RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 1 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3                   :  Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.4.1 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
2
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
2.4.1 Melakukan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.

3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.4.1 Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4.1 Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan sederhana.

2
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan sederhana.



C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat.
2.    Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat.
3.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan sederhana dengan benar.
4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan sederhana dengan percaya diri.
5.    Setelah mengamati permainan, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
6.    Setelah mengamati permainan, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bendera Merah Putih”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang hewan peliharaan di rumah.

10 menit
Inti
§   Siswa diajak berdiskusi mengenai salah satu isi teks yang menyampaikan bahwa anak kucing Siti berwarna macam-macam. Communication
§   Siswa mendiskusikan alasan warna anak kucing tidak semuanya sama dengan warna induknya.
§   Hal tersebut dikarenakan warna anak kucing dipengaruhi oleh warna induk jantan dan betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi juga warna induk jantan, dan campuran keduanya.
§   Siswa diminta menyebutkan berbagai hewan yang memiliki kesamaan ciri dengan kucing. Mandiri
§   Kucing memiliki ciri-ciri kulit berambut, berkembang biak dengan cara melahirkan, menyusui, dan berkaki empat.
§   Beberapa contoh hewan yang memiliki kesamaan ciri dengan kucing diantaranya adalah sapi, kambing, monyet, kuda, dan kerbau.
§   Kelompok hewan dengan kesamaan ciri tersebut disebut dengan mamalia.
§   Kuda memiliki kesamaan dengan kucing. Berkaki empat, kulinya berambut, berkembang biak dengan cara melahirkan, dan menyusui.
§   Kuda memiliki kaki yang kuat dan mampu berlari dengan cepat.
§   Siswa berlatih menirukan gerak kuda saat berlari dan melompat.
§   Siapkan karet sebagai pengganti papan lompatan.
§   Beri tanda permulaan berlari dan melompat.
§   Pilihlah dua orang yang bertugas memegang karet.
§   Cobalah berlari dan melompat.
§   Tinggi karet dapat ditambah sampai batas yang bisa kamu lompati.
§   Siswa mengevaluasi diri masing-masing mengenai batas kemampuan melompat.
§   Siswa menyampaikan pendapat tentang sikap yang harus dilakukan saat melihat perbedaan di depan teman-temannya. Communication
§   Siswa diingatkan bahwa saling menghargai dan menyayangi adalah sikap yang harus dilakukan.
§   Semua perbedaan ini diciptakan oleh Tuhan yang harus kita syukuri sebagai ucapan terima kasih kita padaNya.

150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah bermain lompat karet ?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Jali-Jali”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas.Religius
15 menit




E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Karet atau tali untuk melompat.
¡  Buku teks siswa dan guru.





Mengetahui
Kepala Sekolah




.............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..............................................










Comments