RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 TEMA 6 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  6                        :  Merawat Hewan dan  Tumbuhan
Subtema 3                    :  Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
          3.7.1. Tulisan tegak bersambung dalam cerita  dengan memperhatikan penggunaan  huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
            4.71Membaca Kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
         3.6.1.Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi..

     3.1.1Melakukan  Karya  imajinatif dua dan tiga dimensi  Dan Gerak keseharian dan alam dalam  tari
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.1   Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titik pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan dan menggunakan tanda baca dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapat menemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).
4. Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapat mengubah suatu ukuran berat benda menjadi satuan tertentu.
5. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dari bahan alami dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat membuat karya imajinatif berdasarkan pengalaman dengan benar.

MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
• Teks tentang tumbuhan di sekitar
• Model karya tiga dimensi

D.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

E.  MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
F.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
 Ayo Mengamati
• Siswa mengamati gambar pekarangan rumah Lani.
• Siswa menyebutkan hal-hal yang ia temukan dalam gambar.
• Siswa menuliskan apa yang ia temukan
dalam gambar.
• Guru mengaitkan kegiatan tersebut
dengan judul tema dan subtema yang akan
dipelajari.
Ayo Membaca
• Siswa membaca teks bacaan yang berjudul
“ Olahraga Pagi”.
 Siswa memperhatikan informasi-informasi
    penting yang ia dapatkan dari bacaan.
 Siswa mencermati kalimat-kalimat yang
    digunakan dalam bacaan.
  Siswa mencermati huruf kapital dan tanda
baca yang digunakan dalam setiap kalimat
pada teks.
  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan
   yang ada di Buku Siswa berdasarkan bacaan.
Ayo Mengamati
• Siswa mengamati kembali teks bacaan.
• Siswa mengidentifikasi jumlah kalimat yang digunakan dalam bacaan.
• Siswa mengidentifikasi tanda baca yang digunakan dalam kalimat.
  Siswa menuliskan kembali kalimat-kalimat dalam bacaan dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
Ayo Membaca
 Siswa membaca teks pada Buku Siswa yangharus diperbaiki.
 Siswa menandai kesalahan ejaan dan tanda
baca pada teks.
Ayo Menulis
• Siswa memperbaiki teks dengan menuliskan
kembali teks tersebut menggunakan huruf
tegak bersambung dengan memperhatikan
ejaan dan penggunaan tanda baca dengan
benar.
Ayo Mengamati
   Siswa memperhatikan gambar timbangan dan satuan berat yang tertera pada timbangan tersebut.
• Guru menjelaskan kesetaraan 1 kg dengan 10 ons.
• Guru dapat memberikan contoh kesetaraan pengukuran berat benda.
• Siswa mencermati pernyataan dan menyatakan pendapatnya

Contoh pernyataan:

Berat cabai yang dipetik Lani adalah 200 gram.

Berat cabai yang dipetik ibu Lani adalah 10 ons

Cabai yang dipetik Lani lebih berat daripada cabai yang dipetik ibu Lani.

 






Ayo Berlatih
• Siswa melatih keterampilannya dalam mengonversi satuan berat dengan mengerjakan latihan yang disediakan di Buku Siswa.
• Guru memeriksa jawaban latihan siswa.
• Pada saat ini, guru bisa memberikan umpan balik kepada siswa agar
siswa paham terhadap materi tersebut.
Ayo Berkreasi
• Siswa mengamati model bunga dari
plastisin.
• Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk yang ia temukan dalam model tersebut.
• Siswa menyebutkan bahan-bahan apa
saja yang digunakan untuk membuat karya tersebut.
• Siswa membuat desain untuk model yang
akan dibuat.
• Guru berkeliling kelas untuk membimbing
dan memberikan umpan balik terhadap
produk yang dihasilkan siswa.
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

G. PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.   Penilaian Pengetahuan: Tes
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk
3. Keterampilan
Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Menulis dengan Menggunakan Huruf Tegak Bersambung,
dengan Memperhatikan Penggunaan Huruf Kapital.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Keterampilan:
Ketepatan
menuliskan kata
dan kalimat
dengan huruf tegak
bersambung sesuai
teks..
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
dengan benar
sesuai teks,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, tanpa
bantuan guru.
Ada beberapa
kata, kalimat,
dan ejaan
ditulis belum
benar, dengan
bantuan guru.
Semua kata,
kalimat, dan
ejaan ditulis
belum benar,
tanpa bantuan
guru.
2
Ketepatan
menuliskan huruf
kapital pada kalimat
dalam sebuah teks
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian besar
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks
yang ditulis
sebagian kecil
benar.
Penggunaan
huruf kapital
pada teks yang
ditulis semua
belum benar..


SBDP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu.

No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Pengetahuan:
Mengidentifikasi
panjang pendek
bunyi pada lagu.
Semua bagian
lagu ditandai
dengan benar..
Setengah atau
lebih bagian
lagu ditandai
dengan benar.
Kurang dari
setengah
bagian lagu
ditandai
dengan benar.
Semua bagian
lagu yang
ditandai belum
benar.
2
Keterampilan:
Ketepatan
menampilkan
panjang pendek
bunyi pada lagu
Semua nada
dinyanyikan
dengan
memperhatikan
panjang pendek
lagu, tanpa
bantuan guru..
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
tetapi
dilakukan
tanpa bantuan
guru..
Ada beberapa
nada yang
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya,
dengan
bantuan guru..
Semua nada
dinyanyikan
belum benar
panjang
pendeknya.

Matematika
Menimbang benda-benda dengan alat timbang.
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Ketepatan
membaca berat
benda pada
alat timbangan
sesuai berat
benda
Semua berat
benda dibaca
sesuai ukuran
dengan benar,
tanpa bantuan
guru.
Ada beberapa
berat benda
yang ditimbang
masih belum
benar.
50% atau lebih
berat benda
dibaca sesuai
ukuran dengan
benar.
Semua benda
yang dibaca
ukuran beratnya
salah.

Mengetahui
Kepala SD Negeri  





................................................
   

.................................................
Guru Kelas  2





................................................




Comments