![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Bahasa Indonesia
3.2
Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau
visual.
4.2
Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan
ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1
Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati.
4.2.1
Menuliskan gagasan pokok dari teks.
IPA
3.5
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir)
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai
perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.1
Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.1
Menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari.
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupatensampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakte- ristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyara- kat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.
4.1.1
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk
tulisan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan
terperinci.
2.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
3.
Dengan percobaan, siswa mampu
menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.
Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari
dalam kehidupan dengan sistematis.
5.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya
dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan
IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5
siswa. Collaboration
§
Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa. Literasi
§
Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?) Communication
§
Setiap kelompok mendikusikan pertanyaan berikut.
1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang mendukung alasanmu!
§
Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada
kelompok sebelahnya. Collaboration
§
Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas.
Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya.
§
Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari
gambar yang telah diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya
kepada teman sebelahnya. Mandiri
§
Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru
membawa satu jenis tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa
untuk mengamati tumbuhan tersebut dengan teliti. Critical Thinking and Problem
Solving
§ Siswa juga kemudian diminta
untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas.
(Mengamati)
§ Siswa kemudian mengamati
gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa untuk
mengamati dengan teliti setiap detail pada gambar tersebut.
§ Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan gambar. Mandiri
§ Siswa juga diminta untuk
mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain yang telah tertera pada
gambar. Creativity
and Innovation
§ Siswa kemudian diminta untuk
mengubah gambar mereka kedalam bentuk tulisan/cerita .
§
Siswa diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari
yaitu menguapkan zat cair yang terdapat di Bumi.
§
Siswa digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam,
dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara matahari dengan kehidupan di
Bumi.
§ Siswa melakukan percobaan
untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan
instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§ Saat menunggu proses
percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap teks pendek “Kisah Ali si
Biji Energi” yang terdapat di buku. Literasi
§ Siswa kemudian menuliskan
manfaat matahri bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran. Mandiri
§ Siswa dibebaskan untuk
membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan maupun gambar.
§
Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya
alam.
§
Siswa dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan
hasil percobaan tentang pengaruh panas matahari pada zat cair di Bumi.
§
Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek
benda berdasarkan hasil percobaan.
§
Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk
laporan.
§
Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di
buku.
§
Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian
mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber
daya alam. Gotong
Royong
§
Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya
alam.
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan
menuliskannya di buku.
§ Siswa secara berpasangan
mendiskusikan jawaban mereka. Collaboration
§
Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan
salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat
kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha
menjaga keberadaannya. (Mengekplorasi)
§ Siswa saling menyampaikan
gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan.
(Mengkomunikasikan)
§ Siswa kemudian menjelaskan
gambar mereka dalam bentuk tulisan. Literasi
§ Tulisan yang dibuat harus
memuat Sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan, serta contoh-contoh kegiatan
untuk menjaga kelestariannya.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
¡ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Tanaman jagung
atau tanaman jenis lainnya.
§
Kertas, tissue,
kain untuk percobaan IPA.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
.........................................
NIP. .........................
|
Rajamandala, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
.....................................
NIP. .........................
|
Comments