![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat
provinsi.
Indikator:
3.1.2
Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1.2 Mengomunikasikan
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2
Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu
Indikator:
3.2.2
Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu Menanam Jagung
4.2.2
Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi rendah nada
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu
Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
2.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi
rendah nada yang tepat.
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi dengan percaya diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø SBdP
:
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø
IPS :
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Setelah memperhatikan guru
memberikan contoh, siswa mencoba menyanyikan not angka yang terdapat pada
lagu Anak Indonesia. (Mengamati)
§
Siswa diminta memperhatikan
tinggi rendah nada ketika guru menyanyikan. (Mengamati)
§
Siswa dipandu guru
menyanyikan not-not angka pada lagu tersebut dengan nada yang tepat.
(Mengekplorasi)
§
Siswa diminta memperhatikan
gambar yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
§
Siswa diminta membuat
pertanyaan tentang pemanfaatan batu bara yang terlihat pada gambar di buku
siswa. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa menukarkan pertanyaan
dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya bersama-sama. Gotong
Royong
§
Siswa menuliskan hasil
diskusi. (Mengkomunikasikan)
§ Siswa
melanjutkan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Mandiri
§ Berdasarkan
hasil analisis, siswa menjawab pertanyaan.
§ Siswa
mendiskusikan jawaban secara berkelompok. Collaboration
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
....................................................
NIP. .........................
|
..................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
......................................
NIP. .........................
|
Comments