![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2
Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau
visual.
4.2
Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan
ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1
Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati.
4.2.1
Menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.2
Menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam
kehidupan masyarakat.
4.2.2
Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam
kehidupan masyarakat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan
tepat.
2.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam
kehidupan masyarakat dengan percaya diri.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
dalam kehidupan masyarakat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡ Menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Nasionalis
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati teks visual
yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§
Guru menanyakan (gambar apa
saja yang kamu amati?) (Menanya)
§
Setiap kelompok akan
menyampaikan jawabannya kepada kelompok sebelahnya. Collaboration
§
Guru akan membahas satu
persatu gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan
jawabannya. (mengkomunikasikan)
§
Secara individu siswa akan
menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Siswa juga menceritakan
pengalamannya menggunakan energi listrik. Siswa menyimpulkan apakah sudah
melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang. Literasi
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Beberapa gambar/foto tentang contoh-contoh
sikap energi.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
................................................
NIP. .........................
|
Rajamandala, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
.........................................
NIP. .........................
|
Comments