RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri
makhluk hidup.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1. Menerima arti
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Memamahi arti penting
bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila
yang pertama.
|
2
|
2.1 Bersikap
jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
|
2.1.1 Melaksanakan arti penting
bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila
yang pertama.
|
3
|
3.1 Memahami arti
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.3.1 Menyebutkan arti penting
bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila
yang pertama.
|
4
|
4.1 Menceritakan
arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.3.1 Menceritakan pengalaman
bersyukur kepada Tuhan YME.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.
|
2
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1
Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa
menyimpan.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
2.
Setelah mengamati, siswa dapat
menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat
menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari
simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
4.
Setelah mengamati, siswa dapat
menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
5.
Setelah mengamati, siswa dapat
menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
6.
Setelah mengamati, siswa dapat
menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa
menyimpan dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡ Guru melakukan apersepsi dengan
mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar berseri.
§
Siswa menuliskan cerita berdasarkan gambar tersebut.
§
Gambar 1 menunjukkan Udin dan teman-teman sedang bermain
tanah.
§
Gambar 2 salah satu teman Udin yang sudah bermain tanpa mencuci
tangan langsung makan. Sementara Udin dan teman-teman lainnya mencuci tangan terlebih
dahulu.
§
Gambar 3 semua siswa sedang makan bersama.
§
Gambar 4 siswa yang tidak mencuci tangan sedang terbaring
sakit.
§
Setelah menulis, siswa menceritakan hasil tulisannya di
depan teman-teman. Communication
§
Siswa berdiskusi tentang salah satu siswa yang ada pada
gambar berseri.
§
Siswa berdiskusi mengenai hal-hal yang mengakibatkan siswa
tersebut sakit. Critical Thinking and
Problem Solving
§
Salah satu hal yang menyebabkan dia sakit adalah karena
makan sebelum cuci tangan. Setelah bermain tanah, tentunya banyak kuman yang
hinggap ditangannya.
§
Saat dia makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu,
menyebabkan ia mudah untuk sakit.
§
Siswa menuliskan kebiasaan baik yang biasa dilakukan sebelum
makan.
§
Sebelum dan sesudah makan sebaiknya mencuci tangan dan
berdoa.
§
Selalu menyimpan makanan di tempat yang tertutup agar tetap
terjaga kebersihannya.
§
Makan secukupnya agar tidak banyak sisa makanan yang
terbuang.
§
Siswa mendengarkan informasi tentang contoh makanan sehat
yaitu susu. Beberapa perusahan memproduksi susu sapi dalam bentuk kemasan
kotak siap saji agar mudah dikonsumsi. Berikut ini adalah contoh banyaknya
susu kemasan kotak yang dapat dihasilkan oleh beberapa perusahaan. Communication
§
Siswa mengamati tabel berisi data banyaknya susu kemasan
yang dihasilkan oleh setiap perusahaan. Mandiri
![]()
§
Siswa berlatih menyelsaikan persoalan yang diberikan. Critical
Thinking and Problem Solving
-
Perusahaan yang paling banyak menghasilkan susu kemasan
adalah perusahaan C.
-
Perusahaan yang paling sedikit menghasilkan susu kemasan
adalah perusahaan A.
-
Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan B
adalah 1.200 + 3.000 = 4.200 kotak susu
-
Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan E
adalah 3.000 + 2.200 = 5.200 kotak susu
-
Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan E
adalah 1.200 + 2.200 = 3.400 kotak susu
-
Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan C
adalah 3.000 + 4.800 = 7.800 kotak susu
-
Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan C
adalah 1.200 + 4.800 = 7.000 kotak susu
§
Guru dapat memberikan tambahan soal untuk latihan siswa.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah bermain
kuda-kudaan?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Cik-Cik
Periuk”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar
berseri dengan ukuran besar.
¡ Buku
teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
............................................
|
Comments