![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1
Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.1
Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan
ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
4.1.1
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2
Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.4.1
Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.4.1
Mengomunikasikan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan benar.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
4.
Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡ Siswa dipandu
guru untuk melakukan kampanye kepada warga sekolah. Communication
¡ Sebelum
melakukan kampanye, siswa melihat kembali rancangan poster yang telah mereka
buat sebelumnya. Critical Thinking and Problem Solving
¡ Siswa diminta
menyelesaikan poster tersebut sesuai kriteria yang telah ditentukan. Setelah
siswa memastikan bahwa poster yang mereka buat memenuhi kriteria, siswa
mendiskusikan poster tersebut secara berkelompok. Creativity and
Innovation
¡ Siswa berlatih
melakukan kampanye menggunakan poster tersebut dalam kelompok. Gotong Royong
¡ Setelah semua
anggota kelompok siap, siswa menuju ke tempat-tempat yang telah ditentukan
guru untuk melakukan kampanye sesuai pembagian tugas. Integritas
¡ Setelah selesai
melakukan kampanye, siswa membaca teks berikut. Literasi
¡ Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Mandiri
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Pensil
§
Magnet
batang (2 batang) ¡ Cermin
§
Uang
logam ¡ Karet
penghapus
§
Peniti
¡ Potongan
kertas
§
Potongan
kain ¡ Paku
payung
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
................................................
NIP. .........................
|
..........................., 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
.........................................
NIP. .........................
|
Comments