RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 TEMA 2 PEMBELAJARAN 2 TEMA 2 SUBTEMA 1
![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator :
3.2.1
Memberikan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat.
4.2.1
Menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat.
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.
Indikator:
3.2.1
Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Menanam jagung”.
4.2.1
Menyanyikan notasi lagu “Menanam jagung” Sesuai tinggi rendah nada.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah
mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks
lagu “Menanam jagung” dengan benar.
2. Setelah
mendengarkan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu “Menanam jagung”
Sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru dengan benar.
3. Setelah
berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan
masyarakat dengan benar.
4. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam kehidupan
masyarakat dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn
dan SBdP :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati notasi angka lagu “Menanam Jagung".
Guru menyanyikan notasi lagu tersebut dan siswa mendengarkan. (Mengamati)
§
Siswa mengidentifikasi tinggi rendah nada berdasarkan
notasi yang ada. Critical Thinking and Problem Solving
§ Guru menjelaskan konsep
tinggi rendah nada. Communication
§
Guru mempraktikkan urutan nada dan siswa menirukan
bersama-sama.
§
Siswa menandai bagian-bagian yang merupakan nada tinggi
dan nada rendah. Mandiri
§
Guru dan siswa menyanyikan notasi bersama-sama dengan
ketukan dari guru. Integritas
§
Siswa dibagi dalam kelompok. Collaboration Setiap kelompok dipilih
pemimpin. Dalam kelompoknya siswa menyanyikan notasi lagu sesuai dengan
tinggi rendah. Pemimpin yang dipilih akan memberikan aba-aba dengan ketukan.
(Mengekplorasi)
§
Setiap kelompok maju ke depan untuk menyanyikan notasi
dengan ketukan dari guru. Kelompok lain memberikan komentar. Gotong
Royong
§
Siswa yang masih kesulitan bisa berlatih lagi di rumah.
Guru bisa meminta bantuan siswa lain untuk mendampingi.
§ Guru membawa air keruh dan
air bersih ke dalam kelas. Guru menanyakan manfaat air bersih bagi kehidupan.
Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru menanyakan kembali. (Menanya)
§ Siswa menjawab secara
bergantian. Guru menyampaikan bahwa dalam kehidupan masyarakat terdapat hak
dan kewajiban. Communication
§ Siswa mengamati gambar yang
ada di buku siswa.
§ Siswa menjawab pertanyaan.
Siswa menukarkan jawaban dengan temannya. Mandiri
§ Beberapa siswa menyampaikan
pendapatnya. Guru memberikan kesimpulan secara klasikal. Communication
§ Secara individu siswa
menuliskan perbedaan hak dan kewajiban. Mandiri
Penilaian 2
Hal-hal yang perlu ditulis
oleh siswa adalah:
1. Arti hak
2. Arti kewajiban
3. Contoh hak dan kewajiban
4. Pentingnya mendapatkan
hak
5. Pentingnya melaksanakan
kewajiban
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Teks lagu ”Menanam jagung”, air.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
..........................................
NIP. .........................
|
Rajamandala, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
.........................................
NIP. .........................
|
Comments