RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 2 TEMA 7 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  7                        :  Kebersamaan
Subtema 1                    :  Kebersamaan di Rumah
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
          3.8.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita  dengan memperhatikan penggunaan  huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri
            4.7.1 Menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan keselamatan diri di rumah dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh kejujuran
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Menjelaskan pecahan     dan    menggunakan benda benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

         3.7.1.   Membuat bangun datar yang menggambarkan pecahan ½, 1/3, dan ¼ kemudian mewarnai sesuai keinginan dan membentuknya menjadi benar
4.7 Menyajikan pecahan      dan     yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Melakukan Pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4  menggunakan benda-benda konkret.
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2  Mengenal pola irama sederhana
       melalui lagu anak-anak.

     3.1.1 Memperagakan pola irama tiga menirukan gerakan flora dan fauna dengan
4.2 Menampilkan pola irama
      sederhana melalui lagu anakanak..
4.1.1   Mempraktikkan           Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak



C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan dongeng dan mengamati teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi dongeng fabel dengan percaya diri.
2. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat memahami isi dongeng dengan percaya diri.
3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat mengetahui isi dongeng dengan percaya diri.
4. Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan pecahan dengan percaya diri.
5. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menuliskan pecahan secara cermat.
6. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menentukan pecahan secara cermat.
7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
• Buku Siswa SD/MI Kelas II Tema 7 “Kebersamaan”
• Gambar pecahan
• Tongkat kayu
• Kentungan
• Notasi lagu “Cicak”
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

D.  MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
E.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
 KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ayo Mengamati
·         Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar kebersamaan di rumah.
·         Siswa mengamati gambar kebersamaan di rumah Siti (mengamati).
·         Siswa mencermati teks kebersamaan di rumah Siti (mengamati).
·         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Informasi apa yang kamu peroleh?
·         Apa saja contoh kebersamaan di rumah?
·         Pertanyaan-pertayaan tersebut mengarahkan pemahaman siswa tentang kebersamaan di rumah.
Ayo Berdiskusi
·         Guru membacakan dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”.
·         Siswa mendengarkan dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan” yang disampaikan oleh guru.
Ayo Mengamati
·         Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks.
·         Guru mengarahkan siswa untuk memperoleh informasi tentang pecahan dari isi teks. Mengenal Pecahan
·         Siswa mengamati gambar kue donat untuk menentukan nilai pecahan .
·         Siswa menemukan konsep pecahan dari gambar.
·         Guru membimbing siswa menuliskan lambang pecahan .
·         Guru membimbing siswa membaca lambang pecahan .
Ayo Berdiskusi
·         Siswa memandingkan dua gambar yang masing-masing menunjukkan
·         dua bagian donat.
·         Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan alasan mengapa bagian donat pada gambar pertama disebut setengah, sedangkan bagian donat pada gambar kedua tidak disebut setengah.
·         Siswa diminta untuk menuliskan hasil diskusi.
Ayo Berlatih
·         Siswa mengerjakan soal latihan, dengan cara melengkapi pernyataan dengan jawaban yang tepat.
·         Mengenal Bunyi Kuat dan Lemah Dua bunyi dapat kita bandingkan kuat dan lemah. Berikut beberapa contoh bunyi.
Ayo Mencoba
·         Siswa mempraktikan bunyi birama dua.
·         Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang pertama. Pilih bunyi yang kuat untuk nomor 1. tong-tek …
·         Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang kedua. Pilih bunyi yang kuat untuk nomor 1. duk-prok
·         Kemudian guru meminta kedua bunyi dikombinasikan untuk mengiringi lagu cicak. tong-tek duk-prok
·         Pedoman: Bunyi kuat diletakkan pada hitungan pertama
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit
F.   PENILAIAN
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam Huruf Tegak Bersambung
dengan Lafal dan Intonasi yang tepat  dan Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam Huruf Tegak Bersambung dengan Lafal dan Intonasi yang tepat
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan kata
dan kalimat
dengan huruf tegak
bersambung sesuai
teks..
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
2
Ketepatan
menuliskan huruf
kapital pada kalimat
dalam sebuah teks
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..




SBDP
Rubrik Penilaian Membuat Karya Hiasan dari Bahan Buatan
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Menggunakan
bahan dengan
tepat (3 bahan:
kertas karton,
kertas warna,
lem kertas)
Menggunakan
minimal 3 bahan
dengan benar.
Menggunakan
2 bahan
dengan benar.
Menggunakan 1
bahan dengan
benar.
Semua bahan
dan alat yang
digunakan
belum benar
2
Menggunakan
alat dengan
benar:
Gunting, lem,
pensil
Menggunakan
minimal 3 alat
dengan benar.
Menggunakan
2 alat dengan
benar.
Menggunakan
1 alat dengan
benar.
Semua alat
yang digunakan
belum benar..

Matematika
Rubrik Penilaian Membandingkan Berat Benda yang Satu dengan Benda yang Lain.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Ketepatan
membaca berat
benda pada
alat timbangan
sesuai berat
benda
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.

Mengetahui
Kepala SD Negeri  Kowel 3





....................................................
   

..................................................
Guru Kelas  2





...................................................




Comments