RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 TEMA 1 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :    SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :    III (Tiga) / 1
Tema 1                            :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :    Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran                 :    2
Alokasi Waktu               :    1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Memahami makna simbol sila-sila Pancasila.

2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.1.1 Melaksanakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila.

3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila.
3.1.2 Menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila.

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.
4.1.2 Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


3.1.1 Menjelaskan prosedur berbagai gerakan jalan.

2
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1   Mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan.
4.1.1   Berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar.


C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif.
3.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
4.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
5.    Setelah melakukan permainan, siswa dapat berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar.
6.    Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
7.    Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila dengan benar.
8.    Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
9.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

                                        




D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak gerak hewan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar pada buku teks dan menyimpulkan bahwa gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup itu bergerak.
§  Siswa membaca teks untuk mengetahui berbagai cara makhluk hidup bergerak.
§  Ada hewan yang bergerak dengan menggunakan kaki, terbang dengan sayap, berenang dengan sirip.
§  Siswa berdiskusi dengan teman yang duduk bersebelahan untuk menyimpulkan gerak tumbuhan.Tumbuhan bergerak, tapi tidak berpindah tempat. Tumbuhan bergerak ke arah cahaya matahari dan akar bergerak ke bawah. Communication
§  Siswa mengamati ciri kedua makhluk hidup yaitu bernapas. Siswa berdiskusi mengenai cara tumbuhan bernapas. Jika memungkinkan lakukan kegiatan percobaan untuk membuktikan tumbuhan bernapas. Creativity and Innovation
Tumbuhan Bernapas
1.    Siapkan sebuah tanaman pada pot, lalu salah satu dahannya ditutup rapat dengan plastik.
2.    Letakkan pot tersebut di tempat yang terkena sinar matahari.
3.    Setelah itu akan terlihat ada embun pada plastik tersebut.
§  Siswa mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yaitu tumbuh. Sejak kelas 1 sampai dengan kelas 3 tentunya ada banyak perubahan pada siswa. Begitupun pada makhluk hidup lainnya. Kucing, ayam, dan tumbuhan akan tumbuh dari kecil menjadi besar. Critical Thinking and Problem Solving
§  Makhluk hidup berkembang biak. Ada yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan. Siswa mengidentifikasi berbagai cara makhluk hidup berkembang biak.
§  Siswa berlatih menuliskan berbagai cara berkembang biak hewan.
§  Makhluk hidup perlu air dan makanan. Tumbuhan juga perlu makanan dan air. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Makanan yang dihasilkan merupakan bahan makanan untuk hewan dan manusia. Oleh karena itu tumbuhan disebut penghasil makanan atau produsen.

Fotosintesis
§  Proses pengolahan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Bahan untuk membuat makanan adalah air dan karbondioksida. Bahan-bahan diperoleh dari dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar. Sedangkan karbondioksida diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel).
§  Fotosintesis hanya terjadi pada tumbuhan yang berdaun hijau saja. Hal ini karena daun tersebut memiliki klorofil atau zat hijau daun. Klorofil diperlukan untuk proses pembuatan makanan. Klorofil bertugas mengikat cahaya.
§  Untuk menjaga tanah agar tetap subur dan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan. Biasanya ditambahkan pupuk.sehingga jika tanahnya subur, maka tumbuhan dapat berkembang biak dan melakukan fotosintesis dengan baik.
§  Makhluk hidup peka terhadap rangsang. Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang silau lainnya dengan cepat kita akan menutup mata. Daun putri malu akan menutup daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar cina akan meletus jika disentuh. Landak dan kaki seribu akan menggulung badannya jika kita sentuh.
§  Setelah berdiskusi dan menjawab beberapa pertanyaan, siswa menyebutkan kembali ciri-ciri makhluk hidup dan menuliskan pada tempat yang tersedia.
§  Siswa berlatih menulis kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada buku. Mandiri
§  Kalimat yang disusun harus memenuhi struktur yang baik, yaitu syarat kalimat efektif haruslah mempunyai struktur yang lengkap. Artinya, kalimat itu harus memiliki unsur-unsur subyek dan predikat, obyek, atau bisa ditambah dengan keterangan.
§  Siswa akan mempraktikkan berbagai cara berjalan dan berlari. Berjalan dan berlari merupakan cara manusia bergerak dan berpindah tempat. Creativity and Innovation
§  Kegiatan dilakukan di lapangan.
§  Melakukan kegiatan pemanasan terlebih dahulu. Salah satu kegiatan pemanasan yang bisa dilakukan adalah dengan berlari mengelilingi lapangan atau melakukan peregangan.
§  Siswa mendengarkan penjelasan dan memperhatikan guru mendemonstrasikan tentang sikap berjalan.
§  Siswa mendengarkan penjelasan dan memperhatikan guru mendemonstrasikan tentang sikap berlari.
§  Siswa mendengarkan penjelasan dan memperhatikan guru mendemonstrasikan tentang berbagai jenis cara berlari. Ada berlari ke depan, berlari ke samping kiri, berlari ke samping kiri, dan berlari ke belakang. Communication
§  Siswa mencoba melakukan berbagai cara berlari secara perkelompok dan perorangan.
§  Lalu siswa mencoba kegiatan kombinasi berlari dan berjalan melalui permainan lomba jalan dan lari. Creativity and Innovation
§  Siapkan garis awal dan garis akhir (lihat gambar pada buku siswa)
§  Setiap kali pertandingan dilakukan oleh lima orang siswa.
§  Tahap pertama siswa akan berjalan maju dari garis start menuju garis finish, lalu berjalan mundur dari garis finish menuju garis start.
§  Tahap kedua siswa akan berlari maju dari garis start menuju garis finish, lalu berlari mundur dari garis finish menuju garis start.
§  Ingatkan siswa untuk berjalan dan berlari mundur dengan hati-hati. Kebenaran gerak lebih diutamakan daripada kecepatan.
§  Peserta yang dapat menyelesaikan terlebih dahulu adalah pemenangnya.
§  Siswa berdiskusi tentang cara supaya dapat melakukan gerakan kombinasi antara berjalan dan berlari dengan cepat. Communication
§  Kekuatan kaki dan konsentrasi adalah faktor utama keberhasilan.
§  Dalam perlombaan gerak kombinasi lari dan jalan, pasti ada yang menang dan kalah.
§  Pentingnya saling menghargai sehingga pemenang tidak merasa sombong dan yang kalah tidak berkecil hati.
§  Setelah berdiskusi, siswa membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.
§  Siswa menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitan dengan karunia keragaman makhluk hidup dan alat geraknya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menentukan salah satu sikap bersyukur yang pernah dilakukannya.
§  Siswa menuliskan pada tempat yang tersedia. Mandiri
§  Siswa menceritakan hasil tulisan di depan teman-teman.
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.     Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah bermain jalan dan lari mundur?
c.     Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.     Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Peluit dan kapur tulis untuk membuat tanda garis permainan.
¡  Buku teks siswa dan guru.



Mengetahui
Kepala Sekolah




............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




........................................




Comments