RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
|
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung
menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala,
tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan
disiplin.
|
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
|
4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan
mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum
melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
3.2.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan
Gerak keseharian dan alam dalam tari
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
4.2.1 Mempraktikkan
gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
dengan semangat
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar berbagai jenis
biji-bijian, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya
imajinatif tiga dimensi dengan benar.
2. Dengan menggunakan bahan alami, siswa dapat
membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan baik.
3. Dengan membuat karya imajinatif tiga dimensi,
siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan
bahan alami dengan tepat.
4. Dengan memperhatikan yang disampaikan guru,
siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta
tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan
baik.
5. Dengan mendengarkan teks percakapan, siswa
dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk
hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menentukan
konversi mengubah satuan panjang dengan tepat.
7. Dengan membandingkan dua satuan ukuran, siswa
dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan dengan
tepat.
Media dan Alat
Pembelajaran
• Gambar biji-bijian untuk menghias vas bunga.
• Gambar vas bunga yang di hias dengan berbagai hiasan.
Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Ayo
Mengamati
• • Siswa mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian
(mengamati).
• Siswa mengajukan pertanyaan terhadap gambar yang diamati
(menanya).
• Siswa lain menjawab pertanyaan yang diajukan temannya
(menanya).
• Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang
telah
diamati (menanya).
Ayo Menulis
• Siswa kembali mengamati gambar (mengamati).
• Siswa menulis jenis biji-bijian sesuai dengan gambar yang diamati
(mencoba).
Ayo Mencoba
• Siswa bertanya jawab tentang bahan yang dibutuhkan untuk membuat
hiasan vas bunga (menanya).
• Siswa bertanya jawab tentang alat yang dibutuhkan untuk membuat
hiasan vas bunga (menanya).
• Siswa menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat
hiasan vas bunga (mencoba).
• Siswa mengamati pola hiasan yang diinginkan (mengamati).
• Siswa memilih pola yang menarik menurut seleranya (mencoba).
• Siswa membuat hiasan vas bunga sesuai dengan pola yang telah
dipilih
(mencoba).
Ayo Menulis
• Siswa mengamati karya hiasan vas bunga yang
dibuatnya (mengamati).
• Siswa menulis ciri-ciri karya hiasan vas
bunga yang dibuatnya (menalar).
Ayo Berlatih
• Siswa bertanya jawab tentang ciri-ciri
karya hiasan vas bunga yang
dibuatnya (menanya).
• Siswa mendengarkan guru membacakan teks
percakapan Beni tentang
membuat hiasan vas bunga (mengamati).
• Siswa membuat pertanyaan tentang teks
percakapan yang didengarnya
(menanya).
• Siswa menukarkan pertanyaan yang telah
dibuat kepada temannya
(menanya).
• Siswa saling menjawab pertanyaan teman
(menalar).
• Siswa membacakan pertanyaan yang dibuat
(mengomunikasikan).
• Siswa menanggapi pertanyaan yang dibuat
(mengomunikasikan).
• Siswa mempraktikkan cara meminta tolong
yang benar (mencoba).
Ayo Menulis
• Siswa membaca pertanyaan yang sudah
disediakan (mencoba).
• Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks
percakapan yang
didengarnya (menalar).
Ayo Mengamati
• Siswa bertanya jawab tentang pengukuran
benda (menanya).
• Siswa mengamati gambar beberapa benda
(mengamati).
• Siswa mengukur benda sesuai dengan gambar
yang diamati (mencoba).
• Siswa menulis hasil pengukurannya
(mencoba).
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas
pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
a. Mempraktikkan ungkapan santun dengan
menggunakan kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan
kata
dalam santun
berbahasa.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
|
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
|
2
|
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
|
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
b. Memilih alat ukur yang sesuai untuk
mengukur panjang benda yang diukur.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Memilih alat
ukur yang
sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
semua alat ukur
yang sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
sebagian besar
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
Mampu memilih
sebagian kecil alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
|
Belum mampu
memilih semua
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
2
|
Mengukur
panjang benda.
|
Mampu mengukur
panjang benda
yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Mampu
mengukur
sebagian besar
benda yang
sesuai dengan
ukuran yang
sebenarnya.
|
Mampu mengukur
sebagian kecil
benda yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Belum mampu
Belum mampu
mengukur
panjang benda.
|
c. Memainkan pola irama
sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penguasaan
Lagu.
|
Hafal seluruh syair
lagu dan irama
dengan tepat.
|
Hafal sebagian
besar syair
lagu dan irama
kurang tepat
dan sebaliknya.
|
Hafal sebagian
kecil syair lagu.
|
Belum mampu
menghafal syair
lagu.
|
2
|
Kepercayaan Diri.
|
Tidak terlihat
ragu-ragu.
|
Terlihat raguragu.
|
Memerlukan
bantuan guru.
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan diri.
|
3
|
Pola irama sesuai
dengan lagu yang
diiringi.
|
Semua pola
irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian besar
pola irama
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Sebagian kecil
pola irama sesuai
dengan lagu yang
mengiringi.
|
Belum mampu
memainkan
pola irama yang
sesuai dengan
lagu yang
mengiringi.
|
Mengetahui
Kepala SD
................................................
|
.....................................
Guru Kelas 2
..............................................
|
Comments