RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 TEMA 1 PEMBELAJARAN 4 SUBTEMA 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 1                             :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3                    :     Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran                 :     4
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.
4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.6 Menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya
4.4.6 Menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam perbedaan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah diberikan masalah, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya dengan terperinci.
2.    Setelah diberikan masalah, siswa mampu menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
3.    Setelah mendengarkan, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.
4.    Setelah mendengarkan, siswa mampu menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn  :       Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
 
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok. Dalam pembagian kelompok, guru memperhatikan keberagaman yang ada, misalkan cara berpendapat, sifat dan lain-lain. Collaboration
§  Diusahakan dalam satu kelompok tampak keberagamannya. Kali ini guru akan mengamati bagaimana siswa bekerjasama dengan teman-teman yang berbeda. Gotong Royong
§  Siswa diberikan masalah mengenai Ibu Mimip penjaga kantin. Siswa membacanya di buku siswa. Literasi
§  Siswa mendengarkan dengan seksama. Guru membacakan satu-persatu paragraf. (Mengamati)
§  Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang didengarnya. (Mengumpulkan data) Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa. ( Menyimpulkan)
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Teks yang akan dibaca oleh guru.







Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




(...........................................)
NIP. .......................................
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




(.............................................)
NIP. .......................................

Comments