RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran :
Tema : Komunikasi
Kelas : III (Tiga)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi waktu : 1 X pertemuan (1X35 menit)
I. STANDAR KOMPETENSI
PKn
• Memiliki harga diri sebagai individu
Matematika
Bilangan
• Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
IPA
Energi dan Perubahannya
• Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan
sumber
energi
II. KOMPETENSI DASAR
PKn
• Mengenal pentingnya memiliki
harga diri
Matematika
• Mengenal pecahan sederhana
IPA
• Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh
bentuk dan ukuran
III.
Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM
diharapkan siswa dapat :
PKn
· mengidentifikasi harga diri
· menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk
lain
Matematika
· menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
· membilang pecahan dengan kata-kata
IPA
· mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
· mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
· membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari
IV.
Materi Ajar
PKn
§ Harga
diri
Matematika
§ Pecahan
IPA
§ Energi
§ Gerak benda
V. Ringkasan
Materi
PKn
• Harga diri merupakan kesadaran seberapa besar nilai
yang diharapkan diberikan orang lain terhadap dirinya.
• Setiap manusia
sebagai makhluk tuhan memiliki akal dan budi untuk berfikir dan bertindak.
Matematika
|
|
|
Daerah yang diberi
warna adalah 1 bagian dari 3. Oleh karena itu, daerah tersebut menunjukkan pecahan
Pecahan
dibaca satu pertiga atau sepertiga


IPA
• Gerak benda bermacam-macam,
antara lain menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, dan berputar. Kecepatan
gerak benda dipengaruhi oleh ukuran, bentuk, berat, dan kekasaran permukaan
bidang yang dilalui benda.
• ukuran, berat, bahan baku benda
memengaruhi gerak benda, luas permukaan benda, dan bentuk permukaan bidang yang
dilaluinya.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
SAL ( CBSA ), ceramah, diskusi, praktek, tanya
jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·
Memastikan
bahwa setiap siswa datang tepat waktu
· Menegur
siswa yang terlambat dengan sopan
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
·
Mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan
kewirausahaan
Pendidikan Budaya dan
Karakter Bangsa yang ditanamkan:
Cinta tanah air
Bersahabat
Komunikatif
Senang membaca
Peduli sosial
Peduli lingkungan
Jujur
Toleran
Kreatif
Rasa ingin tahu Percaya
|
Kebahagiaan
Respek Bertanggungjawab
Saling berbagi
Religius
Demokratis
Semangat Kebangsaan
Menghargai Prestasi
Cinta Damai
Berani *
Kritis
|
Terbuka *
Humor *Kemanusiaan*
Teliti
Tekun
Kreatif
Kasih sayang
Rukun(persatuan) Tahu diri
Penghargaan
Kerendahan hati
|
kesehatan
Nilai intelektual Empati
Hati-hati
Nilai susila
Estetika
Tanggap
Kerjasama
Pantang menyerah
Komitmen
Realistis
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif yang ditanamkan :
Mandiri
Kreatif
Berani mengambil risiko
Berorientasi pada tindakan
Kepemimpinan
|
Kerja keras
Jujur
Disiplin
Inovatif
|
Tanggung jawab Kerjasama
Pantang menyerah
Komitmen
|
Realistis
Rasa Ingin tahu
Komunikatif
Motivasi
kuat untuk sukses
|
2.
Kegiatan Inti
(1 X 30 menit) IPA, PKn, Matematika
IPA
Eksplorasi
·
Guru
bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak benda
Elaborasi
·
Siswa
mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
Konfirmasi
·
Siswa
mencatat hasil percobaan
PKn
Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
Elaborasi
·
Guru
menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
Konfirmasi
·
Siswa
mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
Eksplorasi
·
Guru
menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
Elaborasi
·
Guru
melukiskan lambang pecahannya
Konfirmasi
·
Siswa
membilang dengan kata-kata
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
Elaborasi
·
Guru
menjelakan pekerjaan yang dikelola oleh swasta dan pemerintah
Konfirmasi
·
Siswa
menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola oleh swasta
E. Alat
Dan Sumber Bahan
· Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3 SD , Penerbit
Grafindo Media Pratama
· Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 3 Penerbit
Erlangga
· Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 3 Penerbit Erlangga
· Buku IPA SD Kelas 3 Penerbit Erlangga
· Buku Pengetahuan Sosial SD kelas 3 Penerbit Erlangga
·
Ensiklopedia
·
Kamus Bahasa Indonesia
·
Pedoman EYD
·
Koran dan Majalah
·
Bangun datar
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
PKn
·
Mengidentifikasi
harga diri
· Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk
lain
Matematika
· Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
· Membilang pecahan dengan kata-kata
IPA
· Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
·
hal-hal
yang mempengaruhi gerak benda
· Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan
sehari-
|
·
Tertulis
·
Perbuatan
·
Sikap
|
•Keberanian menjawab/
menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil
· Ketepatan jawaban.
· Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·
Keseriusan
dalam melaksanakan perintah
·
Pengamatan
|
PKn
·
Apa
yang dimaksud dengan harga diri ?
· Apa kelebihan
manusia dari makhluk lain ?
Matematika
· 1/3 dibaca......
· Satu
pertiga ditulis dengan
lambang.....
· 1/3.....
IPA
· Dengan cara bagaimana kincir angin bergerak ?
·
Hal-hal
apa sajaa yang mempengaruhi gerak benda?
· Buatlah daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan
sehari-har
|
Rubrik
Penilaian Diskusi
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
1
|
Kelengkapan isi laporan
|
Menulis laporan
secara lengkap
|
5
|
Mencantumkan laporan sebagian besar (75%) lengkap
|
4
|
||
Mencantumkan laporan agak lengkap, separuh atau lebih
(50% - 70%)
|
3
|
||
Mencantumkan sedikit informasi, kurang dari separuh
|
2
|
||
Tidak mencantumkan hal penting dalam laporan (yang
seharusnya di laporkan )
|
1
|
||
Tidak membuat laporan
|
0
|
||
2
|
Keruntutan laporan
|
Di tulis urut dan mudah di pahami
|
3
|
Agak urut namun masih ada beberapa yang sulit di pahami
|
2
|
||
Belum urut dan sulit di pahami
|
1
|
||
Tidak membuat
laporan
|
0
|
||
3
|
Penampilan
|
Rapi dan Bersih
|
2
|
Kurang rapi / kurang bersih
|
1
|
||
Tidak rapi dan kotor
|
0
|
||
Skor maksimal
|
10
|
Lembar
Penilaian Peserta Diskusi
NO
|
SIKAP/ASPEK YANG DI NILAI
|
NAMA KELOMPOK/PESERTA
DIDIK
|
NILAI
KUALITATIF
|
NILAI
KUANTITATIF
|
Penilaian Kelompok
|
||||
1
|
Menyelesaikan tugas
kelompok dengan baik
|
|
|
|
2
|
Kerja sama kelompok
|
|
|
|
3
|
Hasil tugas
|
|
|
|
Jumlah nilai kelompok
|
|
|
Penilaian individu
peserta didik
|
|||||||||||||
NO
|
Nama Siswa
|
Kesediaan
Bekerja Sama
|
Berani
Mengemukakan Pendapat
|
Berani
Menjawab Pertanyaan
|
Kesediaaan dikritik
|
Inisiatif
|
Ketelitian
|
Perhatian
|
Ketekunan
|
Bekerja
Sistimatis
|
Tanggaung
Jawab
|
Komitmen
Tugas
|
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah nilai individu
|
|
Kolom
perilaku di isi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut
1
= Sangat Kurang
2
= Kurang
3
= Sedang
4
= Baik
5
= Amat Baik
Nilai
merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
Keterangan
diisi dengan kriteria sebagai berikut :
Nilai
45-55 Berarti amat baik
Nilai
34-44 Berarti baik
Nilai
23-33 Berati sedang
Nilai
12-22 Berati kurang
Nilai
1-11 Berarti sangat kurang
Lembar observasi
bentuk skala penilaian (rating scale)
kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
No
|
Nama siswa
|
Hal
yang dinilai
|
Jumlah skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
hal yang dinilai:
1. Sikap
siswa dalam menerima pendapat orang lain yang diekspresikan dengan pernyataan
mau menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat
2. Sikap
siswa dalam menerima kritikan. yang diekspresikan dengan pernyataan mau
menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan
3. Kesopanan dalam memberikan kritikan kepada
siswa lain yang diekspresikan dengan cara meminta kesempatan dan rela jika
pendapatnya tidak diterima
4. Kerelaan membantu teman yang lain yang
mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat yang diekspresikan dengan
mendorong atau memberikan kesempatan
teman untuk berpendapat
5. Kesabaran
untuk mendengarkan usul teman yang diekspresikan dengan tidak memotong teman
yang sedang berbicara/menyampaikan pendapat
Keterangan:
Aspek
1:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima
pendapat teman, meskipun pendapat
tersebut benar
2 = jika mau menerima pendapat teman,
meskipun dengan berat
hati atau
menunjukkan sikap
tidak senang atau lebih banyak mempertahankan
pendapatnya
3 = jika mau mendengarkan pendapat
teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang
lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
4 = jika rela menyatakan atau mau menerima
atau mengharap orang lain
memberikan pendapat
Aspek 2:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima
kritikan teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar
2 = mau menerima kritikan teman tetapi
menunjukan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
3 = jika mau menerima kritikan
teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang
lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
4 = jika rela mau menerima atau mengharap
orang lain memberikan masukan
Aspek 3
1 = jika tidak
pernah/tidak mau mendengarkan
pembicaraan orang lain
2 = jika mau memberikan kritikan dengan
kalimat yang sedikit masih berkesan menyalahkan
3 =jika mau mendengarkan pendapat
orang lain, dengan meminta agar yang
disampaikan harus jelas fokusnya
4 = jika mau meminta kesempatan berpendapat dan rela jika
pendapatnya tidak diterima
Aspek 4:
1 = jika dirinya
pun tidak pernah
memberi pendapat
2 = jika mau memberikan
bantuan/kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi setelah diingatkan teman
lain/guru
3 = jika mau
membantu/memberi kesempatan kepada
teman untuk menyampaikan
pendapat tetapi dengan kalimat yang
bernada menyalahkan
4 = jika rela membantu, mendorong
atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
Aspek 5:
1 = jika selalu berupaya
memotong pembicaraan teman
2 = jika sesekali masih
berupaya memotong pembicaraan teman
3 = jika mau
mendengarkan pembicaraan (informasi,
pertanyaan, argumentasi), meskipun kurang serius dalam mendengarkan
4 = jika mau mendengarkan
pembicaraan (informasi,
pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara
Lembar penilaian antar teman
(peer assessment)
terhadap kemampuan
berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
No
|
Nama siswa
|
Hal
yang dinilai
|
Jumlah skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
hal yang dinilai:
1.
Sikap siswa dalam menerima
pendapat orang lain yang diekspresikan dengan pernyataan mau menerima atau mengharap
orang lain memberikan pendapat
2.
Sikap siswa dalam menerima
kritikan. yang diekspresikan dengan pernyataan mau menerima atau mengharap
orang lain memberikan masukan
3.
Kesopanan dalam memberikan
kritikan kepada siswa lain yang diekspresikan dengan cara meminta kesempatan
dan rela jika pendapatnya tidak diterima
4.
Kerelaan membantu teman yang
lain yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat yang diekspresikan
dengan mendorong atau memberikan
kesempatan teman . untuk berpendapat
5.
Kesabaran untuk mendengarkan
usul teman yang diekspresikan dengan tidak memotong teman yang sedang
berbicara/menyampaikan pendapat
Cara menilai:
1. Setiap
hal yang dinilai diberi nilai berupa angka 2 bila kamu rasa baik. Angka 1 bila
kamu rasa cukup, dan angka 0 jika kamu rasa jelek
2. Berilah
nilai pada dirimu sendiri, sehingga cantumkan namamu pada nomor pertama, baru
kemudian berilah nilai kepada temanmu
3. Jumlahlah
seluruh nilai yang telah kamu berikan untuk masing-masing orang.
Penilaian
Sikap Personal :
No
|
Nama Siswa
|
Ketekunan
|
Kesediaan
Bekerja sama
|
Keaktifan
|
Bekerja
Sistematis
|
Inisiatif
|
Kesediaan
di kritik
|
Tanggung
Jawab
|
Komitmen
Tugas (Hasil Tugas)
|
Ketelitian
|
Minat
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Memuaskan
|
4
|
Baik
|
3
|
Cukup
|
2
|
Kurang
|
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Unjuk
Kerja (Performance)
|
Penugasan
(Project)
|
Hasil
Kerja (Product)
|
Tertulis
(Paper & Pencil)
|
Lisan
( Verbal )
|
Portofolio
(Portfolio)
|
Penilaian
antarteman ( Peer )
|
Sikap (Affectif)
|
Observasi
( Observation )
|
Diri
(Self Assesstment)
|
Jurnal
( Journal )
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian
Untuk Siswa yang
nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah
melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN
Sukahurip, 20 April 2016
Disetujui, Guru Kelas III
Kepala Sekolah
H.
NAHRAWI ADIWIKARTA, S.Pd ASEP SAEPUDIN, A.Ma
Comments