RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 2 : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3 : Menyayangi Tumbuhan
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.5
Menggali informasi tentang cara-cara
perawatan tumbuhan
dan hewan melalui
wawancara dan/atau eksplorasi
lingkungan
|
3.5.1 Membuat pertanyaan mengenai cara-cara perawatan tumbuhan untuk
wawancara.
|
2
|
4.5
Menyajikan hasil wawancara tentang
cara-cara perawatan tumbuhan
dan hewan dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan
kosa kata baku dan
kalimat efektif
|
4.5.1 Melaporkan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan
tumbuhan dengan lafal dan intonasi
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
1.3.1 Memahami tugas
anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah
sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda
Pancasila”.
|
2
|
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
2.3.1 Melakukan tugas
berkaitan dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud
pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
3
|
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Membuat
daftar tugas anggota keluarga
sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila
yang dilambangkan dalam “Garuda
Pancasila”.
|
4
|
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
4.3.1 Menceritakan pengalaman menjalankan
tugas berkaitan dengan perannya dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam
“Garuda Pancasila”.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.2
Menjelaskan bilangan cacahdan pecahan sederhana yang disajikan pada garis bilangan
|
3.2.1 Menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan
|
2
|
4.2
Menggunakan bilangan cacah dan
pecahan sederhana yang disajikan pada garis bilangan
|
4.2.1 Menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan
garis bilangan.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
membuat pertanyaan mengenai cara-cara
perawatan tumbuhan untuk wawancara.
2.
Dengan kegiatan bercerita, siswa dapat
melaporkan hasil wawancara mengenai
cara-cara perawatan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
membuat daftar tugas anggota keluarga
sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila
Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda
Pancasila”.
4.
Dengan mengingat kembali peristiwa
yang telah dialami, siswa dapat menceritakan
pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah
sebagai wujud pengamalan sila Pancasila
yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.
Dengan kegiatan review, siswa dapat
menentukan posisi bilangan cacah pada
garis bilangan
6.
Dengan kegiatan review, siswa dapat
menyelesaikan penjumlahan bilangan
cacah dengan menggunakan garis bilangan.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Dari Sabang Sampai
Merauke”. Nasionalis
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
§
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
§
Guru melakukan ice breaking melalui
kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain.
Creativity and Innovation
§
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Collaboration
§
Guru melakukan apersepsi dengan
melakukan salah satu kegiatan berikutyaitu tanya jawab, mengulas kembali
beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau
kegiatan lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru mereview
materi kalimat tanya.
§ Siswa menulis
pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pada narasumber, yaitu penjual
tanaman. Jika tidak ada penjual tanaman di sekitar sekolah, narasumber dapat
diganti dengan orang yang berprofesi atau memiliki hobi merawat tanaman.
Creativity and Innovation
§ Guru
berkeliling untuk mengecek pertanyaan-pertanyaan yang ditulis siswa. Guru
memberikan masukan pada pertanyaan-pertanyaan yang dibuat siswa.
Collaboration
§ Siswa
mendatangi narasumber dengan pendampingan guru untuk melakukan wawancara
berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat siswa.
§ Siswa
menceritakan hasil wawancaranya dan perasaannya saat melakukan kegiatan
wawancara.
§ Siswa mengamati
daftar tugas yang ada pada buku siswa.
§ Siswa
mengelompokkan tugas-tugas tersebut berdasarkan tempat yang tersedia.
§ Menuliskan
pengalamannya dalam menjalankan tugas yang berkaitan dengan perannya di
rumah.
§ Guru mereview
tentang penjumlahan menggunakan garis bilangan.
§ Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal-hal yang belum
dimengertinya.
§ Siswa
mengerjakan latihan yang ada di buku siswa.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
§
Guru dan siswa melakukan kegiatan
refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah
satu pertanyaan berikut ini:
a.
Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.
Bagaimana perasaanmu saat membuat
pertanyaan/menceritakan hasil wawancara/mengelompokkan daftar tugas/
menyelesaikan soal-soal penjumlahan menggunakan garis bilangan?
c.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.
Informasi apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana caramu untuk mendapatkan
informasi tersebut?
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau
tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban
pertanyaan
refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§
Menyanyikan
lagu daerah “Gambang Suling” Nasionalis
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Buku Siswa Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Buku siswa
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
.............................................
|
Comments