![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPS
3.2 Memahami keraga man sosial, ekonomi, budaya, etnis dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi
keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman
di kelas sebagai identitas
bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara
lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis,
dan
agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa
Indonesia.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi
dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
Indikator:
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan
bunyi.
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan
tentang cara menghasilkan bunyi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks tentang keragaman
budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di
setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.
Setelah membaca teks tentang keragaman
budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf
dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.
Setelah wawancara sederhana, siswa
mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.
Setelah diskusi, siswa mampu
mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai
identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5.
Setelah eksplorasi, siswa mampu
menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan
lengkap.
6.
Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa
mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari
beragam benda di sekitar dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diharapkan :
Ø
Bahasa
Indonesia dan IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar
seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah
tradisional Bali. (Mengamati)
§
Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya
Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka, Communication
-
siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku
Jawa, Suku Minang, dan seterusnya. (Menanya)
§
Siswa secara berpasangan diminta untuk saling
menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil
yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk
menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk
membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama. (Mengekplorasi)
§
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan
mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks
bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar
keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati. (Mengamati)
§
Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan tentang isi dari paragraf satu. (Menanya)
§
Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil
diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi
cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide
pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
§
Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan
pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang
ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia.
§
Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram
dari guru.
Mengisi Diagram
1. Pastikan siswa memiliki
diagram.
2. Minta siswa menuliskan
‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram.
3. Siswa diminta menemukan
paling sedikut 5 gagasan pendukung untuk setiap satu gagasan
pokok.
4. Siswa menuliskan setiap
satu gagasan
di satu kolom di sekitar gagasan utama.
5. Isi sisi bintang searah
jarum jam.
§
Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling
menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman
tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia. Nasionalis
§
Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap
saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri. Mandiri
§
Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman
melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara
berpasangan bersama teman di sebelahnya. Gotong Royong
§
Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka
menarik. Collaboration
§
Guru menampilkan satu alat
musik tradisional dari daerah asal sekolah.
§
Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
-
Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat
menghasilkan bunyi?
§
Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di
depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat
musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek,
dsb.) Mandiri
§
Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi
menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas
dan sekitarnya.
§
Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku
berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak
didengar.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡
Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Teman-teman di sekolah sebagainarasumber kegiatan
wawancara.
¡ Alat musik tradisional daerah masingmasing.
¡ Beragam benda di kelas dan sekitarnya.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP.
.......................................
|
Rajamandala, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
(...........................................)
NIP.
.......................................
|
Comments