RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
(RPP Perbaikan) SIKLUS I
Nama Sekolah :
SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
V (Lima) / I (Satu)
Hari/Tanggal :
Selasa, 14 Agustus 2018
Alokasi Waktu :
2 X 35 Menit
I.
Standar Kompetensi 4.
Memahami
hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda
sebagai
hasil suatu proses
II. Kompetensi Dasar 4.1
Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya,
misalnya benang kain, dan kertas
III.
Indikator
Ø Mengidentifikasi beberapa jenis bahan
berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali timah
Ø Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan
berdasarkan strukturnya
Ø Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji
kekuatannya
Ø Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan
yang diuji misalnya berbagai jenis barang
Ø Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis
penyusun bahan dengan sifatnya dari hasil percobaan
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa
mengetahui hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya
V.
Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1.
Tujuan Perbaikan bagi Siswa
a.
Siswa dapat termotivasi dengan
adanya media benda nyata yang digunakan dalam proses pembelajaran ini.
b.
Siswa dapat lebih aktif dalam proses
pembelajaran.
c.
Siswa dapat lebih memahami
sifat-sifat dan jenis benda.
2.
Tujuan Perbaikan bagi Guru
Sebagai sarana perbaikan pembelajaran bagi guru
khususnya metode mengajar yang mana pada sebelumnya yaitu hanya menggunakan
metode ceramah menjadi pembelajaram menggunakan metode
SAVI (Somatis Auditory Visual Intelectual)
VI. Materi Ajar
Keterkaitan
antara ciri makhluk hidup dengan lingkungan teknologi dan masyarakat
VII.
Metode Pembelajaran
SAVI
(Somatis Auditory Visual Intelectual)
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Ø
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Ø
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
Ø
Memeriksa kehadiran siswa
Ø
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Ø
Memastikan
bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Ø
Menegur
siswa yang terlambat dengan sopan
Ø
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Ø
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
Ø
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
Ø
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Ø
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan
kewirausahaan
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Ø Mengajak siswa mengidentifikasi jenis bahan dan
penggunaannya kemudian mengajukan pertanyaan
Elaborasi
o Memberi kesempatan siswa menyampaikan
pengetahuannya tentang jenis, bahan dan penggunaannya
o
Menjelaskan
materi secara singkat tentang materi jenis-jenis bahan
Konfirmasi
o
Mengadakan
refleksi tentang proses hasil belajar
o
Memberikan
tugas untuk mengidentifikasi nama benda terbuat dari jenis apakah benda
tersebut dalam bentuk percobaan
3. Kegiatan Penutup
Ø Siswa dan guru bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
Ø Siswa dan guru membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
Ø Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
IX. Alat Dan Sumber Bahan
Ø Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V.
Ø Buku yang relevan
X. Penilaian
1. Prosedur
a. Tes awal : tidak dilaksanakan
b. Tes proses : dilaksanakan
c. Tes akhir : dilaksanakan
Teknis/Jenis : Tugas Individu
a. Bentuk instrument : tes tertulis
b. Alat penilaian :
soal
c. Instrument dan soal terlampir
CATATAN
:
Nilai
=(Jumlah skor : Jumlah skor maksimal) x 100
Ø Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan pengayaan
Sukatani,
14 Agustus 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Mahasiswa,
H. Nahrawi Adiwikarta, S.Pd IDRIS SALAM
` NIP. 196504061988031004
NIM. 834903984
Comments