RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 4 : Merawat Tumbuhan
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta
mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
|
3.7.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan
hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda
tanya pada kalimat tanya
|
4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
|
4.71Membaca Kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
|
3.1.1Melakukan Karya dari bahan alam dan buatan dalam berkarya
|
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
|
4.1.1 Mempraktikkan hiasan
dari bahan alam dan buatan.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan
tanda tanya dalam kalimat tanya dengan benar.
2. Dengan
membaca teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
3. Dengan
membaca teks yang memuat ukuran berat benda, siswa dapat menyebutkan
ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain
dengan benar.
4. Dengan
membaca teks yang memuat ukuran berat benda, siswa dapat membandingkan
berat dua benda dengan benar.
5. Dengan
mengamati model karya kreasi dari bahan buatan, siswa dapat menentukan bahan yang digunakan pada kreasi tersebut dengan benar.
6. Dengan
mengamati model karya kreasi dari bahan buatan, siswa dapat membuat karya kreasi dari bahan buatan dengan benar.
ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
• Gambar taman yang indah
• Koran bekas
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pengantar Subtema
Siswa mengamati gambar taman yang indah.
Siswa diajak bertanya jawab mengenai
perawatan taman agar selalu terjaga
keindahannya. Gambar di Buku Siswa
adalah contoh taman di rumah Siti. Siswa
keindahannya karena Siti rajin merawat
tanamannya.
Ayo Membaca
• Siswa membaca dan mencermati teks
percakapan yang disajikan.
• Siswa mencermati penulisan huruf kapital dan tanda baca
pada kalimatkalimat
yang digunakan dalam percakapan.
• Siswa juga mencermati aturan yang harus dijalankan agar
tanaman tetap
tumbuh subur.
Ayo Berdiskusi
• Bersama dengan teman sebangkunya, siswa berdiskusi untuk
membahas
pernyataan-pernyataan yang diberikan sesuai dengan teks
percakapan.
• Siswa mengamati teks percakapan dan mencoba
mengidentifikasikan
kalimat tanya dalam teks percakapan.
• Siswa mengamati apakah kalimat tanya yang digunakan dalam
teks
percakapan diawali dengan kata tanya: apa, apakah, siapa,
mengapa,
bolehkah.
•
Siswa mengamati penggunaan tanda tanya pada akhir kalimat.
Ayo
Berlatih
•
Siswa membuat pertanyaan yang dimulai dengan kata tanya yang ditulis
pada
kotak yang tersedia pada Buku Siswa.
•
Guru mengingatkan agar siswa menuliskan kalimat pertanyaan tersebut
dengan
memperhatikan penggunaan tanda tanya pada akhir kalimat dan
ditulis
dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
•
Kemudian, siswa diminta untuk membaca kalimat tanya tersebut dengan
intonasi
yang tepat.
Ayo
Mengamati
•
Siswa membaca teks yang ada di Buku Siswa tentang Ayah yang akan
membeli
pupuk tanaman.
•
Siswa mengamati berbagai kemasan pupuk yang dijual di toko tanaman.
•
Siswa mengerjakan soal pada teks bacaan tersebut.
•
Jawaban siswa mungkin berbeda-beda. Guru memberikan umpan balik
atas
jawaban siswa.
•
Kemudian, siswa diajak untuk menerapkan pemahamannya mengenai
kesetaraan
ukuran berat.
•
Siswa mengerjakan soal yang ada di Buku Siswa.
Ayo
Berlatih
•
Siswa mengerjakan soal-soal tentang kesetaraan ukuran berat.
•
Siswa membubuhkan tanda >, <, dan =.
•
Guru bisa menambahkan soal-soal yang lebih variatif.
Ayo
Berkreasi
Siswa
membuat karya kreasi dengan menggunakan karton bekas.
Siswa
menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain:
1.
Karton bekas tisu gulung atau karton berwarna cokelat.
2.
Kertas warna
3.
Lem kertas
4.
Pensil
5.
Gunting
Siswa
mengikuti langkah-langkah pembuatan sebagai berikut.
1.
Siapkan karton bekas tisu gulung.
2.
Kamu juga dapat membuat gulungan kertas itu dari kertas karton warna
cokelat.
3.
Hiaslah kertas karton bekas tisu gulung dengan hiasan dari kertas warna.
4.
Buatlah gambar pada kertas warna sesuai keinginanmu.
5.
Guntinglah gambar hiasanmu itu. Hati-hati menggunakan gunting.
6.
Tempelkan hiasan dari kertas warna itu pada karton bekas tisu gulung.
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam
Huruf Tegak Bersambung
dengan Lafal dan Intonasi yang tepat dan Rubrik Penilaian Membaca Kalimat Tanya dalam
Huruf Tegak Bersambung dengan
Lafal dan Intonasi yang tepat
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan
kata
dan
kalimat
dengan
huruf tegak
bersambung
sesuai
teks..
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
|
2
|
Ketepatan
menuliskan
huruf
kapital pada
kalimat
dalam sebuah
teks
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..
|
SBDP
Rubrik Penilaian Membuat Karya Hiasan dari
Bahan Buatan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
||||
1
|
Menggunakan
bahan
dengan
tepat
(3 bahan:
kertas
karton,
kertas
warna,
lem
kertas)
|
Menggunakan
minimal 3 bahan
dengan benar.
|
Menggunakan
2 bahan
dengan benar.
|
Menggunakan 1
bahan dengan
benar.
|
Semua bahan
dan alat yang
digunakan
belum benar
|
||||
2
|
Menggunakan
alat dengan
benar:
Gunting, lem,
pensil
|
Menggunakan
minimal 3 alat
dengan benar.
|
Menggunakan
2 alat dengan
benar.
|
Menggunakan
1 alat dengan
benar.
|
Semua alat
yang digunakan
belum benar..
|
||||
Matematika
Rubrik Penilaian Membandingkan Berat Benda yang Satu dengan
Benda yang Lain.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Ketepatan
membaca
berat
benda
pada
alat
timbangan
sesuai
berat
benda
|
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
|
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
|
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.
|
Mengetahui
Kepala SD
Negeri
..............................................
|
..............................................
Guru Kelas 2
..............................................
|
Comments