![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA
INDONESIA
3.1
Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.2 Menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan yang dibacakan guru untuk
membuat ringkasan.
4.1.2 Meringkas teks lisan berdasarkan
cerita Wedang Jahe yang dibacakan guru.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.2 Menjelaskan sikap kerja sama
antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek.
4.4.2 Menceritakan sikap kerja sama
antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah bermain engklek, siswa mampu
menjelaskan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan
engklek.
2.
Setelah bermain engklek, siswa mampu
menceritakan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan
engklek.
3.
Dengan mendengarkan teks lisan dengan
judul “Wedang Jahe” yang dibacakan guru, siswa mampu membuat ringkasan yang
berisikan inti dari cerita.
4.
Dengan membaca teks tentang
persahabatan, Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru membacakan cerita yang
berjudul “Wedang Jahe”. Literasi
§
Siswa menyimak cerita yang
disampaikan guru secara lisan.
§
Siswa diminta membuat
catatan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung dari cerita tersebut. Communication
§
Siswa diminta menuliskan gagasan pokok dan gagasan
pendukung beserta ringkasan pada diagram yang terdapat di dalam buku siswa Mandiri
§
Guru menyampaikan bahwa Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi
kita keragaman, mulai dari keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga
makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri. Religius
§
Selalu menunjukkan sikap yang santun dan peduli kepada
orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan kita adalah merupakan hal
terpuji. Integritas
§
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ 3 Jenis pola engklek (pesawat, gunungan,
kitiran/baling-baling).
¡ Teks Wedang Jahe.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(...........................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(..............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments