![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator :
3.2.4
Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dari masalah yang diberikan.
4.2.5
Mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungan.
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.
Indikator:
4.2.4
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi
ketukan dan tinggi rendah nada.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks cerita, siswa
mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dengan benar.
2.
Setelah mengamati lingkungannnya,
siswa mampu mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di
lingkungannya dengan benar.
3.
Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi
ketukan dan tinggi rendah nada dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn
dan SBdP :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mambaca teks tentang
Ayo, Hemat Energi. (Mengamati)
§
Siswa membaca teks dengan
membaca dalam hati. Literasi
§
Setiap kelompok
mendiskusikan hasil pekerjaan. Kelompok menyepakati jawaban yang paling
tepat. (Mengkomunikasikan)
§
Diskusi klasikal, guru
meminta satu kelompok maju ke depan dan mempresentasikan jawabnya. Kelompok
yang lain memberikan masukan dan pendapat tentang hasil yang diberikan. (Mempresentasikan)
§
Masih dalam kelompok, siswa
menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Siswa
menulisnya pada grafik yang ada di buku siswa. Collaboration
§
Guru memberikan tugas untuk
mengamati warga di lingkungannnya, menganalisis
apakah sudah hemat energi atau belum dan menuliskan kesimpulan. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Untuk mencari informasi
siswa bisa wawancara kepada ketua RT atau warga di lingkunganmu. Siswa juga
bisa melakukan pengamatan.
§
Guru menjelaskan dengan
detail tabel isian yang ada di buku siswa. Communication
§
Tugas ini akan
dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya.
§
Setelah bereksplorasi siswa
menuliskan kesimpulannya. Collaboration
§
Siswa menyanyikan syair lagu
Aku Anak Indonesia dengan tinggi rendah nada yang sesuai. Integritas
§
Guru memberikan aba-aba
dengan ketukan.
§
Guru mencontohkan dahulu
menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia”.
§
Awalnya
guru memberikan aba-aba secara
klasikal dan semua siswa bernyanyi.
§
Siswa bernyanyi secara berkelompok 5 orang. Dalam kelompok siswa bisa
bernyanyi satu-persatu dan siswa lain memberikan penilaian. Gotong Royong
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian
hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Benda-benda di kelas, lingkungan sekolah,
jeruk bali/kardus bekas.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
.............................................
NIP. .........................
|
..........................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
...............................................
NIP. .........................
|
Comments