![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2 Memetakan keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan
informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat bunyi
merambat
4.6.2 Menyajikan laporan hasil
percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat.
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Setelah percobaan, siswa mampu
menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat dengan lengkap.
2.
Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan tentang sifat-sifat bunyi merambat dengan sistematis.
3.
Setelah membaca teks tentang “Membantu
Sesama”, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4.
Setelah membaca teks tentang “Membantu
Sesama”, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap
paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Integritas
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diingatkan kembali
tentang Keragaman Budaya Indonesia, salah satunya adalah keragaman permainan
tradisional. Communication
§ Siswa secara berpasangan
diminta untuk saling menginformasikan tentang jenis permainan tradisional
yang mereka ketahui kepada teman disebelahnya. (Mengekplorasi) Gotong Royong
§ Hasil diskusi siswa dibahas
secara klasikal dan disimpulkan bersama. Collaboration
§ Siswa diingatkan kembali
pada pembelajaran sebelumnya tentang keragaman alat musik tradisional
Indonesia.
§ Guru mengajukan pertanyaan
sebagi kegiatan pembuka. (Menanya)
- Bagaimana bunyi dapat sampai
ke telinga kita?
§ Siswa dibagi menjadi tiga kelompok
berdasarkan 3 jenis alat musik tradisional daerah yang mereka sukai. Setiap
kelompok akan melakukan 3 jenispercobaan yang berbeda tentang sifatbunyi
merambat. Collaboration
§ Siswa dalam kelompok diminta
berdiskusi membuat pertanyaan tentang sifat bunyi merambat. (Mengkomunikasikan) Critical
Thinking and Problem Solving
§ Setiap kelompok menyampaikan
pertanyaan hasil diskusi di depan kelas.
§ Siswa dalam kelompok
kemudian melakukan tiga jenis percobaan secara bergantian tentang sifat bunyi
merambat berdasarkan instruksi yang ada di buku. Creativity and Innovation
§ Siswa mengisi tabel yang
tersedia berdasarkan hasil percobaan.
§ Siswa masih dalam kelompok
yang sama berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada di buku berdasarkan hasil
percobaan.
§ Guru memberikan penguatan
tentang sifat bunyi merambat.
§ Siswa diingatkan kembali
tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada
pembelajaran sebelumnya.
§ Siswa membaca kembali teks
berjudul “Sigap Membantu Sesama” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati)
§ Siswa menemukan gagasan
pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta
pikiran yang tersedia.
§ Siswa mendiskusikan peta pikiran
bersama teman dan guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡
Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡
Untuk
percobaan IPA
-
Selang plastik, gelas plastik, benang kasur, paku
- Ember besar, Air, Batu kora, Corong kecil
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP. .......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments