RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 4 : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan umbi.
|
2
|
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan
tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di
lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat
efektif.
|
4.4.1
Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan umbi.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.4.1
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
2
|
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman
di lingkungan sekitar.
|
2.4.1
Melakukan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan yang dilakukan di sekolah.
|
3
|
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
3.4.1
Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
4
|
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
|
4.4.1
Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan
satu kegiatan yang dilakukan di sekolah.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
3.1.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan
lompat bambu dengan benar.
|
2
|
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
4.1.1
Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk
permainan lompat bambu.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan umbi dengan tepat.
2.
Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan
pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan umbi dengan tepat.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
4.
Setelah mengamati, siswa dapat
menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan
lompat bambu dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan
lompat bambu dengan percaya diri.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Ibu Kita
Kartini”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan atau berbagi
pengetahuan tentang berbagai jenis umbi-umbian yang diketahui siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati
umbi-umbian dan makanan hasil olahan yang berasal dari umbi-umbian yang dibawa oleh guru.
§ Siswa menjawab
pertanyaan tentang nama, rasa, dan makanan yang berasal dari umbi-umbian. Mandiri
§ Siswa berbagi
pengalaman mencicipi makanan yang berasal dari umbi-umbian.
§ Siswa mengamati
berbagai umbi-umbian lalu membandingkan satu dengan lainnya.
§ Siswa
menuliskan hasil perbandingan di tempat yang disediakan. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Siswa mengamati
bawang merah. Lalu memotong dan membuka lapisan-lapisan bawang merah.
§ Siswa
berdiskusi untuk menyimpulkan bawang merah disebut umbi lapis. Communication
§ Siswa bertanya
pada orang dewasa di sekitarnya mengenai cara perkembangbiakan bawang merah.
§ Batang pohon
singkong yang tidak terpakai bisa digunakan untuk sebuah permainan
seperti gatrik atau alat ukur dalam sebuah permainan.
§ Kegiatan
dilakukan seperti berikut:
Ø Siapkan garis
batas, sebagai garis tanda awal lompatan
Ø Siapkan batang
untuk alat mengukur lompatan.
Ø Siswa mulai
mengambil ancang-ancang.
Ø Siswa berlari
sampai garis batas lompatan.
Ø Siswa mulai
melompat pada garis tersebut.
Ø Beri tanda
batas lompatan siswa.
Ø Ukurlah jarak
lompatan siswa menggunakan batang pohon.
§ Amati siswa
yang paling jauh lompatannya.
§ Siswa mengamati
gambar Siti sedang bekerja sama membuat getuk. Getuk adalah makanan
tradisional yang berbahan dasar umbi-umbian. Saat bekerja mereka membagi tugas
dengan merata, sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan
dalam waktu yang lebih singkat. Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa menulis
pengalaman bekerja sama dengan teman pada tempat yang tersedia. Gotong Royong
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah bermain
lompat jauh?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Soleram”
¡ Kegiatan kelas diakhiri dengan doa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang
diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Bambu/batang pohon singkong untuk melompat.
¡ Berbagai macam umbi-umbian dan makanan hasil olahan
umbi-umbian.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
....................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
............................................
|
Comments