![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari
daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari
daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak
tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
4.3.2 Mempraktikkan dasar-dasar gerak
tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
Indikator:
3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan
budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan
lisan.
4.2.2 Menyajikan keragaman sosial dan
budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan
lisan.
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Dengan membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.
2.
Dengan membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.
3.
Dengan mengamati gambar dan
langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar
gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø
IPS :
Religius
Toleransi
Rasa
Ingin Tahu
Semangat
Kebangsaan
Cinta
Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru menyampaikan bahwa
warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman
serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis, dan agama. Communication
§ Siswa membaca informasi yang
ada di buku siswa. Literasi
§ Siswa membaca teks tentang
Suku Minang dalam hati (membaca senyap). (Mengkomunikasikan)
§ Siswa menuliskan pertanyaan
tentang hak yang ingin mereka ketahui lagi tentang Suku Minang. Mandiri
§ Siswa menuliskan pertanyaan
sebanyak-banyaknya tentang suku Minang.
§ Siswa mendiskusikan
jawabannya dengan teman satu kelompok. Collaboration
§ Siswa dipandu mencari
informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di
lingkungan provinsi mereka masing-masing. (Mengekplorasi)
§ Siswa menuliskan hasil
temuan mereka pada kolom berikut.
§ Setelah mendapat informasi
yang cukup, siswa mempresentasikan informasi yang mereka peroleh dalam
kelompok. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Siswa mendiskusikan dan
memperagakan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa setelah mengamati gambar,
membaca penjelasan, menyaksikan peragaan dari guru. (Mengamati)
§ Setelah selesai menari, guru
menyampaikan bahwa tari Bungong Jeumpa adalah satu dari sekian banyak
tarian yang ada di Indonesia. Kita semestinya bersyukur dan
menghargai keberagaman tersebut. Ketika kita saling menghargai dalam
keanekaragaman sosial dan budaya, maka akan tercipta kehidupan yang
harmonis. Nasionalis
§ Guru bertanya kepada siswa,
apakah mereka masih ingat hasil karya tangram yang telah mereka buat? Guru
mengingatkan bahwa tangram tersebut terdiri atas bentuk yang berbeda-beda,
namun ketika bentuk yang berbeda-beda tersebut ditata sedemikian rupa, maka
akan tercipta gambar baru yang harmonis.(Menanya)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Lagu
Bungong Jeumpa
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(............................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP.
.......................................
|
Comments