RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati kosakata
dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Menjelaskan manfaat makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia.
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menjawab pertanyaan tentang hubungan makanan dan kesehatan pada proses
pertumbuhan dan perkembangan manusia.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1. Menerima arti
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara
“Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2
|
2.1 Bersikap
jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
|
2.1.1
Menjalankan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
|
3
|
3.1 Memahami arti
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
3.1.2
Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
|
4
|
4.1 Menceritakan
arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1
Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4.1.2
Menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Memahami
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lompat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan Kijang dan
Rusa.
|
2
|
4.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1
Mempraktikkan prosedur kombinasi
gerakan jalan dan lompat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam bentuk permainan Kijang dan Rusa.
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa dapat
menjelaskan manfaat makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia
dengan benar.
2.
Setelah membaca, siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang hubungan makanan dan kesehatan pada proses pertumbuhan dan
perkembangan manusia dengan tepat.
3.
Setelah membaca, siswa dapat
mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar.
4.
Setalah mengamati gambar, siswa dapat
mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah dengan benar.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
7.
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lompat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan Kijang dan Rusa
dengan benar.
8.
Setelah mengamati, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lompat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan Kijang dan Rusa
dengan percaya diri.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
§ Siswa
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin
oleh salah satu siswa. Religius
§ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah
Benderaku”. Nasionalis
§ Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
§ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
§ Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
§ Guru
melakukan apersepsi dengan menayakan menu makanan sarapan siswa dan kaitannya
dengan pentingnya sarapan pagi.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa
membaca teks yang ada pada buku.
§ Siswa
mendiskusikan mengenai teks. Teks menjelaskan mengenai pentingnya sarapan
dengan makanan sehat sebelum pergi ke sekolah. Communication
§ Siswa
berlatih menjawab latihan sesuai dengan teks yang dibacanya. Mandiri
§ Siswa
juga mengamati contoh sikap dalam menghadapi perbedaan.
§ Siswa
menceritakan makanan kesukaannya. Mulai dari ciri-ciri, rasa, bentuk, warna,
dan alasannya.
§ Siswa
berlatih menguji kekuatan melalui kegiatan bermain Kijang dan Rusa. Creativity
and Innovation
§ Cara
bermain:
§ Setelah
bermain, siswa berdiskusi mengenai pengalaman bermain Kijang dan Rusa.
Kijang
dan Rusa
Anak-anak berdiri dalam
dua deret.
Berdirilah saling
berhadap-hadapan.
Buatlah garis di depan
kedua barisan tersebut.
Ambil jarak agar tidak
berdekatan.
Deretan yang satu diberi
nama Rusa.
Deretan yang lainnya
diberi nama Kijang.
Apabila guru memanggil
Kijang, maka deret Kijang melompat ke depan, sementara deret Rusa melompat ke
belakang.
Apabila guru memanggil
Rusa, maka deret Rusa melompat ke depan, sementara deret
Kijang melompat ke
belakang.
Kelompok yang selalu benar
mengikuti instruksi adalah pemenangnya.
§ Setelah
bermain, siswa berdiskusi tentang pengalaman bermain Kijang dan Rusa. Communication
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah melakukan
kegiatan bermain kijang dan rusa?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Burung
Tantina”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar berbagai makanan sehat.
¡ Buku teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
........................................
|
Comments