RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1
: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk
Hidup
Sub Tema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4
Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi istilah-istilah pada pertumbuhan dan perkembangan dirinya.
|
2
|
4.4
Menyajikan laporan tentang
konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menuliskan cerita pertumbuhan dan perkembangan dirinya menggunakan infomasi
yang diterima.
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1.
Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1
Memahami manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
2
|
2.1
Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
|
2.1.1
Menjalankan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan
satu kegiatan di sekolah.
|
3
|
3.1
Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
3.1.1
Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
|
4
|
4.1 Menceritakan arti gambar pada
lambang negara “Garuda Pancasila”.
|
4.1.1
Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan
satu kegiatan di sekolah
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Memahami kombinasi gerak
dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1
Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui
permainan sederhana.
|
2
|
4.1
Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1
Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui
permainan sederhana dengan benar.
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Setelah melakukan wawancara, siswa
dapat mengidentifikasi istilah-istilah pada pertumbuhan dan perkembangan
dirinya dengan tepat.
2.
Setelah melakukan wawancara orang tua,
siswa dapat menuliskan cerita pertumbuhan dan perkembangan dirinya menggunakan
infomasi yang diterima dengan tepat.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan
sederhana dengan benar.
4.
Setelah mengamati, siswa dapat
mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui
permainan sederhana dengan benar.
5.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
6.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu
kegiatan di sekolah
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri
(Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan
apersepsi dengan mengajukan pertanyaan hasil wawancara siswa terhadap orang
tua masing-masing untuk mengetahui proses pertumbuhan dan perkembangan
dirinya.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa
mengidentifikasi informasi apa saja yang diterima dari orang tua mengenai proses
pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya. Misalnya, berat badan saat lahir,
usia saat pertama kali bisa merangkak atau berjalan, dan lain-lain. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Siswa
menuliskan kembali informasi tersebut menjadi sebuah cerita tentang pertumbuhan dan
perkembangan dirinya. Mandiri
§ Perkembangan
kekuatan dan kecepatan juga berbeda-beda.
§ Siswa diajak
bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
§ Tahapan
kegiatan adalah sebagai berikut.
Ø Buatlah garis
lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
Ø Berbarislah di
depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
Ø Setelah diberi
aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish.
Ø Setelah sampai
garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
Ø Siswa yang
paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.
§ Selain tinggi
dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda.
§ Kekuatan ini
juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, perbedaan pertumbuhan
tulang dan otot. Semua perbedaan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.
§ Siswa membaca
teks tentang “Menghargai Perbedaan”.
§ Siswa berlatih
menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada di sekitar. Mandiri
§ Siswa
menyampaikan pendapatnya di depan teman-teman. Communication
§ Siswa
diingatkan kembali tentang contoh–contoh sikap yang merupakan pengamalan
Pancasila. Saling menghormati dan menyayangi antarsesama termasuk
pengamalan sila kedua Pancasila. Creativity and Innovation
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah melakukan
kegiatan berlari dan melompat?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Anak
Kambing Saya”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Foto anak
dan orang tua.
¡ Karton
untuk menempel foto dan menulis persamaan ciri anak dan orang tua.
¡ Buku
teks siswa dan guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
................................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..........................................
|
Comments