![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
4.4
Menyajikan teks petunjuk menggunakan alat dalam bentuk teks tulisan dan visual
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.2
Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi.
4.4.2
Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator :
3.2.5
Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyarakat di sekitarnya.
4.2.5
Mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban
masyarakat disekitarnya.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa mampu
menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya dengan
teliti.
2.
Setelah menganalisis, siswa mampu
mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban
masyarakat di sekitarnya dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa akan
mempresentasikan hasil pekerjaannya tentang pengamatan di dalam kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Setiap kelompok memberikan pendapat
mengenai presentasi yang disampaikan temanya. Collaboration
¡ Guru menilai
isi presentasinya.
¡ Setelah
presentasi, siswa membuat petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang
ditemukan di lingkungan. Critical Thinking and
Problem Solving
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Mandiri
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Tutup panci ¡ Tas
kresek
§
Kertas kantong ¡ Obeng
kecil ¡ Kelereng
§
Mistar ¡ Spidol ¡ Benang
§
Gunting ¡ Kertas
HVS ¡ Pulpen
§
Cutter ¡ Isolasi
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
...............................................
NIP. .........................
|
........................, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
...........................................
NIP. .........................
|
Comments