RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK KELAS 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 1 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :     Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran                :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Memamahi arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

2.1.1 Melaksanakan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.3.1 Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.3.1 Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan.


C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2.    Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3.    Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
4.    Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
5.    Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
6.    Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar berseri.
§  Siswa menuliskan cerita berdasarkan gambar tersebut.
§  Gambar 1 menunjukkan Udin dan teman-teman sedang bermain tanah.
§  Gambar 2 salah satu teman Udin yang sudah bermain tanpa mencuci tangan langsung makan. Sementara Udin dan teman-teman lainnya mencuci tangan terlebih dahulu.
§  Gambar 3 semua siswa sedang makan bersama.
§  Gambar 4 siswa yang tidak mencuci tangan sedang terbaring sakit.
§  Setelah menulis, siswa menceritakan hasil tulisannya di depan teman-teman. Communication
§  Siswa berdiskusi tentang salah satu siswa yang ada pada gambar berseri.
§  Siswa berdiskusi mengenai hal-hal yang mengakibatkan siswa tersebut sakit. Critical Thinking and Problem Solving
§  Salah satu hal yang menyebabkan dia sakit adalah karena makan sebelum cuci tangan. Setelah bermain tanah, tentunya banyak kuman yang hinggap ditangannya.
§  Saat dia makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, menyebabkan ia mudah untuk sakit.
§  Siswa menuliskan kebiasaan baik yang biasa dilakukan sebelum makan.
§  Sebelum dan sesudah makan sebaiknya mencuci tangan dan berdoa.
§  Selalu menyimpan makanan di tempat yang tertutup agar tetap terjaga kebersihannya.
§  Makan secukupnya agar tidak banyak sisa makanan yang terbuang.
§  Siswa mendengarkan informasi tentang contoh makanan sehat yaitu susu. Beberapa perusahan memproduksi susu sapi dalam bentuk kemasan kotak siap saji agar mudah dikonsumsi. Berikut ini adalah contoh banyaknya susu kemasan kotak yang dapat dihasilkan oleh beberapa perusahaan. Communication
§  Siswa mengamati tabel berisi data banyaknya susu kemasan yang dihasilkan oleh setiap perusahaan. Mandiri
 
§  Siswa berlatih menyelsaikan persoalan yang diberikan. Critical Thinking and Problem Solving
-       Perusahaan yang paling banyak menghasilkan susu kemasan adalah perusahaan C.
-       Perusahaan yang paling sedikit menghasilkan susu kemasan adalah perusahaan A.
-       Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan B adalah 1.200 + 3.000 = 4.200 kotak susu
-       Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan E adalah 3.000 + 2.200 = 5.200 kotak susu
-       Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan E adalah 1.200 + 2.200 = 3.400 kotak susu
-       Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan C adalah 3.000 + 4.800 = 7.800 kotak susu
-       Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan C adalah 1.200 + 4.800 = 7.000 kotak susu
§  Guru dapat memberikan tambahan soal untuk latihan siswa.
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah bermain kuda-kudaan?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Cik-Cik Periuk”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar berseri dengan ukuran besar.
¡  Buku teks siswa dan guru.





Mengetahui
Kepala Sekolah




...........................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




............................................



Comments