![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.2 Memetakan keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan
informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok
dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan
gagasan pendukung dari teks yang didengar.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.6 Menjelaskan keberagaman yang ada
dari teman-temannya
4.4.6 Menceritakan pengalaman diri
bekerjasama dalam perbedaan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah diberikan masalah, siswa mampu
menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya dengan terperinci.
2.
Setelah diberikan masalah, siswa mampu
menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
3.
Setelah mendengarkan, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar
dengan sistematis.
4.
Setelah mendengarkan, siswa mampu
menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan
sistematis.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa dibagi dalam kelompok. Dalam pembagian kelompok, guru memperhatikan keberagaman yang ada, misalkan cara berpendapat, sifat dan
lain-lain. Collaboration
§
Diusahakan dalam satu
kelompok tampak keberagamannya.
Kali ini guru akan mengamati
bagaimana siswa bekerjasama dengan
teman-teman yang berbeda. Gotong Royong
§
Siswa diberikan masalah
mengenai Ibu Mimip
penjaga kantin. Siswa membacanya di
buku siswa. Literasi
§
Siswa mendengarkan dengan
seksama. Guru membacakan satu-persatu paragraf. (Mengamati)
§
Guru meminta setiap siswa
untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang
didengarnya. (Mengumpulkan data) Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di
buku siswa. ( Menyimpulkan)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Teks yang akan dibaca oleh guru.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(...........................................)
NIP. .......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(.............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments