SILABUS PEMBELAJARAN
TERPADU
Kelas: III (Tiga)
Semester : 1 (Satu)
Tema: Peristiwa Alam
NO
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Materi Pokok
|
Strategi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
1.
|
Bahasa
Indonesia
|
·
Menemukan
peristiwa alam
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat, dan didengar
·
Menjelaskan
peristiwa alam yang terjadi di sekitar
·
Menjelaskan isi
gambar seri tentang peristiwa alam yang terjadi di sekitar
|
·
Peristiwa alam
yang sering terjadi di sekitar
|
·
Tanya jawab dan
diskusi tentang peristiwa yang pernah dialami, dilihat, dan didengar
·
Menyanyikan
lagu”pemandangan”
·
Mencari berita
dari media massa dan medi cetak ten tang berbagai peristiwa alam
·
Menceritakan pengalaman
tentang peristiwa alam yang dialami, dilihat dan didengar
·
Mengamati gambar
seri yang berhubungan dengan peristiwa alam
·
Menulis satu
paragraf dari setiap gambar sehinnga menjadi sebuah karangan yang padu
·
Membacakan
hasila tulisan yang dibuat di depan kelas
|
2 jam pelajaran
|
·
Koran, majalah,
buku cerita, radio, TV
·
Gambar seri
tentang “peristiwa alam”
|
2.
|
Pengetahuan
|
·
Mengidentifikasi
cirri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat serta pengaruhnya
terhadap kesehatan
·
Membedakan kondisi
lingkungan sehat dan tidak sehat
·
Mengidentifikasi
penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·
Menjelaskan
pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
·
Lingkungan sehat
dan lingkungan tidak sehat
|
·
Tanya jawab dan
diskusi tentang cirri-ciri pengaru, dan perbedaan lingkungan sehat dan tidak
sehat,serta penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·
Mengamati
cirri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat melalui penjelasan
·
Mengamati
pengaruh lingkungan sehat dan tidak sehat
·
Meneliti
penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·
Melaporkan
cirri-ciri, pengaruh, dan perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat serta
penyebab pencemaran terhadap kesehatan
|
6 jam pelajaran
|
·
Lingkunga n
disekitar sekolah
·
Alat kebersihan
|
3.
|
Pengetahuan sosial
|
·
Kemampuan
memahami kenampakan
·
Mengidentifikasi
·
Kenampakan alam
dan kenampakan buatan bagi kehidupan
·
Menjelaskan
manfaat kenampakan alam
|
·
Kenampakan alam
dan buatan
|
·
Tanya jawab dan
diskusi tentang kenampakan alam dan serta manfaatnya bagi kehidupan kenampakan
buatan
·
Mengamati
kenampakan alam dilingkungan sekitar
·
Menyebutkan
jenis-jenis kenampakan alam dilingkungan sekitar melalui penjelasan
·
Menemukan
manfaat kenampakan alam dilingkungan sekitar bagi kehidupan
|
4 jam pelajaran
|
·
Linkungan
sekitar
|
4.
|
matematika
|
·
Mengenal dan
menggunakan konsep bilangan cacah dalam pemecahan masalah
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
|
·
Operasi hitung
bilangan
|
·
Menjelaskan
langkah-langkah menyelesaikan soal cerita
·
Tanya jawab
tentang soal cerita-cerita yang terdapat penjumlahan dan pengurangan
·
Mendemonstrasikan
penyelesaian soal cerita tentang penjumlahan dan pengurangan yang ada
hubungannya dengan peristiwa dan lingkungan sekitar
|
4 jam pelajaran
|
·
Matematika 3A
Erlangga
|
5.
|
Pendidikan
jasmani dan kesehatan
|
·
Melakukan
orientasi lingkungan sekolah
·
Mengenal lokasi
mereka berada di lingkungan sekolah
|
·
Mengenal lokasi
/denah sekolah
|
·
Tanya jawab
tentang situasi di lingkungan sekolah
·
Melakukan
penjelajahan dilingkungan disekitar sekolah
|
4 jam pelajaran
|
·
Lingkungan
sekitar
|
6.
|
Kerajinan
Tangan dan Kesenian
|
·
Mengekspresikan
gagasan imajinasi dengan musik-musik dalam berkarya seni
·
Menyanyikan lagu
anak- anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain
·
Berkarya seni
rupa melalui kegiatan eksplorasi gagasan dengan berbagai simbol unsure rupa
dan paduannya
|
·
Berbagai gambar
pola ragam hias, kolase, mainan kreatif dan bahan daur ulang
|
·
Penjelasan
langkah-langkah pembuatan kolase
·
Mempraktekkan
pembuatan kolase dari berbagai objek dan bahan di alam sekitar
|
4 jam pembelajaran
|
|
Comments