RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 TEMA 2 PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :   SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 2                             :     Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3                    :     Energi Alternatif
Pembelajaran                 :     2
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
3.2.4 Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dari masalah yang diberikan.
4.2.5 Mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungan.
SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.
Indikator:
4.2.4 Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dengan benar.
2.    Setelah mengamati lingkungannnya, siswa mampu mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar.
3.    Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  PPKn dan SBdP :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa mambaca teks tentang Ayo, Hemat Energi. (Mengamati)
§  Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati. Literasi
§  Setiap kelompok mendiskusikan hasil pekerjaan. Kelompok menyepakati jawaban yang paling tepat. (Mengkomunikasikan)
§  Diskusi klasikal, guru meminta satu kelompok maju ke depan dan mempresentasikan jawabnya. Kelompok yang lain memberikan masukan dan pendapat tentang hasil yang diberikan. (Mempresentasikan)
§  Masih dalam kelompok, siswa menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Siswa menulisnya pada grafik yang ada di buku siswa. Collaboration
§  Guru memberikan tugas untuk mengamati warga di lingkungannnya, menganalisis apakah sudah hemat energi atau belum dan menuliskan kesimpulan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Untuk mencari informasi siswa bisa wawancara kepada ketua RT atau warga di lingkunganmu. Siswa juga bisa melakukan pengamatan.
§  Guru menjelaskan dengan detail tabel isian yang ada di buku siswa. Communication
§  Tugas ini akan dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya.
§  Setelah bereksplorasi siswa menuliskan kesimpulannya. Collaboration
§  Siswa menyanyikan syair lagu Aku Anak Indonesia dengan tinggi rendah nada yang sesuai. Integritas
§  Guru memberikan aba-aba dengan ketukan.
§  Guru mencontohkan dahulu menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia”.
§  Awalnya guru memberikan aba-aba secara klasikal dan semua siswa bernyanyi.
§  Siswa bernyanyi secara berkelompok 5 orang. Dalam kelompok siswa bisa bernyanyi satu-persatu dan siswa lain memberikan penilaian. Gotong Royong
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Benda-benda di kelas, lingkungan sekolah, jeruk bali/kardus bekas.




Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




.............................................
NIP. .........................
..........................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




...............................................
NIP. .........................










Comments