![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator :
3.2.4
Menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.
4.2.4
Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
dalam kehidupan masyarakat.
SBdP
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.
Indikator:
3.2.4
Menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada
4.2.4 Menyanyikan lagu “Menanam Jangung” sesuai dengan tempo
(sedang) diiringi ketukan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
3.
Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan
benar.
4.
Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan
dan tepuk tangan dengan percaya diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn
dan SBdP :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡ Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Nasionalis
|
10 menit
|
Inti
|
§
Secara individu siswa
membaca teks menghemat kertas yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§
Siswa menuliskan
sebanyak-banyaknya manfaat dari kertas. Siswa menuliskan pada tabel yang
disiapkan. (Mengumpulkan data)
§
Setiap siswa memegang
jawabannya. Siswa mencari pasangan dengan aba-aba dari guru. Siswa
menyampaikan jawabannya teman pasangannya Collaboration.
Siswa menambahkan jawaban dari temannya ke tabel jika dirasa benar. Siswa
bertukar pasangan sebanyak dua kali. (Mengekplorasi)
§
Guru menanyakan: Apa yang
terjadi jika tidak ada kertas? Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru
menyampaikan pentingnya kertas dalam kehidupan sehari-hari. (Menanya)
§
Siswa dibagi menjadi
kelompok. Gotong Royong.
Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan
masalah berikut.
-
Setujukah kamu dengan
penggunaan kertas seperti pada gambar berikut.
-
Mengapa?
§
Siswa mendiskusikan sikap
dan alasannya. Collaboration
§
Setiap kelompok
mempresentasikan jawabannya di depan kelas.
§
Guru menguatkan bahwa kertas
dibuat dari pohon. Ketika kita boros kertas sama artinya dengan memicu
semakin cepat penebangan pohon.
§
Siswa menuliskan jawabannya
di kertas bekas. Salah satu
§
perwakilan kelompok akan
mempresentasikan jawabannya kepada kelompok lain. Siswa kelompok yang
mendengarkan bisa memberikan saran dan pendapatnya. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Guru memberikan penguatan
bahwa menghemat kertas artinya kita melaksanakan hak dan kewajiban dengan
seimbang. Guru menyampaikan sebisa mungkin menggunakan kertas bekas dalam
kegiatan sehari-hari.
§
Siswa akan kembali berlatih
lagu “Memanam Jagung”. Communication
§
Guru mencontohkan lagu
“Menanam Jagung” dengan iringan ketukan tempo sedang. Guru mencontohkan
dengan ekspresi yang tepat. (Mengekplorasi)
§
Siswa menyanyikan syair lagu
dengan bersama-sama satu kelas dengan tempo sedang. Guru memberikan aba-aba
ketukan dengan tempo aba-aba sedang. Integritas
§
Siswa dibagi ke dalam
kelompok. Siswa berlatih dalam kelompoknya syair lagu ini dengan tempo
sedang, siswa juga memperhatikan tinggi rendah nada. Siswa berlatih tempo
dengan tepuk tangan. Critical Thinking and
Problem Solving
§
Setiap siswa akan maju
menyanyi di depan kelas untuk penilaian. Guru mengingatkan ekspresi saat
bernyanyi harus sesuai dengan lagu.
§
Setelah semua siswa selesai,
siswa meminta pendapat teman di kelompoknya untuk menilai lagu yang dia telah
nyanyikan.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
..............................................
NIP. .........................
|
Rajamandala, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
..........................................
NIP. .........................
|
Comments