RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester :
2 / 2 (dua )
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 3 : Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta
mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
|
3.7.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan
hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda
tanya pada kalimat tanya
|
4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
|
4.71Membaca Kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan
pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi..
|
3.1.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan
Gerak keseharian dan alam dalam tari
|
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
|
4.1.1 Mempraktikkan
gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
dengan semangat
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titik pada kalimat
berita dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
2. Dengan
membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan dan menggunakan
tanda baca dengan benar.
3. Dengan
mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapat menemukan
kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).
4. Dengan
mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapat mengubah suatu
ukuran berat benda menjadi satuan tertentu.
5. Dengan
mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri karya patung imajinatif dari bahan alami dengan benar.
6. Dengan
mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi
bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan benar.
7. Dengan
mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat membuat karya
imajinatif berdasarkan pengalaman dengan benar.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
• Teks tentang tumbuhan di sekitar
• Model karya tiga dimensi
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2,
Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
|
Kegiatan inti
|
Ayo
Mengamati
• Siswa mengamati gambar pekarangan rumah Lani.
• Siswa menyebutkan hal-hal yang ia temukan dalam gambar.
• Siswa menuliskan apa yang ia temukan
dalam gambar.
• Guru mengaitkan kegiatan tersebut
dengan judul tema dan subtema yang akan
dipelajari.
Ayo Membaca
• Siswa membaca teks bacaan yang berjudul
penting yang ia
dapatkan dari bacaan.
• Siswa mencermati
kalimat-kalimat yang
digunakan dalam
bacaan.
• Siswa mencermati
huruf kapital dan tanda
baca yang digunakan dalam setiap kalimat
pada teks.
• Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan
yang ada di Buku
Siswa berdasarkan bacaan.
Ayo Mengamati
• Siswa mengamati kembali teks bacaan.
• Siswa mengidentifikasi jumlah kalimat yang digunakan dalam
bacaan.
• Siswa mengidentifikasi tanda baca yang digunakan dalam
kalimat.
• Siswa menuliskan
kembali kalimat-kalimat dalam bacaan dengan menggunakan huruf tegak
bersambung.
Ayo Membaca
• Siswa membaca teks
pada Buku Siswa yangharus diperbaiki.
• Siswa menandai
kesalahan ejaan dan tanda
baca pada teks.
Ayo Menulis
• Siswa memperbaiki teks dengan menuliskan
kembali teks tersebut menggunakan huruf
tegak bersambung dengan memperhatikan
ejaan dan penggunaan tanda baca dengan
benar.
Ayo Mengamati
• Guru menjelaskan kesetaraan 1 kg dengan 10 ons.
• Guru dapat memberikan contoh kesetaraan pengukuran berat
benda.
• Siswa mencermati pernyataan dan menyatakan pendapatnya
Ayo
Berlatih
•
Siswa melatih keterampilannya dalam mengonversi satuan berat dengan mengerjakan
latihan yang disediakan di Buku Siswa.
•
Guru memeriksa jawaban latihan siswa.
•
Pada saat ini, guru bisa memberikan umpan balik kepada siswa agar
Ayo
Berkreasi
•
Siswa mengamati model bunga dari
plastisin.
•
Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk yang ia temukan dalam model tersebut.
•
Siswa menyebutkan bahan-bahan apa
saja
yang digunakan untuk membuat karya tersebut.
•
Siswa membuat desain untuk model yang
akan
dibuat.
•
Guru berkeliling kelas untuk membimbing
dan
memberikan umpan balik terhadap
produk
yang dihasilkan siswa.
|
180 menit
|
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta
orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan
sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Menulis dengan Menggunakan Huruf
Tegak Bersambung,
dengan Memperhatikan Penggunaan Huruf Kapital.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan
kata
dan
kalimat
dengan
huruf tegak
bersambung
sesuai
teks..
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
|
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
|
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
|
2
|
Ketepatan
menuliskan
huruf
kapital pada
kalimat
dalam sebuah
teks
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
|
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..
|
SBDP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek
Bunyi pada Lagu.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
||||
1
|
Pengetahuan:
Mengidentifikasi
panjang
pendek
bunyi
pada lagu.
|
Semua bagian
lagu ditandai
dengan benar..
|
Setengah atau
lebih bagian
lagu ditandai
dengan benar.
|
Kurang dari
setengah
bagian lagu
ditandai
dengan benar.
|
Semua bagian
lagu yang
ditandai belum
benar.
|
||||
2
|
Keterampilan:
Ketepatan
menampilkan
panjang
pendek
bunyi pada
lagu
|
Semua nada
dinyanyikan
dengan
memperhatikan
panjang pendek
lagu, tanpa
bantuan guru..
|
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
tetapi
dilakukan
tanpa bantuan
guru..
|
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
dengan
bantuan guru..
|
Semua nada
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya.
|
||||
Matematika
Menimbang benda-benda dengan alat timbang.
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Ketepatan
membaca
berat
benda
pada
alat
timbangan
sesuai
berat
benda
|
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
|
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
|
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
|
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.
|
Mengetahui
Kepala SD Negeri
................................................
|
|
.................................................
Guru Kelas 2
................................................
|
Comments