![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa
dalam posisi duduk
4.3.2 Mempraktikkan dasar-dasar gerak
tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
Indikator:
3.2.4 Menjelaskan perayaan hari besar
agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan
4.2.4 Menceritakan perayaan hari besar
agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah berdiskusi dan memperhatikan
peragaan dari guru , siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
2.
Setelah berdiskusi dan memperhatikan
peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
3.
Dengan menggunakan gambar yang dibuat
sendiri, siswa mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk
keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4.
Dengan menggunakan gambar yang dibuat
sendiri, siswa mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk
keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia secara tertulis dan lisan.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS : Religius
Toleransi
Rasa
Ingin Tahu
Semangat
Kebangsaan
Cinta
Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru mengajukan pertanyaan:
§
Apakah kamu masih ingat
gerakan tari Bungong Jeumpa yang telah kamu pelajari sebelumnya?
§
Siswa diajak berdiskusi
tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang
keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.( Mengamati )
§ Siswa
memperagakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut.(Mengekplorasi)
§
Setelah cukup menguasai
gerakan, siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik. Gotong
Royong
§
Setelah selesai berlatih
tari, guru memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan
sikap peduli dan menghargai keragaman budaya. Integritas
§
Setelah berlatih menari,
siswa diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda
agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung
jawab untuk menjaga dan menciptakan keselarasan di tengah-tengah
perbedaan.(Menganalisa)
§
Siswa diminta membuat gambar
yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau
yang pernah mereka saksikan. Mandiri
§
Siswa menceritakan secara
tertulis tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah mereka ikuti atau
yang pernah kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu berdasarkan gambar yang
telah mereka buat. (Mengekplorasi)
§
Siswa mempresentasikan dan
mendiskusikan secara berkelompok cerita yang telah mereka tulis. Collaboration
§
Siswa diminta mencari tahu
lebih lanjut dan menggali dari berbagai sumber informasi tentang keragaman
umat beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana
antarumat beragama saling menjalin persatuan. (Mengumpulkan data)
§
Siswa diminta menuliskan
informasi yang mereka peroleh pada kertas HVS.
§
Siswa mempresentasikan
informasi yang mereka peroleh dalam kelompok. (Mempresentasikan)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Rev.2017).
¡ Gambar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa
¡ Lagu Bungong Jeumpa untuk mengiringi tari
¡ Gambar tentang perayaan hari besar keagamaan yang digambar
siswa
¡ Kertas HVS
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP. .......................................
|
Comments