RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 TEMA 6 SUBTEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  6                        :  Merawat Hewan dan  Tumbuhan
Subtema 2                    :  Merawat Hewan di Sekitarku
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
          3.7.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita  dengan memperhatikan penggunaan  huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
            4.71Membaca Kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
         3.6.1.Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengenal gerak keseharian dan
       alam dalam tari.

     3.3.1Melakukan  Karya  imajinatif dua dan tiga dimensi  Dan Gerak keseharian dan alam dalam  tari
4.3 Meragakan gerak keseharian
      dan alam dalam tari...
4.3.1   Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
2. Dengan mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
3. Dengan mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
4. Dengan mengidentifikasi arah gerak kepala, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian kepala menggunakan hitungan dengan tepat.
5. Dengan mengidentifikasi arah gerak tangan, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian tangan menggunakan hitungan dengan tepat.
6. Dengan mengidentifikasi arah gerak kaki, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian kaki menggunakan hitungan dengan tepat.
7. Dengan membaca teks dalam tulisan tegak bersambung, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
8. Dengan membaca teks dalam tulisan tegak bersambung, siswa dapat menyunting teks tulisan tegak bersambung dengan benar.
9. Dengan berdiskusi tentang teks berat benda, siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda.
10. Dengan berdiskusi tentang teks berat benda, siswa dapat membaca ukuran berat benda.

MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
• gambar ayam mematuk makanan, mengepakkan sayap, dan mengentakkan kaki
• teks tentang ayam
D.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

E.  MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
F.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pengantar Subtema
         Siswa diajak mengamati gambar tentang merawat hewan peliharaan. Tampak pada gambar di buku teks, kandang-kandang ayam Lani dibersihkan oleh para petugas dan Lani sedang membersihkan kandang kelinci bersama ayahnya.
         Siswa di dalam kelas bertanya jawab tentang hewan peliharaan di rumah dan cara merawatnya.
         Guru juga dapat mengajak siswa untuk mengamati hewan-hewan peliharaan di sekolah apabila di sekolah terdapat hewan peliharaan.

Ayo Mengamati
         Siswa diajak untuk mengingat kembali pengalaman mereka ketika melihat ayam.
         Siswa diajak untuk mengamati gerakan ayam ketika makan, gerakan ayam ketika mematuk makanan, gerakan ayam ketika menggerakkan sayap dan kakinya.
         Siswa menirukan gerakan-gerakan tersebut dengan arahan dan bimbingan guru. Setelah melakukan gerakan-gerakan tersebut, guru mengarahkan agar gerakan-gerakan tersebut nanti membentuk sebuah tarian.
         Siswa melakukan gerakan sesuai ketukan yang dibunyikan oleh guru.
Ayo Berkreasi
         Siswa menirukan gerakan kepala ayam ketika makan.
         Siswa menirukan gerakan ayam mengentakkan kaki.
         Siswa menirukan gerakan ayam mengepakkan sayap.
         Guru memotivasi siswa untuk mengeksplorasi gerakan-gerakan yang bias ditirukan dalam berbagai kondisi ayam. Misalnya, gerakan ayam yang sayapnya terluka atau gerakan ayam yang kakinya terluka.
Ayo Membaca
         Siswa bersama guru membaca dan mencermati teks bacaan yang
         berjudul Ayam.
         Siswa mencermati informasi penting yang disajikan dalam bacaan.
         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan terkait dengan bacaan yang dibacanya.
Ayo Mengamati
         Siswa memperhatikan kembali kalimat-kalimat pada teks bacaan.
         Siswa melingkari huruf pada awal kalimat dan memperhatikan penulisan huruf pada awal kalimat.
         Guru berkeliling kelas untuk mencermati hasil kegiatan siswa melingkari huruf-huruf besar pada teks.
         Siswa mengamati huruf awal kalimat yang dilingkari.
         Guru memancing pertanyaan sehingga siswa dapat menyimpulkan bahwa huruf awal kalimat yang digunakan adalah huruf kapital. Contoh pertanyaan:
         Apakah kamu bisa membedakan huruf di awal kalimat dengan huruf lain yang ada pada kalimat tersebut?
Ayo Berdiskusi
         Siswa mencermati gambar sekeranjang telur yang tertulis 1 kg
         Siswa mencermati gambar daging yang dikemas dan ditimbang, tertulis 2 kg.
         Siswa menyebutkan berat benda yang tertera pada gambar.
         Berdasarkan hasil pengamatannya dan penjelasan dari guru, siswa menentukan alat timbangan yang cocok untuk benda-benda yang disediakan.
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

G. PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.   Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Menulis dengan Menggunakan Huruf Tegak Bersambung,
dengan Memperhatikan Penggunaan Huruf Kapital.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan kata
dan kalimat
dengan huruf tegak
bersambung sesuai
teks..
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
2
Ketepatan
menuliskan huruf
kapital pada kalimat
dalam sebuah teks
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..









SBDP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu.

No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Pengetahuan:
Mengidentifikasi
panjang pendek
bunyi pada lagu.
Semua bagian
lagu ditandai
dengan benar..
Setengah atau
lebih bagian
lagu ditandai
dengan benar.
Kurang dari
setengah
bagian lagu
ditandai
dengan benar.
Semua bagian
lagu yang
ditandai belum
benar.
2
Keterampilan:
Ketepatan
menampilkan
panjang pendek
bunyi pada lagu
Semua nada
dinyanyikan
dengan
memperhatikan
panjang pendek
lagu, tanpa
bantuan guru..
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
tetapi
dilakukan
tanpa bantuan
guru..
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
dengan
bantuan guru..
Semua nada
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya.

Matematika
Menimbang benda-benda dengan alat timbang.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Ketepatan
membaca berat
benda pada
alat timbangan
sesuai berat
benda
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.

Mengetahui
Kepala SD Negeri  





.................................................
  
................................................
Guru Kelas  2





.................................................




Comments