RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :    SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :    III (Tiga) / 1
Tema 1                            :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 2                   :    Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pembelajaran                 :    2
Alokasi Waktu               :    1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Mengidentifikasi istilah-istilah pada pertumbuhan dan perkembangan dirinya.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan cerita pertumbuhan dan perkembangan dirinya menggunakan infomasi yang diterima.


PPKn
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.1 Memahami manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah

2
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.1.1 Menjalankan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah.
3
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1.1 Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah

4
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah



PJOK
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


3.1.1 Menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana.

2
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.


C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah melakukan wawancara, siswa dapat mengidentifikasi istilah-istilah pada pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.
2.    Setelah melakukan wawancara orang tua, siswa dapat menuliskan cerita pertumbuhan dan perkembangan dirinya menggunakan infomasi yang diterima dengan tepat.
3.    Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
4.    Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
5.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
6.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡    Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡    Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan hasil wawancara siswa terhadap orang tua masing-masing untuk mengetahui proses pertumbuhan dan perkembangan dirinya.

10 menit
Inti
§  Siswa mengidentifikasi informasi apa saja yang diterima dari orang tua mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya. Misalnya, berat badan saat lahir, usia saat pertama kali bisa merangkak atau berjalan, dan lain-lain. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan kembali informasi tersebut menjadi sebuah cerita tentang pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Mandiri
§  Perkembangan kekuatan dan kecepatan juga berbeda-beda.
§  Siswa diajak bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
§  Tahapan kegiatan adalah sebagai berikut.
Ø  Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
Ø  Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
Ø  Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish.
Ø  Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
Ø  Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.
§  Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda.
§  Kekuatan ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.
§  Siswa membaca teks tentang “Menghargai Perbedaan”.
§  Siswa berlatih menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada di sekitar. Mandiri
§  Siswa menyampaikan pendapatnya di depan teman-teman. Communication
§  Siswa diingatkan kembali tentang contoh–contoh sikap yang merupakan pengamalan Pancasila. Saling menghormati dan menyayangi antarsesama termasuk pengamalan sila kedua Pancasila. Creativity and Innovation
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan setelah melakukan kegiatan berlari dan melompat?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Foto anak dan orang tua.
¡  Karton untuk menempel foto dan menulis persamaan ciri anak dan orang tua.
¡  Buku teks siswa dan guru.


Mengetahui
Kepala Sekolah




................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




..........................................







Comments