RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 TEMA 2 PEMBELAJARAN 5 SUBTEMA 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 2                             :     Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3                    :     Energi Alternatif
Pembelajaran                 :     5
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

Indikator:
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.



SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu.
Indikator:
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu.
4.3.2 Menanam Jagung Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi rendah nada.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
2.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
3.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  SBdP :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø  IPS     :     Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air







D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Siswa diminta mengamati berbagai makanan yang terbuat dari singkong. Communication
¡  Siswa diminta mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman. Collaboration
¡  Siswa menuliskan hasil diskusi mereka pada buku siswa.
¡  Siswa mencari tahu lebih lanjut tentang singkong.
¡  Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa. Literasi
¡  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa berdasarkan teks.
¡  Siswa mendiskusikan jawaban mereka. Gotong Royong
¡  Setelah mendapatkan informasi yang bermanfaat tentang singkong, siswa diminta membaca soal cerita.
¡  Siswa mengerjakan soal-soal secara mandiri di bawah pengawasan guru. Mandiri
¡  Untuk kegiatan pelajaran seni, guru memperkenalkan kepada siswa lagu Kring Kring ada Sepeda. Communication
¡  Siswa diminta menyanyikan syair lagu tersebut.
¡  Ada Sepeda secara berpasangan. Gotong Royong
¡  Siswa memperhatikan cara guru menyanyikan lagu tersebut.
¡  Siswa mencermati penjelasan guru tentang tempo dan tinggi rendah nada.
¡  Siswa menyanyikan lagu secara berpasangan.
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Benda-benda di kelas untuk eksplorasi gaya, gerak, dan energi.



Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




.................................................
NIP. .........................
........................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




........................................
NIP. .........................




Comments