berolah raga, kaki Udin jadi lebih kuat dan
badannya tinggi.
Artinya Udin mengalami pertumbuhan.
Ø
Saat kecil Edo hanya bisa bermain bola. Kini Edo sudah jadi
pemain bola yang hebat. Berdasarkan gambar tersebut, Edo mengalami proses
perkembangan.
Ø
Karena rajin berolahraga, badan Edo menjadi kuat dan
badannya tinggi.
Artinya Edo mengalami proses pertumbuhan.
§ Kegiatan dilanjutkan dengan
membandingkan perbedaan kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang
pentingnya menghargai perbedaan dan manfaat bekerja sama. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Siswa berlatih menanyakan olahraga
kesukaan pada teman-temannya.
§ Siswa menuliskan hasil wawancara di
tempat yang tersedia. Mandiri
§ Siswa berlatih menyampaikan hasil
wawancara di depan kelas-kelasnya.
§ Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang pentingnya berolahraga dan rekreasi dalam proses perkembangan dan
pertumbuhan. Communication
§ Olahraga dapat membuat tubuh sehat.
Tubuh yang sehat tidak mudah sakit.
§ Dengan tubuh yang sehat kita bisa
tumbuh dengan baik.
§ Rekreasi juga dapat mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan manusia. Dengan rekreasi bersama teman, guru,
atau keluarga kita semua menjadi lebih santai. Memberikan kesempatan
beristirahat pada tubuh agar tetap segar.
§ Saat rekreasi biasanya ada biaya
yang harus dikeluarkan seperti tiket. Harga tiket masuk dan harga jualan
biasanya ada yang ribuan, puluh ribuan, bahkan ratus ribuan.
§ Untuk mempermudah saat bertransaksi,
perlu pemahaman tentang cara pengurangan bilangan ribuan.
§ Contoh pengurangan tanpa teknik
meminjam.
5478 – 1254 = ...
![]() ![]() ![]() ![]() |
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah berlatih
memberikan pendapat?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Cik-Cik
Periuk”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar
berbagai jenis olahraga.
¡ Buku
teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
................................................
|
Comments