RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 2 : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.8
Menguraikan pesan dalam dongeng
yang disajikan secara lisan,
tulis, dan visual dengan tujuan
untuk kesenangan
|
3.8.1Memerankan tokoh dongeng
dengan ekspresi
|
2
|
4.8
Memeragakan pesan dalam dongeng
sebagai bentuk ungkapan
diri menggunakan kosa
kata baku dan kalimat efektif
|
4.8.1 Menjelaskan isi pesan yang terdapat
dalam dongeng secara lisan
|
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik
individu di lingkungan
sekitar sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
|
1.3.1 Memahami keberagaman
sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud
pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
2
|
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
2.3.1 Mengerti beberapa
sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud
pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
3
|
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Menyebutkan keberagaman sifat
individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila
Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
4
|
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
|
4.3.1 Memeragakan beberapa sifat
individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila
Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
|
PJOK
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.2
Memahami kombinasi gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau
tradisional
|
3.2.1Menjelaskan gerakan memutar dan meliuk dengan tepat.
|
2
|
4.2
Mempraktikkan gerak kombinasi
gerak dasar nonlokomotor sesuai
dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
|
4.2.1 Mempraktikkan gerakan memutar dan meliuk pada
lompat tali.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks dongeng, siswa
dapat memerankan tokoh dongeng dengan
ekspresi yang tepat.
2.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menjelaskan isi pesan yang terdapat dalam
dongeng secara lisan dengan tepat.
3.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menyebutkan keberagaman sifat
individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang
dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
4.
Dengan mengamati sifat-sifat dari
teman sekelas, siswa dapat memeragakan
beberapa sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila
Pancasila yang dilambangkan dalam
“Garuda Pancasila”.
5.
Dengan memperhatikan gerakan guru,
siswa dapat menjelaskan gerakan memutar
dan meliuk dengan tepat.
6.
Dengan memperhatikan gerakan guru,
siswa dapat mempraktikkan gerakan
memutar dan meliuk pada lompat tali.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Maju Tak Gentar”. Nasionalis
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
§
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
§
Guru melakukan ice breaking melalui
kegiatan bernyanyi atau bermain tebaktebakan atau kegiatan lain.
Creativity and Innovation
§
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Communication
§
Guru melakukan apersepsi dengan
melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali
beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau
kegiatan lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang.
Integritas
§
Semua siswa membaca dongeng
“Anak Gembala dan Serigala” yang ada pada
buku siswa.
§
Siswa mendiskusikan
pembagian peran. Guru menjelaskan sebagian kelompok akan bermain peran hari ini
dan sebagian lagi esok hari. Communication
§
Siswa berlatih sesuai dengan
perannya masing-masing setelah berdiskusi peran yang akan dimainkannya (ada
yang menjadi narator, anak gembala,
tuan anak gembala, orang kampung 1, orang kampung 2, dan orang kampung 3). Creativity and Innovation
§
Setiap kelompok menampilkan
bermain peran dengan judul Anak Gembala
dan Serigala di depan kelas.
§
Guru mengamati penampilan
setiap kelompok.
§
Guru mengulas penampilan
tiap-tiap kelompok serta tidak lupa memuji penampilan para siswa.
§
Setelah beberapa kelompok bermain peran, kegiatan
dilanjutkan dengan diskusi. Setiap kelompok mendiskusikan pesan yang terdapat
pada dongeng. Mereka juga mendiskusikan karakter yang ada dalam dongeng.
§
Setiap kelompok membacakan hasil diskusi mereka tentang
pesan yang terdapat pada dongeng Anak Gembala dan Serigala.
§
Dengan mengamati sifat-sifat teman yang ada di kelas,
siswa menuliskan 4 sifat yang menjadi ciri khas 3 orang teman sekelas.
§
Siswa kemudian memerankan sifat-sifat yang ada pada salah
satu teman yang ditulisnya.
§
Guru mengamati siswa dalam memerankan salah satu
temannya.
§
Setelah kegiatan bermain peran, siswa akan melakuan
kegiatan olahraga. Sebelum berolahraga, siswa mengganti pakaian seragam
sekolah dengan pakaian olahraga. Mandiri
§
Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas
olahraga. Kegiatan pemanansan dapat dilakukan dengan kegiatan berlari atau melakukan
peregangan.
§
Setelah melakukan pemanasan, siswa dan guru mendiskusikan
tentang gerakan melompat. Guru menjelaskan bahwa mereka akan melakukan gerakan
melompat dengan menggunakan tali (skipping). Collaboration
§
Guru memberi contoh gerakan melompat dengan menggunakan
tali (skipping).
§
Guru dan siswa berlatih melompat tanpa menggunakan tali
terlebih dahulu namun tangan tetap diputar seolah-olah sedang memutar tali.
Collaboration
§
Siswa melakukan gerakan melompat dengan tali, guru
mengamati gerakan-gerakan siswa.
§
Setelah semua siswa mendapat giliran, guru memimpin siswa
untuk melakukan gerakan pendinginan.
§
Kegiatan berolahraga selesai, siswa kembali ke kelas.
Siswa mengganti pakaian olahraganya dengan pakaian seragam sekolah.
Mandiri
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
§
Guru dan siswa melakukan kegiatan
refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan salah
satu pertanyaan berikut ini:
a.
Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.
Bagaimana perasaanmu saat bermain peran/memeragakan sifat teman/melakukan gerakan memutar kombinasi
lengan dan meliukkan badan pada permainan lompat tali?
c.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada
kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru
menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa
memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§
Menyanyikan
lagu daerah “Anak Kambing Saya”. Nasionalis
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Buku Siswa Tema : Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
§ Teks dongeng
§ Tali
Mengetahui
Kepala Sekolah
.............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
..............................................
|
Comments