RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam
bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan katak.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan katak.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.4.1
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
2
|
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman
di lingkungan sekitar.
|
2.4.1
Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
3
|
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
3.4.1
Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.
|
4
|
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan
sekitar.
|
4.4.1
Menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam
keberagaman di sekolah.
|
MATEMATIKA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000.
|
2
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan
dan perkembangan katak dengan tepat.
2.
Setelah membaca, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan
perkembangan katak dengan tepat.
3.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah
dengan benar.
4.
Setelah mengamati contoh siswa dapat
menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman
di sekolah dengan benar.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Desaku”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡ Guru melakukan apersepsi dengan
mengajukan pertanyaan tentang pengalaman siswa melihat katak.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar daur
hidup katak.
§
Siswa membaca teks tentang
daur hidup katak. Communication
§
Selain kupu-kupu, katak juga
memiliki 4 tahapan daur hidup. Mulai dari telur, berudu,
katak muda sampai katak dewasa. Katak mengalami perubahan bentuk
yang sangat berbeda. Daur hidup katak dimulai dari telur. Telur berubah
menjadi berudu. Berudu kemudian berubah menjadi katak muda yang memiliki
ekor. Katak muda kemudian berkembang menjadi katak dewasa.
§
Siswa mengamati kembali
tahapan daur hidup katak, lalu menganalisa tahapan yang
paling penting. Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa dibebaskan untuk
berpendapat selama pendapatnya beralasan yang disertai
kebenaran konsep.
§
Tahapan yang paling penting
adalah telur. Selain bentuknya yang kecil, telur juga
tidak dapat melakukan perlawanan, sangat mudah untuk dihancurkan atau dimangsa
lawan. Oleh karena itu, jika telur terancam, maka perkembangan katak pun
terancam.
§
Katak termasuk hewan yang
ditakuti beberapa anak.
§
Terkadang ada siswa yang suka
menggoda teman lainnya menggunakan kedua hewan
tersebut.
§
Pentingnya untuk saling
menyayangi dan menghargai, agar dapat berteman dengan
baik dan disukai semua teman.
§
Siswa berlatih menuliskan
saran tentang hal tersebut.
§
Siswa berlatih menyampaikan
saran.
§
Siswa berlatih menyelesaikan
soal perkalian.
§
7 × 130 = 910
§
4 × 300 = 1.200
§
Siswa berlatih membuat soal
cerita. Mandiri
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah berlatih
memberikan saran ?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Kicir-Kicir”
¡ Kegiatan
kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin
siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar daur hidup katak.
¡ Gambar berbagai jenis katak.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
.................................................
|
Comments