RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURTILAS KELAS 3 PEMBELAJARAN 3 TEMA 2 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 2                            :     Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 2                   :     Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                :     3
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA

NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
3.8.1 Menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8.1 Menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng

Matematika

NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada perkalian
2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1.1 Menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari

3.3.1 Mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari
2
4.3 Memeragakan dinamika gerak tari
4.3.1 Memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat.
2.    Dengan mengamati contoh, siswa dapat memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari.
3.    Dengan menyimak teks dongeng yang dibacakan, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri secara lisan.
4.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar.
5.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada perkalian.
6.    Dengan mengamati sifat pertukaran pada perkalian, siswa dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat..

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
§   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”. Nasionalis
§   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
§   Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation
§   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication
§   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
10 menit
Inti
§  Siswa dan guru mendiskusikan tentang hewan yang biasa dipelihara oleh manusia. Salah satuya adalah kucing. Menurut penelitian ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika memelihara kucing. Di antaranya sebagai teman bermain, dapat menghilangkan stres, dapat mencegah penyakit jantung, dan untuk menghalau tikus. Critical Thinking and Problem Solving
§  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok bersama-sama menirukan gerakan-gerakan kucing.
a.    Gerakan kucing mencakar-cakar.
b.    Gerakan kucing menangkap tikus.
c.    Menggabungkan gerakan mencakar-cakar dan menangkap tikus.
§  Tiap-tiap kelompok menampilkan gerakan-gerakan tersebut dengan gerakan cepat di depan kelas.
§  Guru mengamati siswa saat melakukan menampilkan gerakan-gerakan tersebut.
§  Siswa membaca dongeng di dalam hati.
§  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap siswa secara bergiliran menceritakan kembali dongeng “Kisah Petani dan Anak Harimau” di depan teman-teman satu kelompok. Integritas
§  Guru mengamati kegiatan bercerita dengan berkeliling kelas.
§  Siswa menuliskan pesan yang terdapat pada dongeng Kisah “Petani dan Anak Harimau.”
§  Siswa menyimak review tentang sifat pertukaran pada perkalian yang dilakukan guru.
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal-hal yang kurang dimengerti.
§  Siswa mengerjakan latihan yang menerapkan sifat pertukaran pada perkalian. Mandiri
§  Setelah semua siswa menyelesaikan soal-soal latihan, guru dan siswa membahas jawaban tiap-tiap soal.
§  Siswa diminta memeriksa jawaban masing-masing dan diminta jujur jika ada jawaban yang benar atau salah.
§  Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru. Siswa juga merapikan peralatan yang digunakan untuk disimpan di tempatnya. Mandiri

35 Menit X  30 JP
Penutup
§   Jika semua siswa telah selesai, guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:
a.    Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.    Bagaimana perasaanmu saat kegiatan melakukan gerakan menirukan gerakan-gerakan kucing/menceritakan kembali isi dongeng/menyelesaikan soal-soal perkalian yang memiliki sifat pertukaran?
c.    Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.    Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban
pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
§   Menyanyikan lagu daerah “Jali-Jali” Nasionalis
§   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Siswa Tema : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Teks dongeng
§  Keyboard (Jika ada) / midi (musik tanpa lagu) Tomat
§  Kertas
§  Selotip













Mengetahui
Kepala Sekolah




................................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




...............................................














Comments