RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 2 : Merawat Hewan di Sekitarku
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta
mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
|
3.7.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan
hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda
tanya pada kalimat tanya
|
4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
|
4.71Membaca Kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Mengenal gerak keseharian dan
alam dalam tari.
|
3.3.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan
Gerak keseharian dan alam dalam tari
|
4.3
Meragakan gerak keseharian
dan alam dalam tari...
|
4.3.1 Mempraktikkan
gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
dengan semangat
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala
dengan benar.
2. Dengan
mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan
dengan benar.
3. Dengan
mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki
dengan benar.
4. Dengan
mengidentifikasi arah gerak kepala, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian kepala menggunakan hitungan dengan tepat.
5. Dengan
mengidentifikasi arah gerak tangan, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian tangan menggunakan hitungan dengan tepat.
6. Dengan
mengidentifikasi arah gerak kaki, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian kaki menggunakan hitungan dengan tepat.
7. Dengan
membaca teks dalam tulisan tegak bersambung, siswa dapat menemukan
penggunaan huruf kapital dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
8. Dengan
membaca teks dalam tulisan tegak bersambung, siswa dapat menyunting
teks tulisan tegak bersambung dengan benar.
9. Dengan
berdiskusi tentang teks berat benda, siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda.
10. Dengan
berdiskusi tentang teks berat benda, siswa dapat membaca ukuran berat
benda.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
• gambar ayam mematuk makanan, mengepakkan sayap,
dan mengentakkan kaki
• teks tentang ayam
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pengantar
Subtema
•
Siswa diajak mengamati
gambar tentang merawat hewan peliharaan. Tampak pada gambar di buku teks,
kandang-kandang ayam Lani dibersihkan oleh para petugas dan Lani sedang membersihkan
kandang kelinci bersama ayahnya.
•
Siswa di dalam kelas
bertanya jawab tentang hewan peliharaan di rumah dan cara merawatnya.
•
Ayo Mengamati
•
Siswa diajak untuk
mengingat kembali pengalaman mereka ketika melihat ayam.
•
Siswa diajak untuk
mengamati gerakan ayam ketika makan, gerakan ayam ketika mematuk makanan,
gerakan ayam ketika menggerakkan sayap dan kakinya.
•
Siswa menirukan
gerakan-gerakan tersebut dengan arahan dan bimbingan guru. Setelah melakukan
gerakan-gerakan tersebut, guru mengarahkan agar gerakan-gerakan tersebut
nanti membentuk sebuah tarian.
•
Siswa melakukan gerakan
sesuai ketukan yang dibunyikan oleh guru.
Ayo Berkreasi
•
Siswa menirukan gerakan
kepala ayam ketika makan.
•
Siswa menirukan gerakan
ayam mengentakkan kaki.
•
Siswa menirukan gerakan
ayam mengepakkan sayap.
•
Guru memotivasi siswa
untuk mengeksplorasi gerakan-gerakan yang bias ditirukan dalam berbagai kondisi
ayam. Misalnya, gerakan ayam yang sayapnya terluka atau gerakan ayam yang
kakinya terluka.
Ayo Membaca
•
Siswa bersama guru
membaca dan mencermati teks bacaan yang
•
berjudul Ayam.
•
Siswa mencermati
informasi penting yang disajikan dalam bacaan.
•
Siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan terkait dengan bacaan yang dibacanya.
Ayo Mengamati
•
Siswa memperhatikan
kembali kalimat-kalimat pada teks bacaan.
•
Siswa melingkari huruf
pada awal kalimat dan memperhatikan penulisan huruf pada awal kalimat.
•
Guru berkeliling kelas
untuk mencermati hasil kegiatan siswa melingkari huruf-huruf besar pada teks.
•
Siswa mengamati huruf
awal kalimat yang dilingkari.
•
Guru memancing
pertanyaan sehingga siswa dapat menyimpulkan bahwa huruf awal kalimat yang
digunakan adalah huruf kapital. Contoh pertanyaan:
•
Apakah kamu bisa
membedakan huruf di awal kalimat dengan huruf lain yang ada pada kalimat
tersebut?
Ayo Berdiskusi
•
Siswa mencermati gambar
sekeranjang telur yang tertulis 1 kg
•
Siswa mencermati gambar
daging yang dikemas dan ditimbang, tertulis 2 kg.
•
Siswa menyebutkan berat
benda yang tertera pada gambar.
•
Berdasarkan hasil
pengamatannya dan penjelasan dari guru, siswa menentukan alat timbangan yang
cocok untuk benda-benda yang disediakan.
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu:
meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Menulis dengan Menggunakan Huruf
Tegak Bersambung,
dengan Memperhatikan Penggunaan Huruf Kapital.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan
kata
dan
kalimat
dengan
huruf tegak
bersambung
sesuai
teks..
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
|
2
|
Ketepatan
menuliskan
huruf
kapital pada kalimat
dalam sebuah
teks
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..
|
SBDP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek
Bunyi pada Lagu.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
||||
1
|
Pengetahuan:
Mengidentifikasi
panjang
pendek
bunyi
pada lagu.
|
Semua bagian
lagu ditandai
dengan benar..
|
Setengah atau
lebih bagian
lagu ditandai
dengan benar.
|
Kurang dari
setengah
bagian lagu
ditandai
dengan benar.
|
Semua bagian
lagu yang
ditandai belum
benar.
|
||||
2
|
Keterampilan:
Ketepatan
menampilkan
panjang
pendek
bunyi pada
lagu
|
Semua nada
dinyanyikan
dengan
memperhatikan
panjang pendek
lagu, tanpa
bantuan guru..
|
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
tetapi
dilakukan
tanpa bantuan
guru..
|
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
dengan
bantuan guru..
|
Semua nada
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya.
|
||||
Matematika
Menimbang benda-benda dengan alat timbang.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Ketepatan
membaca
berat
benda
pada
alat
timbangan
sesuai
berat
benda
|
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
|
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
|
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.
|
Mengetahui
Kepala SD Negeri
.................................................
|
................................................
Guru Kelas 2
.................................................
|
Comments