![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan bahwa keberagaman
akan memperkaya ketika bekerjasama.
4.4.5 Menceritakan pengalaman diri
bekerjasama dalam keberagaman
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari
daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah.
Indikator:
4.3.3 Mempraktikkan tarian Bungong
Jeumpa dengan formasi dan iringan musik
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah bereksplorasi, siswa mampu menentukan
besar sudut dalam pada segi banyak dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuktikan hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan
dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama dengan
terperinci.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
5.
Setelah berlatih, siswa mampu
mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan formasi dan iringan musik
dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn
dan SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca teks cerita
yang ada di buku siswa secara individu. Siswa membaca dengan membaca senyap. Literasi
§
Siswa dibagi ke dalam
kelompok. Guru bisa mengubah pengelompokkan dari kelompok yang ada di sesi 1.
Gotong Royong
§
Siswa mendiskusikan
pertanyaan berikut. Siswa menulis jawabannya pada kalender bekas. Siswa
menulis dalam ukuran yang cukup besar supaya mudah terbaca. (Menanya)
§
Guru menanyakan kepada
siswa, pengalaman mereka bekerjasama dalam perbedaan. Siswa bisa menyampaikan
pengalamannya kepada teman sebelahnya.
Guru juga bisa berbagi cerita pengalamannya bekerjsama dalam keberagaman. Literasi
§
Siswa diminta menuliskan
pengalamannya bekerjsama dalam perbedaan.
Hal-hal yang ditulis:
1. Jenis kerjasama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerjasama dalam
perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu
ambil.
§
Siswa kembali berlatih
tarian Tari Bungong Jeumpa dengan kelompoknya. Mandiri
§
Siswa berlatih dengan
gerakan dasar dan formasi yang benar. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Siswa berlatih dengan
iringan musik tanpa aba-aba hitungan.
§
Guru memotivasi siswa bahwa
menari menggunakan penghayatan.
§
Guru menyampaikan rubrik
yang akan digunakan pada penilaianpembelajaran ke 6.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Musik tarian Tari Bungong Jeumpa, bangun datar yang sudah
dipotongpotong.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP. .......................................
|
Comments