RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 2 : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.8
Menguraikan pesan dalam dongeng
yang disajikan secara lisan,
tulis, dan visual dengan tujuan
untuk kesenangan
|
3.8.1 Memerankan tokoh dongeng dengan
ekspresi
|
2
|
4.8
Memeragakan pesan dalam dongeng
sebagai bentuk ungkapan
diri menggunakan kosa
kata baku dan kalimat efektif
|
4.8.1 Menjelaskan isi pesan yang terdapat
dalam dongeng melalui tulisan
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
1.3.1 Memahami arti
penting bersikap baik kepada sesama sebagai wujud pengamalan sila Pancasila
yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
2
|
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
2.3.1 Mengerti beberapa
sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud
pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
3
|
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Menyebutkan arti penting bersikap
baik kepada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
4
|
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
4.3.1 Memeragakan beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar
rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda
Pancasila”.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah
|
3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada
perkalian
|
2
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat-sifat
operasi hitung pada
bilangan cacah
|
4.1.1 Menggunakan sifat pertukaran pada
perkalian untuk menyelesaikan soal-soal
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks dongeng, siswa
dapat memerankan tokoh dongeng dengan
ekspresi yang tepat.
2.
Dengan kegiatan menyusun kata, siswa
dapat menjelaskan isi pesan yang terdapat
dalam dongeng melalui tulisan dengan tepat.
3.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menyebutkan arti penting bersikap baik
kepada sesama manusia sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda
Pancasila”.
4.
Dengan mengingat kembali peristiwa
yang telah dialami, siswa memeragakan
beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekitar rumah sebagai wujud pengamalan
sila Pancasila yang dilambangkan dalam
“Garuda Pancasila”.
5.
Dengan kegiatan review, siswa dapat
menemukan sifat pertukaran pada perkalian
dengan tepat.
6.
Dengan kegiatan review, siswa dapat menggunakan
sifat pertukaran pada perkalian
untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Ibu Kita Kartini”. Nasionalis
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
§
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
§
Guru melakukan ice breaking melalui
kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain.
Creativity and Innovation
§
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Communication
§
Guru melakukan apersepsi dengan melakukan
salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya
jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya,
menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru mereview kegiatan
bermain peran pada pertemuan sebelumnya.
§
Kelompok
yang belum tampil pada hari itu memerankan tokoh-tokoh yang ada pada dongeng “Anak Gembala dan
Serigala”.
§
Guru mengamati penampilan
setiap kelompok.
§
Guru mengulas penampilan
tiap-tiap kelompok serta tidak lupa memuji penampilan mereka.
§
Siswa mengamati kata-kata
yang tersusun secara acak pada buku siswa.
§
Siswa menyusun kata-kata
tersebut sehingga menjadi sebuah kalimat yang merupakan pesan moral yang
terdapat pada dongeng Anak Gembala dan
Serigala.
§
Siswa membuat kelompok
secara berpasangan (terdiri dari 2 orang). Integritas
§
Siswa mendiskusikan
sikap-sikap baik apa saja yang telah dilakukan oleh dirinya dan temannya.
§
Siswa menuliskan sikap-sikap
baik yang telah dilakukan oleh dirinya dan temannya pada tempat yang tersedia
di buku siswa.
§
Guru mengamati proses
diskusi yang dilakukan siswa.
§
Setelah selesai diskusi
kelompok, secara acak guru mendorong beberapa kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya.
§
Selanjutnya guru dan siswa
mendiskusi hasil presentasi bebereapa kelompok.
Guru juga menjelaskan bahwa bersikap baik kepada sesama manusia merupakan pengamalan sila
kedua dari Pancasila.
§
Siswa membuat kelompok. Tiap
kelompok terdiri dari 3-4 orang.
§
Setiap kelompok membuat
percakapan yang merupakan pengalaman berbuat
baik salah satu anggota kelompoknya.
§
Setelah membuat percakapan
selesai, siswa memerankan percakapan yang
dibuatnya bersama dengan teman satu kelompok.
§
Guru mereview konsep sifat
pertukaran pada perkalian.
§
Siswa mengerjakan soal-soal
latihan.
§
Guru dan siswa mendikusikan
jawaban dari latihan. Critical Thinking and
Problem Solving
§
Siswa diminta memeriksa
jawaban masing-masing dan diminta jujur jika ada jawaban yang benar atau salah.
§
Siswa mengumpulkan hasil
kerjanya kepada guru. Siswa juga merapikan peralatan yang digunakan untuk
disimpan di tempatnya.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
§
Guru dan siswa melakukan kegiatan
refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan salah
satu pertanyaan berikut ini:
a.
Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.
Bagaimana perasaanmu saat bermain
peran/menuliskan pengalaman berbuat baik/menyelesaikan soal-soal penjumlahan
yang memiliki sifat pertukaran?
c.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.
Informasi apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana caramu untuk mendapatkan
informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru
pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika
guru menginginkan siswa menulis jawaban
pertanyaan refleksi, sebaiknya
siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§
Menyanyikan
lagu daerah “llir-llir”. Nasionalis
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Buku Siswa Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Gambar-gambar yang ada pada buku siswa
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments