RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP Perbaikan) SIKLUS I


RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
(RPP Perbaikan) SIKLUS I

Nama Sekolah           :  SDN SUKAHURIP 02
Mata Pelajaran          :  IPA             
Kelas/Semester          :  V (Lima)  / I (Satu)
Hari/Tanggal             :  Selasa, 14 Agustus 2018
Alokasi Waktu           :  2 X 35 Menit          


I.     Standar Kompetensi 4. 
Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda
sebagai hasil suatu proses

  II. Kompetensi Dasar 4.1
Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang kain, dan kertas

   III.          Indikator
Ø  Mengidentifikasi beberapa jenis bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali timah

Ø  Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya

Ø  Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuatannya

Ø  Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji misalnya berbagai jenis barang

Ø  Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya dari hasil percobaan

                             
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa mengetahui hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya

V.     Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1.      Tujuan Perbaikan bagi Siswa
a.       Siswa dapat termotivasi dengan adanya media benda nyata yang digunakan dalam proses pembelajaran ini.
b.      Siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran.
c.       Siswa dapat lebih memahami sifat-sifat dan jenis benda.
2.       Tujuan Perbaikan bagi Guru
Sebagai sarana perbaikan pembelajaran bagi guru khususnya metode mengajar yang mana pada sebelumnya yaitu hanya menggunakan metode ceramah menjadi pembelajaram menggunakan metode SAVI (Somatis Auditory Visual Intelectual)
VI.  Materi Ajar
Keterkaitan antara ciri makhluk hidup dengan lingkungan teknologi dan masyarakat

VII.          Metode Pembelajaran
SAVI (Somatis Auditory Visual Intelectual)

VIII.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal
Ø  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Ø  Berdoa sebelum membuka pelajaran
Ø  Memeriksa kehadiran siswa
Ø  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Ø  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Ø  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Ø  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Ø  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan

2.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Ø  Mengajak siswa mengidentifikasi jenis bahan dan penggunaannya kemudian mengajukan pertanyaan

Elaborasi
o  Memberi kesempatan siswa menyampaikan pengetahuannya tentang jenis, bahan dan penggunaannya
o Menjelaskan materi secara singkat tentang materi jenis-jenis bahan

Konfirmasi
o Mengadakan refleksi tentang proses hasil belajar
o Memberikan tugas untuk mengidentifikasi nama benda terbuat dari jenis apakah benda tersebut dalam bentuk percobaan

3.  Kegiatan Penutup
Ø  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
Ø  Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
Ø  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

IX. Alat Dan Sumber Bahan
Ø  Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V.
Ø  Buku yang relevan


X. Penilaian
1. Prosedur
a. Tes awal                          : tidak dilaksanakan
b. Tes proses                       : dilaksanakan
c. Tes akhir                         : dilaksanakan
     Teknis/Jenis                        : Tugas Individu
a.       Bentuk instrument      : tes tertulis
b.      Alat penilaian              : soal
c.       Instrument dan soal terlampir

CATATAN :
Nilai =(Jumlah skor : Jumlah skor maksimal) x 100
Ø Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan pengayaan



                                                                                                Sukatani, 14 Agustus 2018
          Mengetahui,
       Kepala Sekolah,                                                 Mahasiswa,





H. Nahrawi Adiwikarta, S.Pd                                  IDRIS SALAM
`                         NIP. 196504061988031004                                    NIM.  834903984                   




Comments