RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1
: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk
Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4
Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1 Menemukan kata/istilah khusus
tentang ciri-ciri makhluk hidup.
|
2
|
4.4
Menyajikan laporan tentang
konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1 Menyusun informasi
lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat
efektif.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1.
Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami makna simbol sila-sila Pancasila.
|
2
|
2.1
Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
|
2.1.1
Melaksanakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila.
|
3
|
3.1
Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila.
3.1.2
Menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila.
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada
lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1
Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari
simbol sila Pancasila yang pertama.
4.1.2
Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Memahami kombinasi gerak
dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1
Menjelaskan prosedur berbagai gerakan jalan.
|
2
|
4.1
Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan prosedur berbagai gerakan
jalan.
4.1.1 Berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan
berjalan dan berlari dengan benar.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan teks yang
dibaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk
hidup dengan tepat.
2.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam
bentuk kalimat efektif.
3.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
5.
Setelah melakukan permainan, siswa
dapat berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan
benar.
6.
Setelah mengamati, siswa dapat
menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
7.
Setelah mengamati, siswa dapat
menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila
dengan benar.
8.
Setelah membaca, siswa dapat
menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari
simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
9.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri
(Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡ Guru melakukan apersepsi dengan
bermain tebak gerak hewan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati
gambar pada buku teks dan menyimpulkan bahwa gambar tersebut menunjukkan
bahwa makhluk hidup itu bergerak.
§ Siswa membaca
teks untuk mengetahui berbagai cara makhluk hidup bergerak.
§ Ada hewan yang
bergerak dengan menggunakan kaki, terbang dengan sayap, berenang dengan
sirip.
§ Siswa
berdiskusi dengan teman yang duduk bersebelahan untuk menyimpulkan gerak
tumbuhan.Tumbuhan bergerak, tapi tidak berpindah tempat. Tumbuhan bergerak ke
arah cahaya matahari dan akar bergerak ke bawah. Communication
§ Siswa mengamati
ciri kedua makhluk hidup yaitu bernapas. Siswa berdiskusi mengenai cara
tumbuhan bernapas. Jika memungkinkan lakukan kegiatan percobaan untuk
membuktikan tumbuhan bernapas. Creativity and Innovation
Tumbuhan Bernapas
1.
Siapkan sebuah tanaman pada pot,
lalu salah satu dahannya ditutup rapat dengan plastik.
2.
Letakkan pot tersebut di tempat yang
terkena sinar matahari.
3.
Setelah itu akan terlihat ada embun
pada plastik tersebut.
§ Siswa
mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yaitu tumbuh. Sejak kelas 1 sampai dengan
kelas 3 tentunya ada banyak perubahan pada siswa. Begitupun pada makhluk
hidup lainnya. Kucing, ayam, dan tumbuhan akan tumbuh dari kecil menjadi besar. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Makhluk hidup
berkembang biak. Ada yang berkembang biak dengan cara bertelur dan
melahirkan. Siswa mengidentifikasi berbagai cara makhluk hidup berkembang
biak.
§ Siswa berlatih
menuliskan berbagai cara berkembang biak hewan.
§ Makhluk hidup
perlu air dan makanan. Tumbuhan juga perlu makanan dan air. Tumbuhan
dapat membuat makanannya sendiri. Makanan yang dihasilkan merupakan bahan
makanan untuk hewan dan manusia. Oleh karena itu tumbuhan disebut
penghasil makanan atau produsen.
Fotosintesis
§ Proses
pengolahan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Bahan untuk membuat
makanan adalah air dan karbondioksida. Bahan-bahan diperoleh dari
dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar. Sedangkan
karbondioksida diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil
pada batang (lentisel).
§ Fotosintesis
hanya terjadi pada tumbuhan yang berdaun hijau saja. Hal ini karena daun
tersebut memiliki klorofil atau zat hijau daun. Klorofil diperlukan untuk proses
pembuatan makanan. Klorofil bertugas mengikat cahaya.
§ Untuk menjaga
tanah agar tetap subur dan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan
tumbuhan. Biasanya ditambahkan pupuk.sehingga jika tanahnya subur,
maka tumbuhan dapat berkembang biak dan melakukan fotosintesis
dengan baik.
§ Makhluk hidup
peka terhadap rangsang. Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang
silau lainnya dengan cepat kita akan menutup mata. Daun putri malu akan menutup
daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar cina akan meletus jika disentuh.
Landak dan kaki seribu akan menggulung badannya jika kita sentuh.
§ Setelah berdiskusi
dan menjawab beberapa pertanyaan, siswa menyebutkan kembali
ciri-ciri makhluk hidup dan menuliskan pada tempat yang tersedia.
§ Siswa berlatih
menulis kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada buku. Mandiri
§ Kalimat yang
disusun harus memenuhi struktur yang baik, yaitu syarat kalimat efektif
haruslah mempunyai struktur yang lengkap. Artinya, kalimat itu harus memiliki
unsur-unsur subyek dan predikat, obyek, atau bisa ditambah dengan keterangan.
§ Siswa akan
mempraktikkan berbagai cara berjalan dan berlari. Berjalan dan berlari
merupakan cara manusia bergerak dan berpindah tempat. Creativity and
Innovation
§ Kegiatan
dilakukan di lapangan.
§ Melakukan
kegiatan pemanasan terlebih dahulu. Salah satu kegiatan pemanasan yang bisa
dilakukan adalah dengan berlari mengelilingi lapangan atau melakukan peregangan.
§ Siswa
mendengarkan penjelasan dan memperhatikan guru mendemonstrasikan tentang sikap
berjalan.
§ Siswa
mendengarkan penjelasan dan memperhatikan guru mendemonstrasikan tentang sikap
berlari.
§ Siswa
mendengarkan penjelasan dan memperhatikan guru mendemonstrasikan tentang
berbagai jenis cara berlari. Ada berlari ke depan, berlari ke samping kiri, berlari ke
samping kiri, dan berlari ke belakang. Communication
§ Siswa mencoba
melakukan berbagai cara berlari secara perkelompok dan perorangan.
§ Lalu siswa
mencoba kegiatan kombinasi berlari dan berjalan melalui permainan lomba jalan dan
lari. Creativity
and Innovation
§ Siapkan garis
awal dan garis akhir (lihat gambar pada buku siswa)
§ Setiap kali
pertandingan dilakukan oleh lima orang siswa.
§ Tahap pertama
siswa akan berjalan maju dari garis start menuju garis finish, lalu berjalan mundur
dari garis finish menuju garis start.
§ Tahap kedua
siswa akan berlari maju dari garis start menuju garis finish, lalu berlari mundur
dari garis finish menuju garis start.
§ Ingatkan siswa
untuk berjalan dan berlari mundur dengan hati-hati. Kebenaran gerak lebih
diutamakan daripada kecepatan.
§ Peserta yang
dapat menyelesaikan terlebih dahulu adalah pemenangnya.
§ Siswa
berdiskusi tentang cara supaya dapat melakukan gerakan kombinasi antara berjalan dan
berlari dengan cepat. Communication
§ Kekuatan kaki
dan konsentrasi adalah faktor utama keberhasilan.
§ Dalam
perlombaan gerak kombinasi lari dan jalan, pasti ada yang menang dan kalah.
§ Pentingnya
saling menghargai sehingga pemenang tidak merasa sombong dan yang kalah
tidak berkecil hati.
§ Setelah
berdiskusi, siswa membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.
§ Siswa
menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitan dengan karunia
keragaman makhluk hidup dan alat geraknya. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Siswa
menentukan salah satu sikap bersyukur yang pernah dilakukannya.
§ Siswa
menuliskan pada tempat yang tersedia. Mandiri
§ Siswa
menceritakan hasil tulisan di depan teman-teman.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah bermain
jalan dan lari mundur?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Anak
Kambing Saya”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Peluit dan
kapur tulis untuk membuat tanda garis permainan.
¡
Buku teks
siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
........................................
|
Comments