RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURETILAS PEMBELAJARAN 6 TEMA 2 SUBTEMA 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :  SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 2                             :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                    :   Sumber Energi
Pembelajaran                 :  6
Alokasi Waktu                :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari.
4.2.3 Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati gambar dan berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2.    Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.
3.    Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.    Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡   Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nasionalis
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat di dalam buku siswa Literasi
§  Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa menjawab pertanyaan dan melaksanakan instruksi yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
§  Siswa membuat gambar sesuai instruksi. Mandiri
§  Siswa menukarkan gambar yang mereka buat dengan teman yang duduk di sebelah. Siswa meminta teman lain menceritakan tentang isi gambar yang dibuatnya. (Mengeskplorasi)
§  Siswa membaca teks tentang minyak bumi. Literasi
§  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Menanya)
§  Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok. Collaboration
§  Setelah melakukan kegiatan, siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok. Gotong Royong
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).


Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




...............................................
NIP. .........................
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




..........................................
NIP. .........................

Comments