RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 2 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 2                            :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 1                   :  Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
3.8.1 Menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8.1 Menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan.
2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1.1 Menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menyelesaikan soal-soal

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama dengan bernyanyi.
2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
4.2.1 Menyanyikan lagu Tomat yang memiliki pola irama sederhana.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama dengan bernyanyi dengan tepat.
2.    Dengan membaca lirik lagu, siswa dapat menyanyikan lagu Tomat yang memiliki pola irama sederhana dengan tepat.
3.    Dengan menyimak teks dongeng yang dibacakan, siswa menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar dengan tepat.
4.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri secara lisan.
5.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.
6.    Dengan mengamati sifat pertukaran pada penjumlahan, siswa dapat menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation
§   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. Communication
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
10 menit
Inti
§  Siswa dan guru mendiskusikan tentang manfaat Tomat bagi kehidupan manusia. Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan seputar tomat dan manfaatnya. Collaboration
§  Siswa bersama-sama membaca lirik lagu berjudul “Tomat.” Mandiri
§  Siswa menyimak guru yang mencontohkan cara bernyanyi lagu berjudul Tomat yang memiliki pola irama sederhana.
§  Siswa menyanyikan lagu Tomat bersama sama yang dipandu oleh guru.
§  Guru membimbing siswa menyanyikan lagu Tomat dimana syairnya diganti dengan senandung la…la…la…la…….la sambil menepuk meja. Siswa melakukan kegiatan ini untuk memeragakan pola irama sederhana pada lagu. Creativity and Innovation
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok menyanyikan lagu Tomat secara bergantian.
§  Siswa menyanyikan lagu Tomat secara individual bila waktu masih tersedia.
§  Guru mengamati siswa saat bernyanyi.
§  Siswa dan guru mendiskusikan anugerah Tuhan untuk manusia yaitu tumbuhan yang berbagai jenis ragamnya. Semuanya itu Tuhan ciptakan untuk kesejahteraan manusia. Salah satu tumbuhan yang member manfaat untuk manusia, yaitu pohon kelapa. Siswa dan guru mendiskusikan manfaat pohon kelapa bagi kehidupan manusia.

§  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap siswa membaca dongeng yang berjudul Asal Mula Buah Kelapa secara bergantian. Integritas
§  Siswa dalam kelompok secara bergiliran menceritakan kembali isi dongeng. Siswa yang lain menyimak dan mengisi lembar pengamatan. Guru juga mengamati kegiatan bercerita dengan berkeliling kelas. Setelah kegiatan ini selesai, siswa mengumpulkan lembar pengamatan. Collaboration
§  Siswa mendiskusikan pesan yang terdapat dalam isi dongeng. Setiap kelompok menuliskan pesan yang terkandung pada isi dongeng di buku siswa. Communication
§  Selanjutnya guru dan siswa mendiskusikan hasil kerja tiap kelompok hingga disimpulkan pesan moral yang terkandung pada isi dongeng. Collaboration
§  Siswa menyimak review tentang sifat pertukaran pada penjumlahan yang dilakukan guru.
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal-hal yang kurang dimengerti. Communication
§  Siswa mengerjakan latihan yang menerapkan sifat pertukaran pada penjumlahan. Mandiri
§  Setelah semua siswa menyelesaikan soal-soal latihan, guru dan siswa membahas jawaban tiap-tiap soal.
§  Siswa diminta memeriksa jawaban masing-masing dan diminta jujur jika ada yang benar atau salah.
§  Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru. Siswa juga merapikan peralatan yang digunakan untuk disimpan di tempatnya.

35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Jika semua siswa telah selesai, guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:
a.     Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.     Bagaimana perasaanmu saat kegiatan bernyanyi / menceritakan kembali isi dongeng / menyelesaikan soal-soal penjumlahan yang memiliki sifat pertukaran?
c.     Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.     Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.     Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “Soleram” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit
E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks dongeng
§  Keyboard (jika ada)/midi (musik tanpa lagu) Tomat
§  Kertas
§  Selotip









Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




................................................








Comments