RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 5 TEMA 1 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 1
Tema 1                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3                   :  Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran                :  5
Alokasi Waktu               :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di  lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.



3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.4.1 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.

2
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

2.4.1 Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.

3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4.1 Memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.

4
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4.1 Menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah.


MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak dengan tepat.
2.    Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan katak dengan tepat.
3.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
4.    Setelah mengamati contoh siswa dapat menceritakan memberikan saran sebagai pemahaman arti bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1000 dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Desaku”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang pengalaman siswa melihat katak.


10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar daur hidup katak.
§  Siswa membaca teks tentang daur hidup katak. Communication
§  Selain kupu-kupu, katak juga memiliki 4 tahapan daur hidup. Mulai dari telur, berudu, katak muda sampai katak dewasa. Katak mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda. Daur hidup katak dimulai dari telur. Telur berubah menjadi berudu. Berudu kemudian berubah menjadi katak muda yang memiliki ekor. Katak muda kemudian berkembang menjadi katak dewasa.
§  Siswa mengamati kembali tahapan daur hidup katak, lalu menganalisa tahapan yang paling penting. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa dibebaskan untuk berpendapat selama pendapatnya beralasan yang disertai kebenaran konsep.
§  Tahapan yang paling penting adalah telur. Selain bentuknya yang kecil, telur juga tidak dapat melakukan perlawanan, sangat mudah untuk dihancurkan atau dimangsa lawan. Oleh karena itu, jika telur terancam, maka perkembangan katak pun terancam.
§  Katak termasuk hewan yang ditakuti beberapa anak.
§  Terkadang ada siswa yang suka menggoda teman lainnya menggunakan kedua hewan tersebut.
§  Pentingnya untuk saling menyayangi dan menghargai, agar dapat berteman dengan baik dan disukai semua teman.
§  Siswa berlatih menuliskan saran tentang hal tersebut.
§  Siswa berlatih menyampaikan saran.
§  Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian.
§  7 × 130 = 910
§  4 × 300 = 1.200
§  Siswa berlatih membuat soal cerita. Mandiri

150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah berlatih memberikan saran ?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Kicir-Kicir”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar daur hidup katak.
¡  Gambar berbagai jenis katak.
¡  Buku teks siswa dan guru.



Mengetahui
Kepala Sekolah




................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




.................................................




Comments