RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 1 SUBTEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 4                   :     Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.


3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan mencangkok.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara mencangkok.

PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.4.1 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.

2
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

2.4.1 Menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah.

3
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4.1 Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.

4
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4.1 Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah.


MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan mencangkok.
2.    Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara mencangkok.
3.    Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan benar.
4.    Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
5.    Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas




D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bendera Merah Putih”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengulang materi sebelumnya.

10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks tentang proses mencangkok tanaman. Jika ada contoh hasil proses cangkok dan ada narasumber yang memahami proses pencangkokan, lebih baik kegiatan diskusi dan pengamatan langsung. Communication
§  Siswa berlatih menyelesaikan latihan soal terkait proses pencangkokan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengamati kata-kata baru yang ditemui, lalu menuliskan dan mencari artinya di kamus.
§  Siswa berdiskusi tentang berbagai kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah. Communication
§  Siswa menuliskan kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah.
§  Siswa menuliskan pendapat tentang berbagai kegiatan kerja sama.
§  Siswa menceritakan pendapatnya di depan teman-teman. Mandiri
§  Kegiatan terakhir, siswa berlatih menyelesaikan soal-soal pembagian sesuai contoh yang diberikan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berlatih membuat soal cerita pembagian.

150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di buku siswa.
¡   Pernyataan dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ΓΌ)jika merasa sudah memahami materi tersebut.
¡   Jika ada materi yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya, misalnya melalui kegiatan remedial.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Yamko Rambe Yamko”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit



E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar atau contoh tanaman hasil cangkok.
¡  Buku teks siswa dan guru.


Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




.........................................


















Comments