![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat
provinsi.
Indikator:
3.2.2
Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.2.2
Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu.
Indikator:
3.3.2
Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu.
4.3.2
Menanam Jagung Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi
rendah nada.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu
Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
2.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi
rendah nada yang tepat.
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
4.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø SBdP
:
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø
IPS : Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta
Tanah Air
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa diminta
mengamati berbagai makanan yang terbuat dari singkong. Communication
¡ Siswa diminta
mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman. Collaboration
¡ Siswa
menuliskan hasil diskusi mereka pada buku siswa.
¡ Siswa mencari
tahu lebih lanjut tentang singkong.
¡ Siswa membaca
teks yang terdapat dalam buku siswa. Literasi
¡ Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa berdasarkan teks.
¡ Siswa
mendiskusikan jawaban mereka. Gotong Royong
¡ Setelah
mendapatkan informasi yang bermanfaat tentang singkong, siswa diminta membaca
soal cerita.
¡ Siswa
mengerjakan soal-soal secara mandiri di bawah pengawasan guru. Mandiri
¡ Untuk kegiatan
pelajaran seni, guru memperkenalkan kepada siswa lagu Kring Kring ada Sepeda. Communication
¡ Siswa diminta
menyanyikan syair lagu tersebut.
¡ Ada Sepeda
secara berpasangan. Gotong Royong
¡ Siswa
memperhatikan cara guru menyanyikan lagu tersebut.
¡ Siswa
mencermati penjelasan guru tentang tempo dan tinggi rendah nada.
¡ Siswa
menyanyikan lagu secara berpasangan.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Benda-benda di kelas untuk eksplorasi gaya, gerak,
dan energi.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
.................................................
NIP. .........................
|
........................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
........................................
NIP. .........................
|
Comments