![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat
dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerja sama melaksanakan hak
dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari.
4.2.3 Mengomunikasikan pentingnya
kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan seharihari.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan
berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
4.
Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡ Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nasionalis
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar dan
teks yang terdapat di dalam buku siswa Literasi
§
Setelah mengamati gambar dan
membaca teks, siswa menjawab pertanyaan dan melaksanakan instruksi yang
terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
§
Siswa membuat gambar sesuai
instruksi. Mandiri
§
Siswa menukarkan gambar yang
mereka buat dengan teman yang duduk di sebelah. Siswa meminta teman lain
menceritakan tentang isi gambar yang dibuatnya. (Mengeskplorasi)
§
Siswa membaca teks tentang
minyak bumi. Literasi
§
Siswa menjawab pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa. (Menanya)
§
Siswa mendiskusikan jawaban
secara berkelompok. Collaboration
§
Setelah melakukan kegiatan,
siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok.
(Mengkomunikasikan)
§
Siswa menyampaikan hasil
diskusi dalam kelompok. Gotong Royong
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
...............................................
NIP. .........................
|
Rajamandala, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
..........................................
NIP. .........................
|
Comments