![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1 Mempresentasikan keberagaman
suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia.
4.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.1 Mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong
Jeumpa.
4.3.1 Siswa mempraktikkan gerak dasar
tari Bungong Jeumpa dengan hitungan dari guru.
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa mampu
mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh
berdiri dengan benar.
2.
Setelah melihat contoh, siswa membuat
mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri)
diiringi hitungan dari guru dengan benar.
3.
Setelah mencari informasi, siswa mampu
mempresentasi keberagaman Indonesia.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn
dan SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Pada awal pembelajaran, guru
mengingatkan siswa kembali cerita tentang pawai budaya. Literasi
§
Guru menunjukkan gambar
tentang pawai budaya. Communication
§ Siswa mengamati gambar pawai
budaya yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§ Pada sesi kali ini, siswa
akan belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah Bungong Jeumpa atau
tarian daerah lainnya. Guru menyiapkan video tarian, musik. Jika memungkinkan
guru bisa menari di depan siswa sebagai contoh.
§ Siswa diminta mengamati
video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian.
Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
§ Guru mempraktikkan satu
persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap
dasar gerakan. (Mengekplorasi)
§ Siswa mempraktikkan
bersama-sama setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi aba-aba dengan hitungan
sampai 8. Guru mengamati siswa dan membetulkan jika ada gerakan yang kurang
tepat. Mandiri
§ Dalam kelompoknya, siswa
mempraktikkan dasar-dasar gerakan A-D dengan aba-aba dari guru. Collaboration
§ Siswa mempraktikkan setiap
dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain menilai dan memberikan
komentar. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Siswa membaca teks “Sigap
Membantu Sesama”. Literasi
§ Secara individu siswa membaca
teks yang ada di buku siswa dengan membaca dalam hati.
§ Bersama dengan kelompoknya siswa menjawab
yang ada di buku siswa. Gotong
Royong
§ Siswa menulis jawabannya di
kertas plano atau kalender bekas. Creativity
and Innovation
§ Siswa menempel jawabannya pada
dinding kelas.
§ Satu siswa dalam kelompok akan
berdiri di depan pekerjaannya untuk berpresentasi kepada siswa lain yang
mengunjungi. Sementara, siswa yang lain akan berkunjung ke pekerjaan kelompok
lain dengan aba-aba tepuk tangan. Guru memastikan bahwa semua siswa tenang
dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa yang mengunjungi hasil pekerjaan
siswa lain bisa memberikan pertanyaan ataupun saran. Integritas
§ Ketika diskusi sudah selesai,
setiap siswa akan duduk di tempat masing-masing untuk mendiskusikan kembali
hasil pekerjaannya.
§ Guru dan siswa mendiskusikan
jawaban dari setiap pertanyaan satu persatu. Collaboration
§ Guru menyimpulkan bahwa setiap
orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari
keberagaman adalah persatuan dan kesatuan. Dengan sikap persatuan dan
kesatuan setiap orang bisa bekerjasama dengan baik dengan orang-orang yang
berbeda. Integritas
§ Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk
menguatkan nilainilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Guru menanyakan contoh-contoh sikap
persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Siswa menjawab secara bergantian.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡
Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Video
tari Bungong Jeumpa
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(...........................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments