![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan
informasi sesuai dengan keterhubungan antar tulisan.
Indikator:
3.2.3 Mengidentifikasi gagasan pokok
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari utama dan gagasan pendukung setiap
paragraf dari teks lisan dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat bunyi
memantul menyerap.
4.6.5 Membuat peta pikiran tentang
sifat bunyi memantul dan menyerap.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.
2.
Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan
sistematis.
3.
Setelah menyimak teks permainan
tradisional, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4.
Setelah menyimak teks tentang
permainan tradisional, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan
pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan
tepat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa menyimak cerita
tentang tentang permainan tradisional lainnya yaitu Fahombo Batu atau lompat
batu dari kepulauan Nias, yang dilisankan oleh guru. Literasi
§
Siswa diminta untuk menyimak
dengan teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari
setiap paragraf tersebut. (Menganalisis)
§
Untuk paragraf pertama,
siswa mendiskusikan jawaban bersama teman di sebelah. Collaboration
§
Paragraf ke dua dan ketiga
dikerjakan secara individu dan langsung disampaikan kepada guru.
§
Siswa diingatkan kembali
pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat bunyi menyerap dan memantul. Communication
§
Siswa membaca informasi
tentang bunyi memantul dan menyerap yang biasanya terjadi di area lapangan
yang luas. Bunyi pantul juga terdapat pada beberapa jenis alat musik seperti
gendang dan angklung. Literasi
§
Siswa kemudian membaca
senyap informasi yang terdapat di buku, tentang sifat bunyi memantul dan
menyerap serta jenis-jenis bunyi. Mandiri
§
Siswa dalam kelompok
melakukan percobaan sederhana membunyikan beragam benda yang dpat
menghasilkan bunyi seperti botol, ember, gelas atau kaleng.
(Memepresentasikan) Gotong Royong
§
Siswa membunyikan beragam
benda tersebut di dalam dan di luar ruang kelas. Critical Thinking
and Problem Solving
§
Siswa mencatat dan
mendiskusikan hasilnya, kemudian melaporkannya kepada guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡
Botol
atau alat lainnya yang menghasilkan bunyi seperti ember, gelas atau kaleng
untuk percobaan IPA.
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(..........................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(.............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments