SILABUS PEMBELAJARAN TERPADU Kelas: III (Tiga) Semester : 1 (Satu)


SILABUS PEMBELAJARAN TERPADU
Kelas: III (Tiga)
Semester : 1 (Satu)
Tema: Peristiwa Alam
NO
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar dan Indikator
Materi Pokok
Strategi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
1.
















Bahasa Indonesia
·          Menemukan peristiwa alam
·          Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, dan didengar
·          Menjelaskan peristiwa alam yang terjadi di sekitar
·          Menjelaskan isi gambar seri tentang peristiwa alam yang terjadi di sekitar
·          Peristiwa alam yang sering terjadi di sekitar
·          Tanya jawab dan diskusi tentang peristiwa yang pernah dialami, dilihat, dan didengar
·          Menyanyikan lagu”pemandangan”
·          Mencari berita dari media massa dan medi cetak ten tang berbagai peristiwa alam
·          Menceritakan pengalaman tentang peristiwa alam yang dialami, dilihat dan didengar
·          Mengamati gambar seri yang berhubungan dengan peristiwa alam
·          Menulis satu paragraf dari setiap gambar sehinnga menjadi sebuah karangan yang padu
·          Membacakan hasila tulisan yang dibuat di depan kelas
2 jam pelajaran
·          Koran, majalah, buku cerita, radio, TV
·          Gambar seri tentang “peristiwa alam”
2.















Pengetahuan
·          Mengidentifikasi cirri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat serta pengaruhnya terhadap kesehatan
·          Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat
·          Mengidentifikasi penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·          Menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
·          Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·          Tanya jawab dan diskusi tentang cirri-ciri pengaru, dan perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat,serta penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·          Mengamati cirri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat melalui penjelasan
·          Mengamati pengaruh lingkungan sehat dan tidak sehat
·          Meneliti penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·          Melaporkan cirri-ciri, pengaruh, dan perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat serta penyebab pencemaran terhadap kesehatan
6 jam pelajaran
·          Lingkunga n disekitar sekolah
·          Alat kebersihan
3.











Pengetahuan  sosial
·          Kemampuan memahami kenampakan
·          Mengidentifikasi
·          Kenampakan alam dan kenampakan buatan bagi kehidupan
·          Menjelaskan manfaat kenampakan alam
·          Kenampakan alam dan buatan
·          Tanya jawab dan diskusi tentang kenampakan alam dan serta manfaatnya bagi kehidupan kenampakan buatan
·          Mengamati kenampakan alam dilingkungan sekitar
·          Menyebutkan jenis-jenis kenampakan alam dilingkungan sekitar melalui penjelasan
·          Menemukan manfaat kenampakan alam dilingkungan sekitar bagi kehidupan
4 jam pelajaran
·          Linkungan sekitar
4.









matematika
·          Mengenal dan menggunakan konsep bilangan cacah dalam pemecahan masalah
·          Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
·          Operasi hitung bilangan
·          Menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita
·          Tanya jawab tentang soal cerita-cerita yang terdapat penjumlahan dan pengurangan
·          Mendemonstrasikan penyelesaian soal cerita tentang penjumlahan dan pengurangan yang ada hubungannya dengan peristiwa dan lingkungan sekitar
4 jam pelajaran
·          Matematika 3A Erlangga
5.

Pendidikan jasmani dan kesehatan
·          Melakukan orientasi lingkungan sekolah
·          Mengenal lokasi mereka berada di lingkungan sekolah
·          Mengenal lokasi /denah sekolah
·          Tanya jawab tentang situasi di lingkungan sekolah
·          Melakukan penjelajahan dilingkungan disekitar sekolah
4 jam pelajaran
·          Lingkungan sekitar
6.















Kerajinan Tangan dan Kesenian
·          Mengekspresikan gagasan imajinasi dengan musik-musik dalam berkarya seni
·          Menyanyikan lagu anak- anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain
·          Berkarya seni rupa melalui kegiatan eksplorasi gagasan dengan berbagai simbol unsure rupa dan paduannya
·          Berbagai gambar pola ragam hias, kolase, mainan kreatif dan bahan daur ulang
·          Penjelasan langkah-langkah pembuatan kolase
·          Mempraktekkan pembuatan kolase dari berbagai objek dan bahan di alam sekitar
4 jam pembelajaran



Comments