RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan kucing.
|
2
|
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan
tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di
lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat
efektif.
|
4.4.1
Menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan kucing.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.4 Mensyukuri
makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
|
1.4.1
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
2
|
2.4 Menampilkan
sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
|
2.4.1
Melakukan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
|
3
|
3.4 Memahami makna
bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
3.4.1
Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
4
|
4.4 Menyajikan
bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
4.4.1
Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan
satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
3.1.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan
sederhana.
|
2
|
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
4.1.1
Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah
permainan sederhana.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan kucing dengan tepat.
2.
Setelah membaca, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan kucing dengan tepat.
3.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan
sederhana dengan benar.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan
sederhana dengan percaya diri.
5.
Setelah mengamati permainan, siswa
dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
6.
Setelah mengamati permainan, siswa
dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam
menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bendera Merah
Putih”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
tentang hewan peliharaan di rumah.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diajak berdiskusi mengenai salah satu isi teks yang
menyampaikan bahwa anak kucing
Siti berwarna macam-macam. Communication
§
Siswa mendiskusikan alasan warna anak kucing tidak
semuanya sama dengan warna
induknya.
§
Hal tersebut dikarenakan warna anak kucing dipengaruhi
oleh warna induk jantan dan
betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi juga warna induk jantan, dan
campuran keduanya.
§
Siswa diminta menyebutkan berbagai hewan yang memiliki
kesamaan ciri dengan kucing. Mandiri
§
Kucing memiliki ciri-ciri kulit berambut, berkembang biak
dengan cara melahirkan, menyusui,
dan berkaki empat.
§
Beberapa contoh hewan yang memiliki kesamaan ciri dengan
kucing diantaranya adalah sapi,
kambing, monyet, kuda, dan kerbau.
§
Kelompok hewan dengan kesamaan ciri tersebut disebut
dengan mamalia.
§
Kuda memiliki kesamaan dengan kucing. Berkaki empat,
kulinya berambut, berkembang
biak dengan cara melahirkan, dan menyusui.
§
Kuda memiliki kaki yang kuat dan mampu berlari dengan
cepat.
§
Siswa berlatih menirukan gerak kuda saat berlari dan
melompat.
§
Siapkan karet sebagai pengganti papan lompatan.
§
Beri tanda permulaan berlari dan melompat.
§
Pilihlah dua orang yang bertugas memegang karet.
§
Cobalah berlari dan melompat.
§
Tinggi karet dapat ditambah sampai batas yang bisa kamu
lompati.
![]()
§
Siswa mengevaluasi diri masing-masing mengenai batas
kemampuan melompat.
§
Siswa menyampaikan pendapat tentang sikap yang harus
dilakukan saat melihat perbedaan di
depan teman-temannya. Communication
§
Siswa diingatkan bahwa saling menghargai dan menyayangi
adalah sikap yang harus
dilakukan.
§
Semua perbedaan ini diciptakan oleh Tuhan yang harus kita
syukuri sebagai ucapan
terima kasih kita padaNya.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Guru dan siswa melakukan refleksi
mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah bermain
lompat karet ?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡
Pertanyaan yang diajukan guru dapat
dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡
Menyanyikan
lagu daerah “Jali-Jali”
¡
Kegiatan kelas diakhiri dengan doa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi
tugas.Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Karet atau tali untuk melompat.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments